05/04/13

Melatih Bayi Makan Sendiri


Menyuapi si kecil di taman bersama teman-teman memang menyenangkan karena sambil main anak-anak jadi gampang makan. Tapi lihat kalau di rumah, pastinya bikin pusing ya bun. Tapi tenang gak cuma bunda yang ngalami hal ini, tingkah polah si kecil memang macam-macam kalau soal makan ada yang gampang banget, ada yang perlu di bujuk-bujuk baru makan. Membiasakan memasak sendiri makanan buat buah hati, jangan biasakan memberikan memberikan makanan instan. Biasanya porsi makan anak kecil naik turun, jika menyuapi jangan dipaksa kalau si baby sudah kenyang,  takutnya nanti si baby trauma sampai besar jadi susah makannya. Biarpun bila gak mau, jangan memaksa dan porsi makan disesuaikan keinginan si kecil, bukan berarti tidak mengajari buah hatinya disiplin dengan waktu makan ya bun.

Penting lho membiasakan si kecil makan dengan tertib di meja makan. Sejak umur 10 bulan si baby bisa diajarkan menyuap makanan sendiri terutama saat makan cemilan. Membiasakan anak makan cemilan sendiri sejak bayi bagus lho bunda melatih motorik jari-jarinya. Mengajarkan anak makan sendiri memang penting untuk melatih kemandirian sejak dini, kadang karena ingin selesai cepat bunda memilih menyuapi si kecil dari pada membiarkannya makan sendiri. Banyak kan bunda-bunda yang lebih senang menyuapi si kecil macam-macam saja alasannya biar cepat kelar, takut kotor, sampai takut gak kenyang kalau dibiarkan makan sendiri. Saking biasanya si kecil jadi manja, bahkan terbiasa di suapi hingga besar. Kalau sudah begini anak jadi tergantung pada ibundanya dan tak punya keinginan makan meski sedang lapar, bisa bahaya bun. 

Akibatnya saat makan bukan jadi hal yang menyenangkan lagi, karena ibu seringkali memaksakan makanan masuk dengan segala cara saat anak malas makan, itu sekecil gak nyaman sang bundanya juga bisa stres. Untunglah banyak orang tua kini sadar pentingnya mengajarkan kemandirian anak terutama saat makan, secara bertahap mereka merangsang kemampuan si kecil makan sendiri. Tahu gak bunda, sekarang ada teknik baru mensimulasi si kecil makan mandiri namanya baby led weaning yaitu membiarkan kendali penuh pada si bayi saat makan. Biarpun masih berusia 6 bulan para bayi cerdas ini sudah bisa makan sendiri meski terbatas pada sayuran kukus dan buah dalam potongan besar. Kalau di suapin itu kesannya di paksa untuk makan kita juga gak tau apakah mereka kebetulan lagi lapar atau enggak langsung di suapin, sementara kalau BLW (Baby Led Weaning) mereka pegang makanannya main-main berusaha masukin ke mulut, kalau dari sisi anak rasanya lebih enak kalau makanan yang dari mereka pegang terus di makan daripada dari sendok terus di suapin.

Awalnya metode yang terhitung baru ini diperkenalkan oleh pengamat kesehatan asal Inggris Gill Rapley, istilah baby led weaning artinya membiarkan bayi atau memberi kesempatan bayi untuk mengeksplorasi sendiri makanan yang harus dikenalkannya, tentu saja dalam hal ini makanan sehat. Bunda makanan pendamping asi atau MP-asi yang biasa dipilih para ibu biasanya berbentuk bubur atau puree yang lembut, kalau disodori makanan padat bunda harus mengawasi makan si kecil untuk menghindari bayi tersedak. Tersedak mungkin terdengar sepele dan hal yang umum terjadi sehari-hari tapi hati-hati lho bun ternyata 17% kasus tersedak pada anak bisa berakibat fatal. Sebagian besar disebabkan oleh makanan seperti potongan buah dan kacang yang terlalu besar hingga menyumbat saluran pernafasan akibatnya oksigen akan terhambat sampai ke otak. Ketika tubuh kekurangan oksigen otak akan mengalami kerusakan. Jadi kalau makan anak di perhatikan ya bun.

Bunda pilihan membiarkan bayi makan sendiri pasti menjadi hal baru ya, kalau masih takut anak gak kenyang atau pencernaannya terganggu lebih baik di kombinasikan dengan bubur atau puree, atau memilih menunda memperkenalkan BLW hingga si bayi siap juga sah-sah saja. Biasanya tanda-tanda bayi siap makan sendiri adalah saat bayi mulai suka menggerogoti mainannya, mampu duduk tegak sendiri, meraih benda-benda dan memasukkannya kemulut secara tepat dan akurat. Waspada bila usia bayi menginjak 8 bulan tapi belum punya keinginan makan sendiri terus di stimulasi ya bun. Usia 8 bulan bayi itu memang harus dicoba untuk meraih makanan itu sendiri, apapun caranya otak bayi prinsipnya begitu dia berulang melakukan aktifitas yang sama maka dia akan seperti terampil.

Tetapi kalau bayi yang tidak coba BLW kita coba dengan bubur biasa puree atau kita suapin di usia 8 bulan bayi itu harus diberi kesempatan untuk meraih makanan itu sendiri, karena itu keterampilan yang kita harus latih pada bayi. Gak cuma anak jadi mandiri, banyak nilai plus dari metode baby led weaning ini, karena sudah terbiasa minum asi bayi sangat mudah beradaptasi dengan metode makan sendiri yang lebih menekankan pada proses mengunyah dan menelan. Jangan kawatir anak kekurangan gizi saat mencoba metode ini, yang namanya MP-asi atau makanan pendamping asi artinya bukan makanan utama karena tetap saja asi merupakan asupan utama bagi bayi. Akan lebih baik lagi saat mencoba metode ini minta pendapat dari dokter anak.

Ternyata seorang bayi yang dibiarkan makan sendiri lebih PD lho, dibanding yang terbiasa disuapi, panca indaranya juga lebih perasa. Tapi ada catatannya ya, buat yang ingin mencoba metode bayi makan sendiri ada beberapa kasus ada bayi yang berat badannya gak naik-naik kalau sudah begini sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau mengkombinasikan bubur atau puree pada si kecil.

Bunda tidak ada kata terlambat untuk mengajarkan anak makan sendiri, karena pada dasarnya manusia itu punya insting terhadap tubuhnya. Manusia memiliki rasa lapar, dan memiliki keinginan untuk makan di saat yang sama. Cari tau lebih dekat kenapa anak sulit makan atau anak suka disuapi terus, sebenarnya anak ini cerdik dia sebagai anak sering kali di dalam situasi kondisi tertentu dia mencari perhatian orang tua, sehingga dia sangat pintar kalau misalnya orang tua panik anak kurang makan, orang tua panik anak gak habis makannya, maka biasanya dia berulah dengan kegiatan makan. Anak susah makan atau senang disuapin terus memang banyak sebabnya, selain mencari perhatian orang tua bisa jadi anak meresa terpaksa karena tak diberikan kebebasan pada waktu makan tiba.

Bunda proses makan pada anak-anak bukan sekedar kegiatan untuk mengenyangkan perut, namun merupakan proses awal pembelajaran kedisiplinan si anak utamanya terhadap diri sendiri yang terpenting berikan pada anak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman makan sendiri dengan tangannya sendiri. Saat anak sulit makan jangan pernah memaksa anak untuk menghabiskan porsi makan yang bunda siapkan. Dampaknya jauh lebih buruk untuk perkembangan mentalnya di kemudian hari. Kalau si anak dipaksa makan, berarti keinginan dari diluar diri anak yaitu orang tua tanpa di sadari itu juga memicu anak, dia tidak terbiasa untuk muncul keinginan dari dalam diri ibaratnya belum sempat laper sudah diberi makan macam-macam. Bunda tak boleh lupa, dunia anak adalah dunia bermain jadi harus menyenangkan. Biar belajar makan makin seru gak ada salahnya untuk mendengarkan lagu atau bercerita, jangan lupa ya bun tata cantik dan selucu mungkin makanan si kecil biar makin semangat belajar makannya.


1 komentar: