09/06/17

Menghilangkan Kerak di Penggorengan

Bagi buibuk yang terbiasa bermain di dapur pastinya tidak asing dengan gambar penggorengan seperti di ini. Kerak dari sisa masakan yang melekat erat di penggorengan tak jarang membuat permasalahan tersendiri pada buibuk, gimana tidak kerjaan masih banyak ditambah harus membersihkan kerak membandel di penggorengan. Belum lagi jika penggorengannya ingin dipakai lagi aaaah bikin capek pikiran mencari cara agar kerak membandel ini bisa putus dengan penggorengan (pasangan yang tak diharapkan, hehehehe...).

"Bagaimana cara menghilangkan kerak di penggorengan dengan cepat dan tanpa melukai penggorengan....????"
Bila cara menghilangkannya dengan merendam dengan air terlebih dahulu sebelum di cuci bakal memakan waktu yang lumayan lama, itupun juga tidak bisa sepenuhnya mengelupas. Butuh tenaga untuk menggosoknya lagi saat mencucinya. Kalau pakai spon kasar bisa menggores penggorengan, kalau pakai spon halus sampai kapan coba bersihnya.

"Lalu bagaimana cara mengatasinya...."
Mau tau caranya...., sebenarnya gampang saja dan ga perlu tenaga ekstra keras untuk memberaihkan kerak membandel di penggorengan. Bila buibuk mengalami hal sepeti ini coba saja buibuk taruh penggorengan yang sudah dikasih air di atas kompor yang menyala (diperjelas, siapa tau ada yg hanya menaruhnya di atas kompor mati) ngasih airnya lumayan banyak ya, kira-kira sampai menutup kerak lah sambil di aduk-aduk (ceritanya ini lagi menggoreng air). Aduk... aduuuuk... terus aduk sampai airnya menjadi keruh dan keraknya mulai terkelupas. Bila menggorengnya lama kerak bisa keangkat semua tapi jika penggorengannya akan dipake lagi ya ga perlu mengelupas sampai bersih karena bila dicuci keraknya sudah bisa terangkat semua, penggorengan kembali bersih dan siap dipakai kembali. Selamat mencoba... (09/06/17)

0 komentar:

Posting Komentar