15/01/13

Lupa... Lupa... Lupaaa.....


Pernah gak ngalamin lupa, seperti lupa dimana meletakkan kunci naruhnya dalam kantong tapi ingatnya justru di dalam tas atau cari-cari kacamata ternyata bertengger manis di atas kepala. Jangan remehkan sering lupa ya karena penyakit lupa yang di picu penyakit demensia, hingga saat ini belum ada obatnya. Biasanya kalau sudah lupa ada saja kejadian seperti lupa menaruh benda, lupa nama seseorang dan lain sebagainya. lupa sebenarnya adalah pertanda menurunya ingatan dan kualitas kinerja otak demensia alias pikun, bisa dipicu berbagai faktor salah satunya menyerang seseorang yang usianya diatas 65 tahun. 

Sekarang pikun tidak hanya menyerang mereka yang sudah tua dan berusia kepala lima, proses penurunan memary otak ternyata sudah terjadi sejak usia 30 tahun. Jangan anggap remeh demensia, mereka yang mengidap demensia biasanya mengalami kualitas hidup karena pikun menyebabkan pengidapnya sulit berinteraksi akibat menurunya fungsi ingatan. Sebenarnya lupa alias pikun atau bahasa kedokterannya demensia adalah satu kumpulan gejala berupa gangguan fungsi intelektual yang menurun secara drastis dan semakin progresif, biasanya gangguan tersebut mengganggu fungsi aktifitas sehari-hari dari orang tersebut.

Pikun di usia produktif bisa juga disebabkan oleh gaya hidup, misalnya saja kebiasaan mengkonsumsi minuman berarkohol alkohol jelas-jelas mempengaruhi fungsi otak, kurang tidur dan stres berkepanjangan juga bisa membuat pikun sebab sejatinya otak membutuhkan oksigen dan glukosa untuk bekerja. Jika otot tidak beristirahat maka suplai oksigen akan berkurang dan otak tidak akan berfungsi dengan baik. Penyakit seperti diabetes, darah tinggi serta kolestrol ternyata berperan bisa mempercepat proses kepikunan. Ada banyak penyebab orang menjadi pikun, lebih baik hindari pemicu-pemicunya sebab hingga saat ini penyakit demensia belum ada obatnya. Menjaga lebih baik daripada mengobati karena memang obat untuk demensia belum ditemukan.

Selain demensia ada juga amnesia yang berkontribusi menyebabkan seseorang menjadi lupa. Kalau demensia membuat kemampuan seseorang sedangkan amnesia mengakibatkan terganggunya fungsi memari seseorang, gangguan memori bisa berlangsung jangka pendek hingga jangka panjang. Bedanya dengan demensia, amnesia adalah bentuk kehilangan ingatan yang tidak mengganggu kecerdasan, pengetahuan umum, kesadaran dan kepribadian seseorang. Yang menyebabkan orang bisa emnesia ada berbagai macam salah satunya adalah mereka yang mengalami trauma hebat. Jangan anggap enteng kehilangan memori bisa menimpa siapa saja dalam kehidupan nyata. Gak cuma bentuk fisik yang bisa membuat ingatan seseorang linglung, trauma mental juga bisa.

Agar tidak cepat pikun yang bisa di praktikan sendiri di rumah. Ada banyak cara untuk melatih otak bahkan sambil bersantai sekalipun, bermain catur misalnya permainan ini memang dikenal sebagai permainan yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan kemampuan mengantisipasi gerakan lawan. Bermain puzzle juga bisa melatih daya ingat, hobby mengisi teka teki silang (TTS) ini juga bagus untuk melatih otak, ( selama jawabannya gak asal-asalan yaaa.....). Ada juga gerakan yang namanya senam otak. Senam otak akan menyeimbangkan koordinasi antara otak kanan dan otak kiri, sebab seluruh anggota gerak tubuh bagian kanan dan kiri bergerak berdasarkan perintah otak, tapi kita jarang mengaktifkan otak sebelah kanan kita. coba sekali-kali gosok gigi pakai tangan kiri memang agak sulit begitu agak sulit itu otak kita jadi bekerja, jadi otak kita digunakan disitu bagaimana caranya gosok gigi menggunakan tangan kiri enak luwes dan untuk itu kita harus membiasakan. olah raga juga perlu untuk kesehatan otak peredaran darah yang sehat akan membuat aliran oksigen dan zat makanan tersebar merata ke seluruh tubuh termasuk kedalam otak.

0 komentar:

Posting Komentar