13/05/17

Jamu Gendong


Pagi-pagi sudah di tawari jamu, ya 'iya' aja mah kalau ini. Di jaman sekarang sudah jarang di jumpai penjual jamu gendong, kalaupun ada paling sudah pakai sepesa motor buat jualan, itu juga tidak banyak penjual. Yang lagi ngetren ya jual jamu mangkal yang kebanyakan dagangannya adalah jamu seduh. Kalau yang itu aku belum pernah coba.

Ya walaupun hanya jamu kunir asem suruh itu buatku sudah cukup lah, kalau yang lain hmmmmmm... mikir dulu apa lagi yang biasa di minum simbok langsung ngacir aja dah angkat kedua tangan, ga kebayang pahitnya kaya apa yang di minum brotowali itu masih di campur beberapa macam ramuan jamu lain dan parahnya ibuk tidak mau dikasih beras kencur untuk 'tombo'setelah menghabiskan jamu pesanannya.

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan,walaupun kita minum jamu yang kagak pahit tetep saja dikasih beras kencur setelah habis meminum jamu pesanan baik kita merasakan pahit ataupun tidak setelah meminum jamunya.

Penjual jamu gendong sekarang sudah jarang, bukan hanya karena tidak ada generasi penerus tetapi juga sudah jarang yang mengkonsumsi jamu gendong. Padahal jamu banyak banget manfaatnya buat tubuh, bisa bikin seger, ngilangin capek serta pegel. Aku pernah baca artikel bahwa jamu bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Jamu yang bahan dasarnya dari tumbuhan apotik hidup adalah ramuan tradisional yang dibuat turun-temurun dari jaman dulu dan sudah terbukti khasiatnya makanya sekarang banyak pabrik jamu yang meraciknya menjadi minuman ataupun bentuk serbuk agar lebih praktis dibawa dan dikonsumsi.

Sekarang orang-orang lebih suka praktis dengan membeli minuman instan yang banyak di jual di minimarket ataupun di pusat perbelanjaan dan sudah terbungkus cantik di dalam kaleng ataupun di botol. Jujur aku belum pernah beli jadi ga tau rasanya seperti apa, eeh pernah beli tapi titipan teman waktu ke minimarket, katanya seh enak dan manis ga ada pahitnya sama sekali.

Bagaimanapun aku tetep suka jamu gendong, walaupun hanya beli kunir asem yang saat di seruput masih brasa sedikit hangat itu tanda fres dari kompor, itu juga belinya tidak tiap hari selalu aku beri jeda. Ya kalau ada yang jual jamu gendong lewat di depan rumah teman-teman belilah, selain menyegarkan tubuh juga untuk membantu perekonomian mikro yang untungnya juga ga seberapa bila dilihat dari cara buatnya yang ribet dan capek masarinnya.

Kalau perlu buat sendiri di rumah malah lebih bagus. Bisa lebih terkontrol manisnya, jadi manfaat dari setiap bahan yang di oleh lebih nendang dan bisa benar-benar dirasakan tibuh. Jadi pengen buat kunir asem deh kaya dulu, aaaah ntar turun beli kunir siapa tau bisa ber-eksperimen dan mendapatkan ramuan yang pas lalu bisa jadi sumber bisnis baru. Lalalalala.... (13/05/17)

::
Kalau suka minum jamu keseringan ya, kalau bisa jangan setiap hari kasih jeda untuk mengkonsumsinya. Selain itu perbanyak minum air putih. 

0 komentar:

Posting Komentar