16/12/12

Bahaya di Balik merah Lipstik

Ngomongin produk kosmetika yang jadi favorit wanita itu memang bedak dan lipstik. Biarpun wajah sudah di kasih bedak 7 lapis kalau belum pakai lipstik gak afdol rasanya. Lipstik dan wanita memang gak bisa di pisahkan bahkan dengan bantuan lipstik bibir kita menjadi lebih indah dan seksi, yang warnanya gelap bisa di sulap jadi merah menyala, yang kering dan kusam menjadi berkilau berkat sentuhan lipstik glossing, yang tipis kelihatan merekah, pokoknya apapun bentuk bibirnya kalau sudah di beri sentuhan lipstik pasti bikin kinclong dan seksi. Kalau sudah begini cowok-cowok makin terpesona. Bagi sebagian wanita pakai lipstik memang menambah keseksian bibir.

Ternyata liptik sudah ada sejak 5000 tahun silam, konon Ratu Ur dari Sumeria menggunakan lipstik untuk menunjukkan simbol kepemimpinan dan kekayaan, dari Sumeria tradisi mengoleskan lipstik berkembang dengan cepat ke Mesir dan Yunani, termasuk Ratu Cleopatra.

Kabar pewarna bibir alias lipstik berbahaya ini memang bikin penasaran, maklum saja karena hampir setiap hari kita mengoleskan lipstik di bibir kita, bayangkan kalau ternyata lipstik yang kita pakai sehari-hari mengandung bahan kimia berbahaya dan tertelan ke tubuh kita. Soalnya lipstik yang kita pakai tak hanya bisa menyerap ke dalam darah tanpa sengaja kita menelan lipstik yang kita pakai. Tak heran kalau para ahli menilai lipstik termasuk jenis kosmetik yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Banyak lipstik yang beredar di pasaran yang mengandung rhodamin b dan merkuri. Rhodamin b adalah pewarna sintetis kimiawi, berwarna merah mencolok yang biasa digunakan sebagai pewarna tekstil. Rhodamin B ini sangatlah berbahaya dan dilarang digunakan dalam bahan pangan, minuman, dan kosmetik, karena persifat pemicu kangker. Penggunaan pewarna bibir yang dekat banget dengan mulut, misalnya tanpa sengaja terkena lidah atau tertelan bisa mengganggu saluran pencernaan ke hati dan limpa.

Selain rhodamin b di dalam pemerah bibir yang dijual bebas juga banyak yang terdapat kandungan logam merkuri, walau jumlahnya hanya kecil namun logam berat merkuri ini tidak selayaknya ada pada kosmetik.
Cara membedakan lipstik yang aman:
  • Belilah lipstik yang terjamin mutunya, jangan pilih lipstik palsu. Biasanya lipstik aspal (asli tapi palsu) ini menggunakan merk-merk lipstik terkemuka tapi jika di cek di katalog ternyata produk lipstik ini tidak pernah di produksi.
  • Lipstik palsu biasanya harganya luar biasa murah, jauh di bawah rata-rata.
  • Selain baunya yang menyengat hidung, warnanya juga mencolok mata dan lebih terang dari aslinya.
  • cermati kode pendaftaran di label lipstik, apakah sudah terdaftar di Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM), biasanya bisa di cek di website
  • Kalau masih belum yakin juga bisa di uji di belakang telinga
Nah sudah tahukan ciri-ciri lipstik yang menggunakan rhodamin b dan tidak. tapi yang paling aman rawat juga bibir dengan seksama secara rutin. Jangan lupa bersihkan bibir secara seksama setelah memakai lipstik. Walaupun ringan tetap saja lipstik mengandung bahan-bahan kimia.
Selain perawatan jangan lipa minum air putih sebanyak-banyaknya agar bibir tetap sehat dan juga jaga pola makan yang seimbang.

Untungnya sekarang banyak cara untuk memperindah bibir, mau pilih yang tradisional ada, dan yang instan juga ada. Kalau di Indonesia nenek moyang kita memiliki kebiasaan mengunyah sirih, ternyata salah satu tujuannya untuk penampilan bibir makin merah merona. Kinang dan sirih di tambah sedikit gambir yang dikunyah akan menghasilkan warna kemerahan alami. Selain berfungsi memerahkan bibir, sirih juga membantu menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi.

Tapi menyirih di jaman sekarang yang serba praktis dianggap repot dan dianggap ketinggalan jaman, kini banyak wanita yang memilih cara praktis untuk mempercantik bibir yaitu dengan sulam bibir. dengan teknik sulam bibir kita bisa tampil dengan bibir merah merona tanpa polesan lipstik.

Bagi para perokok yang bibirnya berwarna kehitaman sulam bibir bisa disulap menjadi merah. Sulam bibir mampu bertahan 2-3 tahun dan pewarnanya akan pudar dengan sendirinya seiring waktu. Asalkan dilakukan dengan orang yang tepat, sulam bibir ini aman meski begitu sebelum melakukan tritmen ini pastikan anda tidak menderita alergi dengan pewarna yang digunakan. Cermati juga semua peralatan sulam bibir agar tetap steril dengan begitu tidak bakal ada efek samping.

Tapi sekali lagi tetap jaga utamakan perawatan bibir, kesehatan dan tubuh dengan menyantap makanan kaya gizi dan olah raga maka anda akan mendapatkan tubuh yang sehat, bibir yang indah dan seksi. (L)



1 komentar: