17/12/12

Awas Logam Berat pada Cream Pemutih

Punya kulit mulus putih bersih dan kencang mau....???? memang penampilan yang cantik dan menarik bikin tambah PD alias percaya diri. Walaupun tak semua pria melihat cewek dari kulit putihnya saja, meski begitu tetep ya cewek-cewektertarik saja dengan iklan produk pemutih kulit dan rajin memburu teknik pemutihan kulit terbaru alasannya macam-macam namun rata-rata banyak yang gak PD jika berkulit gelap. Masalahnya tidak semua cewek dilahirkan berkulit putih, makanya masih ada saja yang berusaha membikin kulit wajah menjadi kinclong.

melihat tingginya permintaan produk pemurih kulit instan gak heran kalau akhir-akhir ini banyak banget beredar produk-produk kecantikan yang mengklaim bisa bikin kulit muka putih dan kinclong dalam sekejap. Hanya dalam waktu 2-3 minggu kulit putih mulus idaman di dapat, wow...., tawaran yang cukup menggoda kan.....??? Produk yang di tawarkan pun cukup beragam dan kebanyakan mengklaim produk-produknya terbuat dari bahan herbal yang aman bagi kulit, yang lagi tren krim berbahan dasar burung walet sampai alga meski tanpa ijin edar yang resmi dan gak pakai merk, krim kinclong ini laris manis di pasaran. Kebanyakan di jual via online, tinggal pesan barang siap di antar. 

Padahal idealnya produk perawatan kulit butuh waktu berbulan-bulan untuk bekerja secara maksimal, mungkin sekitar 4-6 bulan baru kulit akan terlihat lebih cerah. Jadi tidak ada cuma 3 hari pakai, seminggu pakai, satu bulan pakai langsung bagus, kayaknya jarang buat yang aman, cepat memutihkan biasanya mengandung merkuri. Haaaaa...., merkuri.....??!!

Menurut data dari badan pengawas obat dan makanan (BPOM)  setiap tahunnya ada saja produk yang ditarik dari pasaran karena mengandung bahan kimia berbahaya. Pada produk tersebut salah satu bahan kimianya yang digunakan adalah logam berat (merkuri). Penggunaan merkuri memang memiliki efek yang cepat untuk memutihkan wajah. Padahal merkuri atau air raksa merupakan sejenis logam cair yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan baterai, desinfektan,antiseptik dan zat berat yang lainnya.

Salah satu khas kosmetika yang mengandung merkuri jika pemakaian di hentikan wajah akan kembali kusam, menghitam dan timbul banyak flek pada kulit, malahan efeknya bisa lebih parah dari sebelumnya. gak heran kalau penggunaan merkuri dilarang keras dalam pembuatan kosmetik. Untuk sebagian Wanita pasti punya donk yang namanya krim pagi, krim malam, pelembab atau hanya sekedar lotion pencerah kulit. Cewek-cewek memang sudah tidak segan-segan lagi untuk berexperimen menggunakan beragam produk pemutih terutama pemutih wajah, sayangnya banyak yang memilih cara instan pakai produk yang di jual bebas di pasaran tanpa ijin resmi.

Secara kedokteran yang penting tidak merusak sel, karena kadang-kadang yang sampai merusak sel itu yang  dirusak bukan hanya melanin yang bikin coklat tapi juga sel yang sehat itu dirusak dan itu berbahaya. Padahal meski hanya di oleskan di permukaan kulit, racun merkuri akan terserap oleh darah dan dialirkan ke seluruh tubuh, jika mengendap di ginjal bisa mengakibatkan gagal ginjal serta meracuni sistem pencernaan dan syaraf. Pada tingkat ringan merkuri mengakibatkan indra perasa dan penciuman tak berfungsi dan si penderita mudah lelah sampai sakit kepala, dan untuk tingkat yang lebih parah penderita jadi sulit bicara bahkan kematian.

Hampir semua krim pemutih yang di jual bebas di pasaran sebagian besar positif mengandung merkuri, sebaiknya hati-hati kalau memulih kosmetik dilihat dahulu merk dagangnya, pastikan sudah terdaftar di badan POM, jangan cepat terpancing harga murah, dilihat juga bahan yang digunakan. Gak perlu memaksakan untuk jadi putih, aneh juga kan kalau kulit wajahnya putih namun kulit badanya malah hitam. Yang penting rawat wajah agar tidak terlihat kusam dan makan makanan makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh dengan begitu kecantikan alami akan terpancar dengan sendirinya. (L)

0 komentar:

Posting Komentar