12/06/12

Pantai Kukup "Tanah Lot di Gunungkudul"


Pantai Kukup saat mendung
Sekarang saatnya bermain air di Pantai Kukup yang letaknya berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Baron. Jaraknya pun tidak begitu jauh dari Pantai Krakal cuma 6 kilometer, dengan masih menggunakan pakaian yang masih basah gara-gara habis main air di Pantai Kukup kami menuju kesana. Sesampainya disana pandangan mata tertuju ke sebelah timur, ada sebuah batu karang besar yang ada di tengah laut bagaikan sebuah pulau kecil yang di hubungkan dengan jembatan. Tanpa pikir panjang langkah kakipun menuju ke sana.

Jembatan menuju Gardu Pandang
Jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunungkidul Yogyakarta ada Pantai Kukup, Pantai yang memiliki gardu pandang di tengah laut ini bisa digunakan untuk menikmati pemandangan. Untuk sampai ke gardu pandang harus melewati jembatan yang terbentang. Jalan mendaki yang sengaja dibuat sebagai akses ke karang semakin memanjakan para pengunjung. Dari gardu pandang dapat dilihat pemandangan air laut yang biru berpadu dengan langit cerah, hamparan pasir putih dan bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai serta angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berada disini.
Pantai Kukup
Tempat yang bagus buat refresing menenangkan pikiran setelah pengat dengan rutinitas sehari-hari yang sangat menyita pikiran Anda. Decak kagum tak henti-hentinya saat melihat pamandangan yang benar-benar menanjakan mata. Sungguh indah karunia Sang Pencipta, kesempurnaan tiada duanya.
Pemandangan dari Gardu Pandang
Keceriaan dalam Kebersamaan
Setelah puas menikmati pemandangan dari atas bukit karang kini saatnya bermain air. Walaupun ombak di pantai Kukup tidak begitu besar karena ombak yang datang sudah di halau oleh karang-karang yang ada di tengah laut menjadikan ombak yang sampai di tepi laut tidak begitu besar. Tidak seperti pantai-pantai lain, namun Anda tetap harus hati" jangan terlalu jauh ke tengah saat bermain air karena terdapat patahan. Sebelum menceburkan diri ke air pengunjung harus hati-hati, karena banyak karang dilaut dangkalnya.
Terdampar diantara Ombak
Bila Anda melihat ke dasar laut di sela-sela karang Anda akan melihat ikan-ikan hias beraneka macam. Anda bisa berburu ikan-ikan hias dengan tangan kosong atau dengan menggunakan jaring kecil yang dijual di tepi laut. Namun susah juga untuk menangkap ikan di pantai ini, ikannya terlalu lincah dan gesit berlarian kesana kemari saat mau ditangkap. Anda juga bisa membeli ikan-ikan hias yang di jajakan di sepanjang jalan menuju pantai, tapi jangan lupa untuk menawar ya.

Istirahat Setelah Lelah Mencari Ikan
Selain bermain air pengunjung juga bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain pasir putih yang terhampar luas sepanjang pantai. Jika tidak mau berpanas-panasan anda bisa berteduh di batu karang yang memebentuk sebuah goa yang ada disekitar pantai. Bersantai sambil minum es kelapa muda sambil memandangi dan mendengarkan debur ombak yang menari-nari dilaut lepas, atau anda juga bisa berteduh sambil menggelar tikar buat makan bekal yang dibawa dari rumah bersama teman atau keluarga. Suatu pengalaman penuh kesan.


Jadikan hari anda penuh makna, saatnya melanjutkan perjalanan, mariii..... ;)

Kunjungi juga ya Pantai Krakal dan Pantai Baron yang masih berada dalam satu area yang sama.(L)



0 komentar:

Posting Komentar