24/04/14

Hati Tak Bisa Bohong


Ternyata benar juga ya bila dikatakan hati tak bisa bohong, ketika bahagia hati akan memberikan sinyal-sinyal keseluruh tubuh untuk bersuka cita mengisi energi kebahagiaan full bahkan bisa menularkannya kepada orang-orang di sekelilingnya. Bagaimanapun menahan untuk bersuka cita tak akan mempan, mungkin hanya berkurang sedikit namun itu tak lama sifatnya sesaat karena kebahagiaan itu akan kembali, seakan menyelimuti diri dan menjadi tameng bagi si pemilik raga.

Begitu juga sebaliknya, jika hati lagi sedih atau sakit bagaimana pun kemeriahan pesta tak akan mampu mengubahnya, ibaratnya ketika berada di tengah-tengah kemeriahan dengan orang-orang yang sedang tertawa bahagia pun tak bisa mengubah hati yang lara untuk ikut hanyut dalam kemeriahan, terasing diantara keramaian.

Ketika hati merasakan sepi nonton film kartun yang lucu sekalipun rasanya biasa saja tak ada tawa yang tercipta, kalau pun ada hanya sebuah tawa hambar, tawa yang dipaksakan hingga terasa aneh dan menakutkan. Bahkan ada juga yang melihat film kartun bukannya tertawa malah mewek sejadi-jadinya, ini karena mata fokus ke layar televisi tapi pikiran menjelajah entah kemana mengikuti hati yang lagi mendayu-dayu merasakan kesedihan.

Bila bahagia jangan terlalu senang dan bila bersedih jangan terlalu sedih. 

Belajar mengontrol diri agar apa yang kita rasakan tidak over, karena itu semua akan mempengaruhi emosi yang juga bisa berpengaruh dengan kestabilan pikiran.

Jika hati lagi bermasalah tugas otak untuk bisa meredam dan memperingatkan begitu juga sebaliknya, jika pikiran lagi kalut hingga emosi merajai diri saatnya hati untuk menyiramkan kelembutan kasihnya agar tidak semakin meledak-ledak sehingga emosi. kegetiran pikiran dan semacamnya perlahan mereda dan bisa kembali normal.

Hati dan pikiran adalah satu kesatuan bagai tangan dan mata, ketika mata melihat yang tidak sepantasnya tugas tangan mengingatkan dengan menutupi agar mata tak melihatnya, bila ada masalah dengan mata tangan membantu membersihkan ataupun mengobati. Begitu juga jika tangan terluka atau kotor mata akan memberi sinyal agar bisa segera dibersihkan dan mengobati ketika luka.

hati tak bisa berbohong, karena hati mengerti apa yang dimau si pemiliknya. Hati adalah sumber dari detak yang menjadi poros kehidupan. "Ikuti kata hati karena hati tak mungkin salah" hati melihat menggunakan naluri, insting yang kuat bagai radar pengintai yang menggunakan satelit sebagai penangkap sinyalnya. Ikuti kata hati maka kamu akan tau kemana arah  yang sebenarnya di tuju. Bila pun arah yang di tunjuk salah kesalahan itu tak sefatal bila kamu mengabaikan apa yang hati katakan. Coba telaah dan fikirkan, kadang kita diperintahkan oleh hati untuk ini...itu...secara kalau dipikir hal-hal yang diperintahkan itu tak ada guna atau tak kita butuhkan pada saat itu namun di lain hari barulah kita mendapat jawaban tentang maksud dari kata hati yang sesungguhnya dan itu tentu saja sudah terlambat yang tak jarang menyisakan penyesalan. "Aaah memang penyesalan selalu datang belakangan, coba sekali-kali bertukar posisi dengan pendaftaran kali yaaah..."

Hati adalah raja, sumber kekuatan dari raga. Semua yang didasari dari hati selain menjadi berkah tentunya juga menghasilkan karya yang indah.

Hatimu & hatiku satu dari hati untuk kita si pemilik hati

0 komentar:

Posting Komentar