22/12/12

Tanggal 21 Bulan 12 Tahun 2012

Kalender suku maya yang berakhir pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 banyak di implementasikan sebagai akhir dari dunia. Memang ramalan itu tidak terbukti namun pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 ada fenomena yang dinamakan badai matahari yang terjadi akibat adanya kompetifitas magnetik yang menyebabkan ledakan-ledakan di bagian korona matahari. Badai matahari yang terjadi dalam siklus 11 tahunan tersebut akan berdampak pada sistem komunikasi satelit di orbit bumi. Badai matahari yang terjadi dalam hitungan menit hingga jam tersebut juga akan mengganggu sistem listrik di bumi dan berpotensi merusak jaringan listrik serta sistem komunikasi meski tidak akan berdampak langsung pada manusia namun secara komulatif badai matahari juga akan berpengaruh pada iklim di bumi. Salah satunya merupakan musim dingin di belahan bumi utara seperti pada 2009 silam. kenaikan suhu bumu pun dipastikan akan terjadi namun tidak akan berimbas negatif pada negara di kawasan khatulistiwa seperti Indonesia.

Kiamat tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 bukanlah isu pertama soal tibanya hari akhir. Datangnya kiamat telah menjadi pertanyaan besar sepanjang peradapan manusia. Kontrofersi berakhirnya dunia atau kiamat yang jatuh pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 mulai muncul sejak ditemukannya prasasti suku maya tertanggal 669 Masehi di Tortuguero, Meksiko. Suku maya kuno yang dikenal maju dalam ilmu matematika dan perhitungan astronominya telah meramalkan usia kalender bumi mencapai 5126 tahun, maka ketika peta astronomi mereka dipindahkan ke kalender gregorian yang digunakan secara standar saat ini waktu perhitungan bangsa maya pun berhenti pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012. Akhir masa tersebut akan ditandai dengan datangnya bencana dasyat menuju masa yang baru. namun tak semua orang yakin akan ramalan suku maya itu, mereka percaya hari kiamat tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya karena merupakan rahasia Tuhan.

Kiamat tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 bukanlah isu pertama soal tibanya hari akhir. Datangnya kiamat telah menjadi pertanyaan besar sepanjang peradapan manusia. Isu kiamat pernah muncul seperti tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 atau pada perayaan tahun baru tanggal 1 bulan 1 tahun 2010, ketika beredar isu kegagalan komputer secara global. Padahal agama mengajarkan tak ada seorangpun manusia yang tahu kapan hari akhir itu akan tiba. Bagi umat islam mempercayai hal-hal yang bersifat ramalan dilarang oleh agama. Percaya pada ramalan hari akhir pada dasarnya sebagai wujud ketakutan manusia akan datangnya kematian.

Tuhan menciptakan alam sebaik-baiknya dan mengatur segala yang terjadi di dalamnya. Menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk memelihara alam dengan baik agar terhindar dari bencana. (L)


0 komentar:

Posting Komentar