03/12/12

Pernikahan Jawa-China

Sebelumnya maaf bila tulisan saya menyinggung perasaan bukan maksud untuk ngobrolin yang berbau SARA, seandainya teman-teman ada yang tau tolong bantu saya untuk meluruskan dan sebaiknya jangan dimasukkan ke hati karena sekarang jaman sudah maju jangan terpengaruh dengan tulisan ini.

Suatu hari entah hari apa aku lupa, waktu itu lagi asiknya ngobrolin masa lalu saat-saat awal kerja. Sampai ngobrolin percintaan teman (eet ini bukan gosip lho karena yang di omongin juga ikut ngobrol). Dulu waktu kuliah dia pacaran sama cewek keturunan china, padahal sama-sama suka dan sudah lama pacaran namun karena ibunya gak setuju maka mereka akhirnnya putus.

Dia bukan tidak mau memperjuangkan cinta namun dia tidak ingin menjadi anak durhaga dan baginya restu orang tua itu penting apa lagi itu restu seorang ibu. Padahal si cewek sangat sayang dan keluarganya juga setuju mereka menginjak ke jenjang perkawinan. Waktu saya tanya mengapa ibu sampai tidak setuju....???! Karena menurut orang tua apa lagi keturunan jawa bila cowok jawa menikah dengan cewek keturunan china itu tidak baik, tapi kalau cowok keturunan china menikah dengan cewek jawa itu malah bagus. Aduh, tambah bingung kan soalnya seperti ini baru saya dengar sekarang.

Daripada bingung dan malah bikin otak pusing gara-gara mikirin hal ini langsung saja saya tanyakan "memangnya kenapa kalau pria jawa menikahi perempuan keturunan china....??!" Kata orang tua jaman dulu itu tidak baik karena sudah beda kultur adat dan kebiasaan akan sulit untuk menggabungkan keduanya, menikah bukan hanya menyatunya dua insan tapi menyatukan dua keluarga. Selain itu sang pria akan kalah pamor dari istrinya (sang istri lebih berkuasa dari segala hal) dan yang paling mengejutkan katanya si pria tidak akan berumur panjang di banding sang wanita. Tapi bukannya usia hanya Tuhan yang atur yaa.....?!!

Namun bila yang menikah pria keturunan dengan wanita jawa ini malah baik, karena pria keturunan china terkenal dengan keuletan, semangat yang tidak kenal menyerah jadi tidak ada masalah, masalah yang ada hanya menyatukan dua kebudayaan yang berbeda.

Lalu saya coba browsing apa benar ada tradisi semacam itu, namun tidak menemukan artikel yang saya butuhkan. Oh ya saat browsing saya menemukan artikel tentang kehidupan warga china saat jaman perang Diponegoro, bila di pikir mungkin saja itu ada hubungannya dan menjadi salah satu sebab mengapa orang tua tidak membolehkan pernikahan beda kultur ini terjadi (cuma menerka-nerka doank). Masih ada rasa penasaran lalu saya coba tanya sama teman yang lain, memang katanya tidak boleh dari pihak china, saat saya tanya alasanyya hanya bilang "djiong" (bentrok) dan saya tanya yang lain bilangnya karena mereka tidak mau kehilangan garis keturunan dari perempuan yang dinilai mahal, sedangkan garis keturunan pria keturunan lebih kuat.

Dalam kehidupan bermasyarakat bila di lihat memang sedikit bahkan saya belom pernah menemukan pernikahan antara wanita keturunan china dengan pria jawa, namun sebaliknya walaupun tidak banyak tapi  seenggeknya saya pernah menjumpai pernikahan campuran antara pria keturunan china dengan wanita jawa .

Bagaimanapun semua keputusan ada di tangan anda, karena dengan siapapun pernikahan berlangsung asal bisa saling menghormati tidak akan jadi masalah.Sekarang ini juga banyak pernikahan dengan beda suku malah akan semakkin memper erat ikatan persaudaraan.

NB:
Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada yang tidak berkenan dengan tulisan ini. Anggap saja sebagai tulisan anak kecil yang penasaran dengan perkataan yang di dengarnya, menganalisa sendiri dan mencari tahu dibalik sebuah larangan itu. 

73 komentar:

  1. wah gt ya ga jodoh berarti saya am yag skarang tp nasib orag ga ad ayang tau jalani ajalah itu smua dari prinsip manusia bukan yang kuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg aku tulis hanya sebatas mitos saja buktinya banyak juga yg menikah beda suku, yg penting bisa saling memahami, hilangkan ego masing", restu ortu. Jodoh, maut , rejeki smua rahasia Tuhan.
      jalani, yakin dan percaya ooh ya kontrol diri itu yg paling penting karena semua tak ada yang abadi. smile...

      Hapus
  2. setelah kejadian mei 1998 udah banyak ko yg nikah antar etnis, cari aja ke solo. di solo sering blesteran, baik itu cina-jawa, jawa-cina, cina-arab, arab-cina, jawa-arab, arab-jawa dsb. disolo baik warga keturunan atau pribumi, rata2 mereka gak mau disebut warga keturunan atau orang pribumi lg semenjak 1998. sekarang mereka lebih suka disebut "wong solo". & penduduk mayoritas solo jawa, cina, arab.

    BalasHapus
  3. coretan ini aku tulis dari pengalaman teman saat ngobrol diwaktu senggang, mungkin ini sebuah pandangan orangtua jaman dulu yg masih memegang adat jawa kental. kalau masalah nikah kakak sepupu aku juga nikah campuran sama wong solo.

    BalasHapus
  4. Saya Pria jawa dari pasangan ortu dr Solo,dan memang tidak banyak pasangan Pria jawa dan Wanita cina, kalau Pria Cina dan wanita Jawa memang banyak, tapi saya pribadi sdh memilih pasangan hidup saya seorang wanita cina ber kewarganegaraan HongKong yang pada saat ini saya masih mengurus buat document pernikahan saya, dan yang lebih saya makin cinta serta Sayang pasangan saya, Dia mau menjadi Muaallaf . Mohon Do`anya buat semua pembaca agar Mawadah Warokmah buat pernikahan saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga acara pernikahan berjalan lancar, menjadi keluarga smara, selalu bahagia n langgeng hingga maut memisahkan. selamat menempuh hidup baru kk

      Hapus
  5. Teman2 ak mau tukar pendapat boleh kan?
    Ak cewe china,cowo ak pribumi,ak saling cinta dan sayang..tapi ortu ak (cewe) gak setuju dan gak restui..ak sampe gak diijinin kluar rumah...apa yg hrs ak perbuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba akinkan ortu mba nita bahwa laki-laki pilihan mba nita benar" seorang suami idaman n untuk meyakinkannya buktikan dengan perbuatan mba. Sekeras-kerasnya hati seorang ibu bila melihat ketulusan n niat baik suatu saat akn luluh juga. teruslah perjuangkan cinta mba hingga mendapat restu orangtua kedua belah pihak agar melangkah kedepannya lbh ringan.

      Hapus
    2. Mau nikah dengan suku apapun harus lewat restu orang tua, kalau tidak direstui sebaiknya jangan...... (Note: gw orang sunda pribumi mirip chinese)

      Hapus
    3. Simpleny nit, kalo lu married sma bukan tenglang (tionghoa) lu gak berhak lg punya marga, dan anak lu gk isa lg d blg tionghoa.. Karena marga itu dr cowok..
      Kalo org tionghoa yg msh pegang budaya, gak ijinin anak cewek married sma etnis lain. Kalok cowok gpp, karena dia punya marga

      Hapus
    4. Sekedar share.. Kira2 mo smp kpn ya kita dibeda2kan spt ini. Cewe cina tdk blh berpasangan dgn cowo pribumi. Tp cowo cina blh berpasangan dgn cewe pribumi. Jujur aja saya sgt benci dgn adat spt ini. Hidup didunia yg sdh modern & pola pikir maju tp ttp percaya hal2 yg spt itu. Kita ini hidup di tanah air INDONESA yg sdh MERDRKA, tp mengapa hrs ada perbedaan dgn mengatas namakan budaya/adat asli dr cina?

      Hapus
  6. Ak mau tanya pendapat tmn2 dan solusi tmn2..

    BalasHapus
  7. Gue chinese...cowok gue jawa....kami sdh 4 tahun jalin hubungn tnp restu org tua.....
    Mama gue tdk mengijinkan saya menikah dg pribumi...
    Nah...buat mba nita.....gue maw berbagi...apa saja yg gue alami...ketika menjalani....
    Mama gue it org cina yg harga dirinya lebih tinggi drpd harga BBM skrg.....dia blg...klo jawa it bs bikin harga drinya terjun bebas....ini disebabkan pandangan skeptis yg blg org jawa it mls...boros...g maw hdp susah....klemak-klemik..... And yes im agree
    But.....gue tiba2 ngerasa klo jawa thu g sejahat pemikiran mama....
    Jawa it hny sebutan buat kata sifat.....tp it kembali lg ke orgnya sob....
    Cinta blh cinta...to kita smw hrs pikir masa depan yg real....klo mbak nita merasa yg dituding sm orgtua tdk benar...nah itu pertahankan....skalipun dpt yg chinese...klo spt org jawa yg dituduhin ke orgtua..gue sih g maw
    Jdi...pertama kali....lihat dl karakter dan kerohanian pasangan kakak.....apakah dia pantas diperjuangkan....apakah dia bs buat kakak menjadi lebih tinggi drpd sblmnya.....krn pasangan yg tepat...adlah pribadi yang berkerohanian dn berkarakter yang bs dipertanggungjwbkan di hadapan Tuhan dan don org tua.....
    Selain itu....kakak jg bnyk doa....smangat!
    Perjalanan kita masih pnjng

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bgt nih,.. sori sblmnya blm kenalan.. aku adit, aku jawa asli.. cuma entah kenapa aku suka banget sm etnis tionghoa kl bisa mah nikah sm org dg etnis ini hehe.. ya bny hal lah yg aku suka, yg pasti karna semangatnya..

      sebenrnya di agamaku jg ud ajarkan, allah meciptakan manusia dlm berbagai macam suku dan golongan agar mereka saling mengenal dan melengkapi.. tapi sekarang herannya kita sbg manusia malah mengkotak-kotakkan perbedaan tsb..

      Hapus
    2. Loh...malah kl cwek nya chines cwoknya jawa malah cpt suksesnya dibanding cwoknya chines cweknya jawa lo....

      Hapus
    3. Biasanya sih cowok chinese yang kawin sama jawa malah pada males males sih kalo menurut gw solanya cewek jawa nerima apa adanya dan biasanya sih orang tua cina yang anak cowok nya kawin sama jawa suka gak nganggep anak dari mereka sebagai cucu mereka makanya si cowok cenderun kekeluarga si cewek daripada keluarga sicowok gara gara dia dikucilin dikeluarga si cowok

      Hapus
  8. Q cwe. . . Chinese. . . Ga bisa berhubungan pacaran ma org pribumi. . . Cos,itu memalukan keluarga besar. . . Dan buat hidup susah nantinya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,,. ^^ boleh tanya?.. apakah pemahaman itu dianut semua warga tionghoa?.. bukannya apa' aku jawa asli,.. cuma entah kenapa aku pengen punya istri keturunan tionghoa yg seiman.. itu menurutmu gimana?..
      setidaknya biar aku sedikit ambil ancang" heheh

      Hapus
    2. Halo,g orng tionghua asli.g engg pernh merasa bahwa orng cina harz menikah dngan cina.asalkan sama2 cinta kenapa engg bolh?orng pribumi jug manusia.tap yng membuat g engg teeima adlh kenapa orng pribumi slalu maunya seiman?ap maslhnya klo beda agama?g bisa menghormati anda yng beragama islam,truz kenapa anda tidk menghormati g yng bukn islam?maka dari sini artinya anda tidak menerima adat g yng non islam it dan telh merendahkan martabat say yng bukn islam.buknnya agama islam engga baik akn tetapi g jug merasa agama g baik.klo bukn seiman apkah artinya sudh engga bisa bersama?orng tionghua it puny harga diri yng tinggi,klo dari segi agama aj lo engga bisa terima,untk apa mengungkit2 yng lain kan?

      Hapus
    3. saya rasa tidak semua orng tionghoa berfikir seperti olivia... krn 2 teman saya sendiri pun sekarang sdh menikah sama laki2 pribumi

      Hapus
  9. Yg bagus justru. Kaya ortu saya. Bokap jawa. Nyokap Chinese.
    Mami selalu bisa mengkontrol keuangan. Dengan sifat chinanya. Dan bokap. Wuih. Kerja tekun bgt. ( sifat jawa mgkin ) Untik menafkai anak2 nnyaa.. Cocok bgt dah. Dan aku pun cwo yg kbanyakan mirip bokap. JD saran mami ye dapet Chinese jg biar mami Ada tmenya katanya. . pdhl kka perempuan aku malah lbh Chinese bgtt. Mirip nyokap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang mohon maaf sekarang papa Abang sudah umur berapa ?

      Hapus
  10. oh iya, saya hanya ingin membantu memperbaiki penyebutan Cina dalam teks, mba Elly. Cina itu penyebutan untuk negara, sementara kalo mba Elly ingin menyebutkan etnis maka harus Tionghoa. hehe thanks, mba Elly :) tambahan pengetahuan didlm artikel ini cukup membantu studi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang yang disebut Cina, berarti orang yang lahir dan tinggal di Cina, sekalipun tinggaldi luar negeri, orang Cina memegang pasport negara Cina. Sedangkan orang yang disebut Tiong Hoa (atau dalam bahasa mandarinnya adalah Zhong Hua (Dibaca: Cung Hua), merupakan orang Cina yang bukan lagi berkenegaraan Cina, dan tidak lagi memegang dan memiliki passport China, serta orang yang disebut Tiong Hoa ini adalah orang yang memiliki darah keturunan dari orang Cina yang lahir di negara yang bukan negara Cina, oleh karena itu Tiong Hoa juga disebutkan kepada orang Cina perantauan, yang sudah bukan lagi warga negara Cina dan beranak-pinak di negara lain. Anak-pinaknya itupun disebut Tiong Hoa.

      Jadi, orang Tiong Hoa di Indonesia ini meskipun punya darah dari orang Cina, kalaupun pergi ke negara Cina, dia akan dianggap sebagai orang Indonesia (selama orang itu tidak memiliki passport Cina), lebih-lebih kalau tidak bisa berbahasa mandarin.

      Hapus
  11. dehurburtz_rissa's blogs makasih ya ;)

    BalasHapus
  12. Faktanya dari sejak 500 tahun yang lalu kalau Cewek Cokin menikah dengan pribumi itu dari dulu umumnya lebih banyak kawin sama wong Jowo (80%) kemudian posisi Runner Up adalah orang Minahasa (20%), menurut pengakuan para cewek-cewek cokin kepada saya, dimata mereka kedua suku ini (Jowo & Minahasa) terkesan lebih intelektuel, modern, easy going dan penyabar, dan Faktor lainnya adalah banyak Jawa dan Minahasa yang memeluk agama Kristen.

    BalasHapus
  13. @ anonim14 oktober:Tapi banyak juga cewe Tionghoa yg menikah sama org batak,sunda, dayak, dan bali...jadi kayaknya survei ente meleset dah...

    BalasHapus
  14. Hi, saya cewek etnis Tionghoa dan calon suami Tanimbar (kep. Maluku) - Jogja. Awalnya mama ga setuju. Tapi kami berjuang bersama dan mama akhirnya mengijinkan krn yg penting saya mantap. Saran saya buat yg bernasib sama dengan saya, jangan menyerah dan tetap berdoa.
    Kami rencana nikah tahun depan. Mohon doa restu ya.
    Btw, bahagia itu pilihan kita sendiri. Bukan keadaan yg membuat kita bahagia, tapi keputusan kita mau bahagia atau tidak.
    Selamat berjuang ya temans =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiien,semoga menjadi keluarga yang berkah,tentram dan selalu bersama semua kebaikan....selamat sob kalian kudu langgeng sampai maut memisahkan tanpa terkecuali,hebat kalian.....kalian sangat hebat mudah2 han semua kebaikan yang ada di dunia bersama km,calon suami dan keluarga mu amiiien

      Hapus
    2. Aku saat ini sedang memperjuangkannya aku cwok jawa.awal mula dia (Tionghoa) cewek,,mendekati saya saya pun belum merespon dikarenakan banyak hal yg saya pikirkan akirnya menjawab ayo kita jalanin seperti ini (teman dekat)lamabat waktu aku pun mulai luluh dan yakin dengan Kesungguhan dia, Dia adalah cewek malang yg sekolah di Jogja,,banyak perbedaan terutama umur beda 4th lebih tua saya.suatu hari karena dia selalu menanyakan status hubungan saya pun menjawab kita banyak perbedaan umur,status keluarga,sifat dll..dia Menjawab seperti itu kah,,,? Aku pun merasa tak bisa menahan rasa sayang yg sebenarnya ada sejak awal,,,aku menjawab kalau kamu (Cewek Tionghoa) bisa memahami aku dari nol dari kita bukan apa-apa,siapa kita,siapa yg ada di belakang kita ayo kita jadian kita jalani bareng kita hadapi perbedaan tersebut bareng tidak ada yg mendahului jika ada yg tertinggal jangan menunggu tapi hampiri, Akirnya kita jadian,hingga suatu saat dia libur karena keluarganya sedang di Semarang saya memberanikan Diri untuk mengantarnya dari Jogja - Semarang perjalanan menyenangkan dengan motor,,samapi di semarang ketemu IBu dan adik-adiknya.di sana malam saya bermalam di sana...sebelum tidur saya memikirkan (akan perbedaan yg jelas ini akan saya Lalui Tuhan)aku pun menyingkirkan anggapan itu.namun kenyataan berbeda setelah berjalan 2bln,,terakhir telfon dia mengatakan lulus SMA nanti akan ke Bali kerja di Bibinya,aku pun kaget,aku menanyakan apak sesunhguhnya kamu juga sudah di jodohkan...?dia menjawab kemungkinan iya. Apa kamu lupa janji dan komitmen awal kita.kita bakal jalanin bareng bakal hadapin bareng mulai dari nol.jarak buat aku tak masalah,asalkan kita yakin Dan Percaya namun,,aku terbawa emosi dan menganggap menggantung hubungan kita ini.,,,paginya tak ada sms,telfon tdk di angkat,,,aku hanya mau bilang aku masih sanggup memperjuangkan ini,,,akhirnya Selasa kemarin aku memutuskan ketemu Ibunya di Semarang aku datang malam dengan hujan yg mengguyur dri Magelang sampai Semarang,,,aku membicarakan hal tersebut kepada Ibunya yg ternyata Malam itu ayahnya Pulang kerja Dari kalimantan.sampai malm saya tunggu untuk ketemu ayahnya akirnya sekitar jam 12 ayahnya Pulang,,kaget karena ada saya aku permisi karena telah lancang tidak ijin datang..saat itu Liu(cwek Tionghoa)memang berada di Jogja aku tak memberi kabar kalau akan ketemu dengan Keluarganya,,karena perasaan campur aduk ini yg membuat saya harus membicarakan hal tersebut,jam-demi jam aku mendengar kata-kata pesan dan himbauan dari ayahnya sampai pagi aku duduk di samping ayahnya di lantai yg dimana kakiku sakit menahan bersila, akirnya aku boleh tidur walau. Sebentar lagi akan siang, Siangnya pun aku masih harus duduk di depan rumahnya mendengan berjami-jam ayahnya membicarakan kehidupn saya Dan keluarga mereka..dan aku,siang pun datang aku melihat hp di tas sms dari Cewek saya Liu mengatakan aku disuruh pulang karena itu hanya akan menambah permasalahan..itu anjuran yg ternyata malam Ibunya Sms, sakit rasanya melihat sms dari pagi yg aku ketahui siangnya,akirnya aku mandi biarpun sudah di persiapkan makanan aku tak sempat memakannya aku berpamitan baik-baik dengan membawa perasaan yg tak karuhan di jalan..Semarang Jogja.hal yg tak pernah aku selalu lupakan adalah sms pgi siang sore malam ke Liu (Dia) walaupun tdak bi bales seakakan ingin menjauh dariku nungkin aku akan terlihat menyedihkan samapai saat ini 9 desember 2015 kita jadian dan aku sendiri memperjuangkan ini karena aku yakin Perjuangan hebat tidak akan sia-sia walaupun itu tidak di hargai. Semoga aku mampu memperjuangkan ini Sodaraku semua,,,biarpun melangkah sedniri. Tuhan akan memberkati ku,

      Hapus
    3. semoga kebaikan untuk anda,saudara

      Hapus
  15. Intinya itu aja, kita sama2 manusia toh, cuma berbeda ras, yang pasti perkawinan nya bisa sukses menghasilkan buah hati. Betul ngak? Buat apa lah di ikutin kata2 menyesatkan dr orang tua zaman dulu? Itu cuma trik para penjajah dulu nya utk membuat Indonesia pecah belah, ternyata berhasil...silahkan baca sejarah lagi deh bagi yg masih membahas soal SARA.

    BalasHapus
  16. Senengnya baca artikel ini..kenalkan sy cowok campuran (mama chinese papa jawa)..tnyata banyak yg bernasib sama jg ya..ehehe..terus terang sy jg lg jalin hub dgn cewek tionghoa n ortunya dia paling penting pngen dia ma cowok chinese..soal yg lain bisa dibilang ga ngaruh..klo udh cowok chinese udah oke lah menurut ortunya..so,cewekku lg bingung krn secara rohani dia spt ranting kering..dia ma ortunya beda agama..tp sy terus berjuang buat buktiin klo cowok pribumi tuh ga sejelek yg dituduhkan..sy sayang bgt ma nih cewek krn dia yg buat sy semangat berjuang..mohon doa restunya ya..yg mau sharing monggo inbox biar saling nguatin..gbu..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita ini sama aja
      Cwok chinese ga semuanya baik
      Dan cwok jawa ga semuanya jelek (inilah knp saya naksirnya selalu sm org pribumi)

      Kalian sering2 aja ke gereja yg sama. Untuk mendoakan hal yg sama. Mengusahakan hal yg sama..

      Kl emg km cinta banget sm si cwek. Yasdh. Buktikan saja. Diperjuangkan. Main ke rumahnya (kl di tolak *amit2 diusir*; bsk dateng lagi). Sering2 ngajakin pcr km ke gereja, atau nganter jemput (ya alesan aja biar ke rumahnya). Kl ibunya udh liat srius gt. Mgkn lama2 luluh.

      Km berusaha, bikin usaha / kerja yg tekun. Mapankanlah diri. Supaya orgtua si cwek chinesenya tuh yakin. Kl anaknya hbs nikah sm km. Ngga bakalan segsara. Intinya bahagia lahir batin krn pasangannya seiman dan tanggung jawab.
      Jadilah laki2 yg setia, ngga blh pesimis (mst on fire terus) *sbnrny inilah harapan konkritku*

      Apalah yg bs dilakukan sm cwok yg msh muda, blm banyak pengalaman kerjanya. Aku diajakin kerja (bantu perekonomian, jg ngga akan ngeluh. Asalkan pasanganku jg giat dan tekun).
      Tp, kl kerja yg bener (gaji tetap, nabung untuk rumah / buka usaha, kl perlu dibuka beneran usahanya dan sukses)
      Saya yakin dan doain. Bener2 deh 10000000% dikasih nikah.

      cweknya jg kl serius, pst bahagia banget dpt pasangan yg begitu
      Ga akan macem2 dianya (misal: melakukan perselingkuhan / ninggalin km krn dy lbh dengerin ibunya)

      Hapus
  17. Nih saya cwek cina
    Ya saya drdl pacaran selalu serius, mau sm yg tionghoa atau pribumi
    Cm, makin dewasa (skg udh 25an) saya menemukan bahwa. Saya lbh tertarik dgn cwok pribumi
    Mgkn krn dr kecil dikelilingi sm cwok cina. Jd bosen. Buset cwok cina di mata ane (ya sama semua) ngga ada tantangannya. Cetakannya sama.

    Br2 ini saya ngjalanin hubungan baru lg. Sm cwok jawa timur... Bkn org cina. Kuat imannya (seiman puji tuhan) krn dl ane jg prnh menjalani dgn yg beda imannya dan bkn org cina. Berat tryt. Kl prinsip iman ga sama.
    Cwok saya yg skg beda 2tahun diatas saya. Pekerjaannya sudah jelas, kepribadian dan tanggung jawabnya jg jelas, loyalitasnya jg bisa diadu.

    Pas saya blg sm orgtua, lgsg ditolak. Dan itu yg bikin hati saya sakit (krn orgtua lbh mentingin etnis drpd kebahagiaan), intinya mereka mengatakan saya ini murahan (atau sejenisnya) krn ngga sm cwok cina. Lalu dibilang jg. Kl saya ini hopless banget, sm yg cina aja ga bs dapet (pdhl mah. Emg saya slalu nolak yg cina. Males aja. Turn off gt tiap ada engkoh2 cina)

    skg ya lg diperjuangin, mdh2an saya setelah lulus kuliah bs segera kerja, mapan (mgkn orgtua bs tenang kl saya mapan dan ngenalin Mas saya ke orgtua)

    Saya punya keyakinan. Kl tuhan sudah merestui, selalu ada2 aja jalan / kita dimampukan melewati semua mslh

    Doain ya
    Mas saya ngajakin segera nikah dan kl soal marga
    Ini Mas saya bilang, nanti anak kita pake marga km aja gapapa, soalnya keluarga dy ga ada sistem marga2an. Org dy anak tunggal. Dan ga mikirin gitu2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2 han sob aku yo wong jawa timur,tak doain km bisa dan kamu jadi dan tuhan kasih yang terbaik bagi klian amiien

      Hapus
  18. Hi, gua cwe keturunan tionghoa... aku jatuh cinta sama cwo pribumi (lampung), aku gak berani kasih tahu ke ortu saya kalau saya suka ama dia karena aku tau pasti ortu aku gak restui kami berdua... sebab org keturunan chinese mau cari muka alias punya harga diri yang tinggi. Aku pengen bngt sma dy, tpi ku bingung bngt harus gmn lgi biar kita bisa bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang sob..aq juga jawa dan hidup di kalangan cina dan meteka sangat baik...gk usah bingung km hrus ingat tuhan memberikan rasa sayang tidak melihat cina atau jawa,tapi tuhan merikan rasa itu dihati dan tuhan dengan orang2 selalu berusaha berbuat baik,jadi biar aku muslim aku selalu doakan km sob semoga kamu di beri jlan dan dapat berjodoh dengan dambak an km,jg kuatir tuhan maha pengasih dan penyayang kita sama2 berdoa ya sob,semoga kamu dan dia diberi jalan yang terbaik amiiien,kang mahez

      Hapus
    2. tenang sod mudah2 han tuhan kasih jalan untuk kamu dan dia,dan di lancarkan semuanya sob km baik dan dia baik tuhan akan selalu bersama orang semangat sob dan pertahankan yang sudah tuhan kasih,yaitu kasih dan sayang

      Hapus
    3. Saya dpet org china
      Ya baik"saja...
      Awalnya gak yakin dan brfikir apakah bsa smpai kejenjang prnikahan
      Tpi puji Tuhan
      Tuhan mnjawabnya dgn ajaib..apa yg sdah di persatukan Tuhan tdk dpat diceraiberaikan manusia..prcayalah sob Tuhan mempunyai rencana yg baik dan indah buat kalian sob..truslah brdoa dan usha

      Hapus
  19. bagus nih artikelnya

    BalasHapus
  20. Wuih seru juga nih wall
    saya heran kenapa akhir2 ini kita dikotak2an...
    padahal china n pribumi sudah hidup rukun berabad2 lampau... Coba tengok perkampunyan cina di selatan jakarta (cisalak, cibinong, cileungsi, depok) mereka ikut berjuang dng kita dlm mempertahankan kemerdekaan, mereka lebih merah putih dr pada umumnya pribumi, mereka lebih benci konglomerat2 china yg di anggap menguasai perekonomian nasional bahkan ga sudi kerja sama konglomerat.
    kita fine2 aja bahkan saya punya kerabat dr etnis cina.. klo imlek seru banget nunggu di depan klenteng nunggu engkoh2 bagi2 duit dan dodol 😁, main kerumah nenek banyak pernak2 warna merah....
    q bisa saya pnya oma n opa dr etnis cina.... denger2 dari orang tua bercerita seorang bangsawan/raja jawa/sunda yg pnya kedudukan tinggi wajib pny istri cina... Makanya keturunan menak pada putih2 cuma sayang matanya Belo....
    Kenapa cina yg dipilih.. karena menejemen mereka umumnya bagus
    yg saya heran stereotip kesukuan mulai menggema di era 90-an dan akhirnya meletus di 98 sungguh tragis..
    btw selamat ya bagi yg mau menikah beda suku... Kapan lg klo bukan sekarang.... Tunjukan pada dunia bahwasanya kita satu
    pandangan yg ditanam oleh keluarga saya... Ga ada orang cina, arab atau bule sekalipun yg ada orang indonesia....!

    BalasHapus
  21. Aq wong jowo (arek suroboyo) saat ini memang saya punya kekasih tionghoa (muslim), tapi orang tuanya sampai saat ini masih belum merestui, tapi aq tidak pernah menyerah buat menyakinkan/berhenti. toh memang aq benar2 sayang sma dia.

    BalasHapus
  22. Aq wong jowo (arek suroboyo) saat ini memang saya punya kekasih tionghoa (muslim), tapi orang tuanya sampai saat ini masih belum merestui, tapi aq tidak pernah menyerah buat menyakinkan/berhenti. toh memang aq benar2 sayang sma dia.

    BalasHapus
  23. Aku nyimak aja deh, soalnya belom ada pengalaman pribadi sih, cmn denger" dr temen, thanksfor shared

    BalasHapus
  24. Ada kasus menarik,pengalaman ibuku sendiri,wanita asli jawa,menikah dengan laki2 keturunan chinese,tapi tetap tidak bisa bertahan lama,ibuku bagus bercerai,dan mantan suaminya yg keturunan menikah lagi,ibuku adalah istri kedua,
    Ckckck,
    Doyan banget,hehehe
    Alhasil keturunannya banyak,
    Hehehe

    BalasHapus
  25. Saya cew jawa, sedang menjalin hubungan dengan cow cina. Keluarganya tidak setuju dengan alasan yang sama seperti di atas, berat rasanya menjalani hub. Apaliagi sekarang longdistance, makin makin beratnya... Yg bikin hopeless selain masalah cina jawa, kami beda agama, dan beda umur, lebih tua saya.
    Hanya doa yg bisa di ucapkan, seperti jalan diatas rambut yang di belah tujuh. Kwatir tiap hari, saking sayangnya rasa kwatir itu makin2 tambah setiap hari.

    BalasHapus
  26. Makasih buat infonya, semoga berkha dan dicatat jadi amal sholeh...

    BalasHapus
  27. Saya cowok jawa tulen.. Pacar saya merupakan perpaduan Tionghoa-Belanda.. Dri ketiga saudara perempuan nya pacar saya punya face oriental sedangkan 2 saudara perempuan lainnya face nya bule banget... Awal nya kita ga disetujui.. Ortu nya punya target calon anak2 nya harus bule/tionghoa... Berhubung saya yg berkulit coklat dan perbedaan usia hmpir 8 tahun kita ditentang habis2 an.. Seiring berjalan nya waktu sekian tahun akhirnya kita diberi lampu hijau... Pada proses nya yg jelas saya menunjukkan komitmen hubungan kmi.. Saya menjaga kekudusan hub kami,kami berpacaran dengan gaya yg sehat dan Puji Tuhan saya dimampukan Tuhan utk membimbing secara rohani pacar saya.. Padahal awal kehidupan saya sangat membenci etnis tionghoa.. Entah sombong/belagu atau memandang rendah.. Seiring berjalannya waktu akhirnya saya sadar apa yg dilakukan orang tionghoa tak ada bedanya sama kita sendiri.. Sadar diri saja sebagai orang pribumi asli pasti kita pernah mendengar kalo (mohon maaf) orang papua itu cenderung kuat fisik tpi otak bodoh, atau orang batak (banyak taktik) itu licik.. Ada juga (mohon maaf) alat vital laki2 tionghoa itu kecil dan sebaliknya milik orang arab itu besar... Pernahkah kalian berpikir knpa tdak ada polisi tionghoa ? Guru tionghoa sbgai pns ? Tentara tionghoa ? Ayolah coba pikir itu bukannya mereka yg ga mau.. Tpi emang dibatasi pergerakan nya. . jujur saja negara kita sdkit banyak masih rasis.. Jujur saja pernahkah kitu berfikir/mengucapkan kayak gtu... Apalagi jika sampai bhas masalah kepercayaan.. Bagi yg dipercayai sah saja punya istri lbh dri satu karna dikepercayaannya diijinkan.. Ada pula yg dilarang menikah lbh drpda satu.. Makanya alangkah baiknya tdak menilai seseorang dari etnis atau agama.. Mari kita hdup yg rukun.. Seiring sejalan membangun bangsa...

    BalasHapus
  28. Hakikatnya perbedaan itu sbnrnya indah..
    Apalagi perbedaan yg dicampur akn mghasilkn sesuatu yg indah pula. Ibarat sbuah warna dasar kuning dan warna dasar hijau jk dicampur akn mjd warna yg indah, tk sprt warna dasar lainya yg bs dikatan membosankn hehe...
    jd pebedaan dlm kehidupan inilah yg mnjadikn alam semesta ini mjd smkin indahnya..
    Positif tinking_

    BalasHapus
  29. Hi semua, artikel ini sesuai dgn ke galauan saya, krn saya cowok chinese malang dan pacar saya jawa malang juga, kita saling cinta dan saling sepakat dalam doa, krn hal sama yaitu belum ada restu dari pihak mama saya, klo dr pihak pacar saya mamanya setuju cuman jgn terlalu berharap, yang jadi pertanyaan gimana sih cara buat bisa meyakin kan orang tua yg seperti mama saya, selain dgn doa, krn klo doa doang tanpa usaha nol.. Mgkn kiranya ada yang bisa kasih masukan kawan??

    BalasHapus
  30. hadewhh.,udah jaman star wars gini bab ras masih di bahas. Ente mou cina,pribumi,arab kalo sungguh suka N cinta jalani sepenuh hati kalo ada yg g stuju kgak usah d gubris toh yg mnjalani ente

    BalasHapus
  31. sebenarnya ada polisi dan tentara dari etnis Tionghoa,di Singkawang apalg, di sana banyak Polisi etnis Tionghoa, bahkan premannya banyak juga yg etnis Tionghoa.

    BalasHapus
  32. Halloo saya via..saya wanita sunda.bandung.... menurut saya sich gk adil banget lah masa cwo cina gk boleh nikah sama cwe sunda gara2 yah islam itu bakalan sengasara kata orang tua yah. Menurut saya pendapat pendapat orang tua cina terlalu sadis ...jika memkirkan masa depan yang menikah sama ini bakalan seperti ini begini dan bgtu... padahal rejeki kan kita yang usaha sendri n tuhan yang memberikan jalan. Menurut gw gk adil bgt lah...org saling mencintai n saling menyanyangi di pisahan karena hal hal yang kurang penting adat istiadat lah agama lah...yang pentingkan kita yang menjalankan kehidupan nanti bukan orang tua yah haha(lucu kan)...Tuhan maha pengasih dan penyayang masa orang tua cina yah gk seperti tuhan!!!!!! Kata ya orang punya agama tapi gk di pake ......hati nurani ya percuma kan !!!!

    Manusia ini kan anda anda semoa orang tua cina atau siapa pun itu lah 😄 menikah itu sesama manusia keles bukan sama binatang...inii....di era modern pemikiran harus maju jangan ada perbedaan begini begtuu kaya lagu "doraemon aja "aku ingin begini aku ingin bgtu ingin ingin itu bnayak sekali hahah"

    BalasHapus
  33. Buat yg masih pacaran beda etnis cowok jawa-cewek china, memang tak semudah yang kalian bayangkan dibanding pacaran sesama etnis. Why? karena dalam pernikahan nantinya , kalian tidak menikahkan diri kalian sendiri, tapi seluruh keluarga besar menjadi satu keluarga yang lebih besar lagi...untuk itu diperlukan kesabaran, pengertian, usaha dan niat tuluis kalian...istri saya china 100% , saya jawa 100% , kebetulan satu kota, awalnya pihak ortu masing-masing tidak setuju, dengan berbagai macam alasan, tapi berkat usaha diatas serta Restu Tuhan Yesus,( kami seiman beda gereja ) kami bisa menikah tahun 1996, sekarang anak kami 2 orang cowok semua, dan yang paling penting kwalitas genetik menjadi lebih baik, baik fisik maupun psikis...pergaulan juga tidak ada masalah, bisa diterima dengan baik oleh kedua etnis...

    BalasHapus
  34. Aku seorang laki-laki jawa yg harus nengakiri hubungan kita karena dia tidak di restui kedua orang tuanya yg kalangan tionghoa,,,aku sendiri yg merasa gagal memperjuangkan hubungan ini,,,padahal sebelumnya kita berjanji kalau kita tidak akan melihat apa yg ada di belakang kita,,,dari mana kita,kalangan apa kita, dll tapi kenyataan tak mampu di lawan,,aku kalah dan terluka,,,aku tak mengerti apa lagi yg harus aku lakukan teman-teman.

    BalasHapus
  35. malam ini gw banyak bgt baca artikel2 pasangan pribumi-tionghoa..karna gw cowok jawa pengen nembak cewek tionghoa wat serius karna gw dah 30th.....tapi setelah banyak yg gw baca gw jadi radak jiper mo nembak cewek tionghoa wat serius...karna gw pikir dan rasain selain beda etnis dan beda agama, ekonomi dan jenjang pendidikan si cewek di atas gw. selain pikir banyaknya perbedaan gw juga ga tega dan ngebayangin kalo itu cewek harus bertentangan dengan keluarganya......tolong ya semuanya ...gw mesti gmn...apa gw harus pupusin aja cinta gw...?

    BalasHapus
  36. saya setuju sekali sama mbak my blue. mksh semangatnya mbak heehehe
    percaya bahwa pilian Allah tidak akan salah jika kita sudah berniat tulus. baik dan yakin.meskipun di ekeliling kita tidak ada yg setuju.

    BalasHapus
  37. kata dokter perkawinan silang atau beda suku bisa menghasilkan anak yg pintar dan indah2

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju..., ane alamin soalnya, kata keluarga istri bukan kaya cina, kalo kata keluarga ane bukan kaya padang...hehehe

      Hapus
  38. Haduh. Ku skrg lagi sama cew tionghoa nih. Ku jawa. Padadasar nya kita semua ciptaan tuhan. Beda2 memang. Tapi yg jelas ada tujuan kenapa kita di bedain. Cuman ada 2 kemungkinan, beda biar gampang bedainnya sama beda biar kita punya alasan buat jadi 1. Kita pake logika aja, saya yakin tuhan bedain kita buat aaalasan ke-2, beda biar punya alasan untuk jadi 1. Cman sampe sekarang kita masih byk lihat yg sebaliknya. Jadi, yg bisa saya lakukan hanya saya doakan supaya semua umat manusia di bumi paham cinta dan kasih sayang biar gak membedakan antar manusia. Salam cinta kasih.

    BalasHapus
  39. artikel menarik..
    tp saya laki2 pribumi (dan jg orang padang) malah pengen bgt nikah sama gadis keturunan tionghoa islam (islam dr lahir maupun sudah muallaf), sampai mantapkan keinginan.. 😁

    sampai2 adateman saya (dia chinese jg islam) menyarankan saya buat mempelajari adat tionghoa, tradisi, bahasa, dll (dan tentu saja saya mau, saya malah senang)..

    btw, kira2 ada gak ya data pria padang nikah sama wanita tionghoa islam.. 😁

    BalasHapus
  40. saya ada pengalaman, saya ada pacar orang china asli keturunan tionghoa. dia tidak bisa menikah dengan gadis pribumi dia bilang menurunkan martabat mereka di china. dan harus menikah sesama orang china. sebenarnya kebenarannya adalah apa?

    BalasHapus
  41. Saya hidup diantara budayawan, sejarawan, dan mendalami, research berbagai macam sejarah semasa kuliah.

    Sebenarnya tidak ada orang tionghoa yang pure China saat ini, karena saat jaman dulu Indonesia merdeka dan penjajah pergi, para pedagang dari China yang notabene-nya bukan penjajah tetap kena usir, mereka itu punya 2 pilihan, pulang ke China, atau tinggal di Indonesia, nah mereka yang suka dan ingin tinggal di Indonesia harus menikah dengan orang Indonesia.

    Jadi nih kalau jaman sekarang masih ada yang mengungkit isu sara tentang cina, sebenarnya tidak ada yang pure China disini.

    Tapi di jaman sekarang warga keturunan ada 2 kubu, satu yang masih kental adat China-nya (bisa bahasa China, nama 3 kata, agama budha, imlekan, dll), kami menyebutnya China Totok, yang kedua adalah yang sudah hilang adat Chinanya (lebih kental budaya lokal), seperti saya. Kedua kubu ini sendiri tidak berjalan baik, saya pribadi dan teman2 sekitar mendapat banyak hinaan dari kubu China Totok, tapi ya sudahlah saya diamkan.

    Nah biasanya China yang masih kental lebih prefer anaknya menikah dengan warga keturunan juga, karena di China itu ada marga bermacam2 (mirip seperti budaya batak), dan yang di Indonesia itu lingkungannya kecil, jadi misal orang tua si cewek nanya "Kamu dari marga apa? nama China siapa", dan misal dia marga Sie, dan kamu marga Cow, biasanya lebih nyambung karena kemungkinan besar orang tua si cewek punya saudara di marga Cow. Saat mereka tahu kalau saya tidak memiliki nama 3 kata, biasanya dilanjutkan dengan hinaan yang terus menerus setiap ketemu.

    Saya pribadi setelah menerima banyak hinaan dari kaum China Totok, sejak SMA saya tidak suka cewek China, dan prefer dengan orang jawa, orang Jawa dimata saya sangat cocok untuk menjadi pendamping hidup, karena sopan santun dan baik, keibuan.

    Kalau warga keturunan yang sudah kental dengan budaya lokal seperti keluarga saya, orang tua membebaskan untuk menjalin hubungan dengan siapa pun.

    Oiya kalau sudut pandang dibalik, hubungan dengan orang Jawa pun tidak selalu berjalan mulus, saya beberapa kali di hina dan di caci maki oleh pihak keluarga pacar saya, bahkan pernah sampai bahasa2 kasar keluar menampar saya.

    Tapi saat itu saya tidak menyerah, perlakuan yang buruk saya terima dengan lapang dada, saya terus meyakinkan kepada keluarganya bahwa saya pantas untuk anaknya, bukan dengan omongan, namun dengan perbuatan. Sejahat apapun orang, kalau kita tanggapi dengan sabar dan tidak membalasnya, pasti dia akan malu dan sadar pada akhirnya :)

    Intinya sih kalau mau berjalan mulus lebih baik cari pasangan dengan yang sama suku. Tapi kalau sudah berpikir maju dan menjunjung toleransi, kuat mental, yang terutama pihak pasangan setuju, sudah enak sih.

    Perjuangkanlah cinta kalian, semua hal yang tidak mudah dijalani, pasti berakhir sangat indah, dan memorable dibandingkan perjalanan yang mulus-mulus saja.

    Btw, umur saya 35th, menikah dengan orang Jawa dengan rintangan yang luar biasa, akhirnya setelah keluarga istri saya menerima saya, itulah saya merasakan akhir dan awal yang sangat indah.

    BalasHapus
  42. Saya berhubungan dengan orang china lelaki sudah ada 6 bulan lebih kurang. Dan saya sangat mencintainya.
    Dia sekarang berumur 38 tahun . Dan saya 21 tahun. Tapi saya sangat mencintai nya. ..... Setiap kali saya melihat matanya, saya kembali jatuh cinta dengan nya. Setiap hari pun kita selalu bertemu .... Untuk makan malam atau sekadar berbincang sedikit hal.
    Banyak masalah dalam hubungan kami. Yg pertama ialah ketika saya tau dia ada perempuan lain orang thailand. Dan mereka berhubungan sudah lama...
    Tapi dia menepis semua nya . Dia berkata itu hanya teman dan saya boleh memahaminya... Saya tidak percaya. Tapi saya coba dengarkan dia. Walaupun hati saya sangat sakit dengan kebohongan yg ia buat. Bulan itu ialah august. Dia punya mak meninggal dunia. Dan saya pun tak tahu harus berbuat apa . Kerana pada saat itu saya tak tau mana rumah/kampung dia. Dan dia menyuruh perempuan thailand itu utk datang... Dia pernah berkata dengan saya andaikan kita tak menikah pon bukan saya ada perempuan lain .. Tapi karna kita mmg tak boleh bersama. Dia kristian dan saya islam.
    Tapi sampai sekarang dia tak ada memperkenalkan saya utk masuk dalam keluarga nya... Saya tak tahu apa yg akan saya lakukan ?

    BalasHapus
  43. rame ya.....ayo lanjut kawan, no sara no saru ya....aku jawa tengah dapat suku bugis makassar, semua menjadi indah karena toleransi

    BalasHapus
  44. rame ya.....ayo lanjut kawan, no sara no saru ya....aku jawa tengah dapat suku bugis makassar, semua menjadi indah karena toleransi

    BalasHapus
  45. yg paling ditakutkan jika cwenya china cwonya jawa sbnrny soal hoki, takutnya ga hoki hidupnya jd susah

    BalasHapus
  46. Saya suka cara hidup org tionghoa disekitar saya, mereka pekerja keras, memiliki harga diri yang tinggi dan pantang menyerah, saya sebagai orang Batak sangat setuju dengan cara hidup mereka. Saya dan keluarga saya juga tidak suka org pribumi yang malas dan kuno. Tapi jujur saya juga suka org Jawa yang lembut hatinya. Namun seberapa lembut pun hati org Jawa itu tidak membuat saya benar-benar menyukainya dibanding Calon suami (semoga) saya yang tionghoa. Seseorang yang membuat saya jatuh cinta setiap harinya. Dari komentar-komentar diatas saya lebih tahu dimana letak ketimpangan hubungan saya. Saya merasa sedih melihat bagaimana pandangan mereka terhadap pribumi, padahal tidak semua seperti itu kok.tapi saya pikir pembuktian yang paling penting. Saya juga tidak akan rela ia dihukum keluarganya hanya karena tak patuh, tapi saya juga tak bisa pungkiri bahwa hanya org seperti itulah yang membuat saya jatuh hati, dan jujur sulit sekali mencari seseorang yang pas di hati kita

    BalasHapus
  47. Saya suka cara hidup org tionghoa disekitar saya, mereka pekerja keras, memiliki harga diri yang tinggi dan pantang menyerah, saya sebagai orang Batak sangat setuju dengan cara hidup mereka. Saya dan keluarga saya juga tidak suka org pribumi yang malas dan kuno. Tapi jujur saya juga suka org Jawa yang lembut hatinya. Namun seberapa lembut pun hati org Jawa itu tidak membuat saya benar-benar menyukainya dibanding Calon suami (semoga) saya yang tionghoa. Seseorang yang membuat saya jatuh cinta setiap harinya. Dari komentar-komentar diatas saya lebih tahu dimana letak ketimpangan hubungan saya. Saya merasa sedih melihat bagaimana pandangan mereka terhadap pribumi, padahal tidak semua seperti itu kok.tapi saya pikir pembuktian yang paling penting. Saya juga tidak akan rela ia dihukum keluarganya hanya karena tak patuh, tapi saya juga tak bisa pungkiri bahwa hanya org seperti itulah yang membuat saya jatuh hati, dan jujur sulit sekali mencari seseorang yang pas di hati kita.

    BalasHapus
  48. ikutan share pengalaman aku (mohon maaf apabila ada kata-kata yg menyinggung)
    aku jawa dan pacaran dengan pria keturunan Tionghoa, sebelumnya pernah deket sama orang Tionghoa juga.
    kalau ditanya lebih suka cowok Jawa, apa Tionghoa?
    aku akan jawab Tionghoa, karena menurut pengalamanku, orang Tionghoa itu sangat pintar dalam menghargai, menjaga dan memperlakukan wanita.
    pernah punya mantan Jawa dan perlakuannya standard, dan kebetulan bos ku saat ini Bule, tapi cara memperlakukan seorang wanita juga standard.
    jadi ngerasanya lebih srek aja sama pria Tionghoa.
    aku sudah pacaran lebih 2 setengah tahun, yang aku rasain dia begitu menyayangi dan cinta sama aku, even though "mungkin" keluarga nya tidak setuju.
    karena selama pacaran, aku belum pernah dikenal kan sama sekali sama keluarganya.tapi kakak nya dan adik nya sudah curiga kalau dia pacaran sama cewek Jawa. karena menurutku, pacar ku juga kurang dalam memperjuangkan cinta nya ke aku, dan mengingat usia ku yg gak muda lagi, akhirnya kita sepakat untuk mengakhiri kisah ini.
    disaat kami saling sayang dan saling cinta, tapi ras, agama, dan keluarga menjadi penghalang terbesar kami.
    pacar ku (yg saat ini sudah jadi mantan) bukan seorang laki-laki yang pintar mengekspresikan perasaannya, tapi ketika putus kemarin, dia menulis surat untuk ku yang begitu mendalam dan begitu menyentuh hati.
    saat aku menulis ini pun, aku masih ingat apa yang dia tuliskannya untukku, betapa besar rasa cintanya (yg selama ini aku pun tak tau)
    betapa dia begitu meminta maaf karena tidak bisa berjuang terlalu berat, yang dia harap hanya 1, he wrote this : "i wish we were born alike, and i wish we should have met sooner"
    sekarang aku sadar bahwa patah hati paling dalam adalah : "we falling in love with people we cant have"

    BalasHapus
  49. Cewek saya chinese dan saya pribumi,dalam beberapa bulan kedepan kita mau menikah, tetapi saya takut cinta dia itu hanya semu...gimana ya?

    BalasHapus