07/09/13

Sosis Bakar Kreasi dan Inovasi Baru

Sosis...., Siapa orang yang tidak mengenalnya, mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal bahkan mengrasakannya. Makanan yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam giling ini sekarang ini mudah dijumpai dan bisa digunakan sebagai campuran masakan dan juga untuk mempercantik makanan. Bahkan kini dengan semaraknya jajan kuliner di Indonesia, makanan yang satu ini juga ikut andil meramaikannya.

Dengan berbagai inovasi sosis yang tadinya hanya digunakans ebahai topping roti, campuran dalam sup, kini sosis mengalami kemajuan yang bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak atau diolah terlebih dahulu.

Ketika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan sepertinya kita dengan mudah menjumpai gerai franchise yang menjajakan sosis sebagai menu andalannya. Seperti yang sedang mewabah akhir-akhir ini sosis bakar. Pembuatannya pun sebenarnya mudah, sosis kemasan di tusuk dengan bambu seperti sate tentunya untuk mempermudah pembeli untuk memakannya dan juga agar sosis yang panjang dan sudah disayat-sayat ini tidak mudah patah saat dibakar ataupun saat dimakan, lalu sosis disayat-sayat dengan pisau ini agar sosis bisa matang dengan sempurna dan bumbu yang dioles bisa meresap kedalam, Setelah disayat sosis terlebih dahulu dibakar sebentar lalu di olesi dengan bumbu yang sudah disiapkan (entah apa saja racikan bumbu yang digunakan namuan dari baunya seperti bumbu spageti deh...., sok tau dikit boleh donk) lalu dibakar lagi sambil di bolak balik hingga mendapatkan warna kecoklatan yang cantik dan jangan sampai gosong ya. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja hingga mendapatkan kematangan yang diinginkan karena sosis yang digunakan juga sudah mengalami proses pemasakan dalam pembuatannya.

Setelah sosis matang akan di taruh di wadah mika yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan dan tinggal dikasih saus dan juga mayones. Bila tidak ingin pedas bisa riques menggunakan saus tomat atau hanya menggunakan mayones saja. Untuk memenuhi kebutuhan pasar penjual juga jeli karena tidak hanya menjual sosis dalam satu ukuran melainkan menyediakan dalam bentuk ukuran besar dan juga ukuran kecil. Soal harga bisa dibilang lumayan lho karena sosis yang besar saja bisa dijual kisaran Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,- per sosis. Wooow sebuah harga yang fantastis ya, coba saja hitung berapa untung yang diraup dari penjualan sosis bakar ini. Apalagi ketika berjualan di event-event atau di pusat keramaian wah bisa laris manis diserbu pembeli walau dengan harga yang cukup bisa dibilang mahal ini.

Dalam dunia kuliner memang perkembangannya sangat cepat dan membutuhkan inovasi-inovasi baru untuk semakin memanjakan pecinta kuliner. (L)


1 komentar: