17/07/13

Berkenalan Lewat Internet

Internet seakan bagai pisau bermata dua selain menjadi sarana untuk mengakses informasi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memperluas pergaulan. Di jaman yang serba canggih ini kita dimanjakan dengan adanya begitu banyak penyedia jejaring sosial pertemanan. Dengan media ini pengguna bisa berkomunikasi dengan teman, berkenalan dengan seseorang yang jauh di pulau bahkan yang berada di luar negeri sekalipun tanpa ada hambatan. Selama tempat tersebut bisa diakses internet maka pengguna cyber bisa terhubung dan berkomunikasi dengan lancar.

Dari sekitar 50 juta pengguna internet di Indonesia, sebagian besar diantaranya adalah remaja. Dengan pemahaman internet yang minim, kondisi ini dapat menjadi bumerang bagi mereka dan berujung pada pelecehan hingga perkosaan. Remaja adalah korban yang paling mudah terjerat aksi cyber stokcing atau penguntit prifasi di internet. Pemahaman internet yang minim kondisi ini bisa berujung pada tindakan pelecehan bahkan perkosaan. Di Indonesia, ada 40-60 juta pengguna internet.

Dari 245 juta penduduk Indonesia, jumlah pengguna internet mencapai 50 juta jiwa, dan hampir 90% diantaranya merupakan pengguna berusia dibawah 35 tahun. Berdasarkan surve sekitar 70% remaja yang sedang online mengaku mendapat pesan pribadi dari seseorang yang tidak mereka kenal. Dan ironisnya sebagian dari mereka meneruskannya dengan berbagi informasi pribadi. Padahal hal itu merupakan tindakan yang salah karena bisa berujung pada tindak kejahatan. Terlalu gampang percaya semua informasi yang ada di internet, jagalah data diri pribadi kita dengan baik.

Perkembangan informasi yang semakin pesat di dunia maya mau tak mau harus dibarengi dengan penggunaan yang bijaksana. Dengan banyaknya kasus penculikan melalui jejaring sosial sudah saatnya orang tua melakukan pendampingan kepada putra putrinya agar menggunakan internet secara benar dan sehat. Menjadi orang tua harus bertanggung jawab, dengan adanya kesibukan jangan sampai kita dikalahkan oleh teknologi sehingga anak-anak remaja kita menjadi korban. Tapi sebaiknya orang tua juga jangan gaptek, mau gak mau orang tua belajar juga mengikuti teknologi sehingga anak-anak remaja kita terutama remaja putri gak jadi korban kegalauan yang gak jelas.

Banyaknya pengguna internet di Indonesia tentu akan selalu menjadi celah bagi pelaku tindak kejahatan. Tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal dan menggunakan internet secara sehat bisa menjadi cara awal menangkal semua kejahatan yang dimulai dari internet.(L)


0 komentar:

Posting Komentar