06/07/13

Sejuta Manfaat Manggis

Manggis, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini saat musim, buah berwarna ungu pekat ini biasanya akan menjadi primadona yang selalu di cari orang banyak. Pasti belum banyak yang tau kalau manggis ternyata adalah ratu dari segala buah alias queen of fruit. Julukan ini jatuh pada buah manggis karena manfaat buah manggis yang berlimpah ruah mulai dari kulit buahnya, daging buah, sampai bijinya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manggis termasuk tumbuhan jenis pohon hijau abadi dari daerah tropika tumbuhan ini banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara dan tumbuh di wilayah yang berkelembaban tinggi.

Di Thailand buah manggis di jemur dan dikeringkan untuk membuat bahan kosmetika seperti shampo dan sabun yang bisa menghaluskan dan mencegah penyakit kulit, di Malaysia kulit manggis yang digiling secara tradisional banyak dijadikan obat untuk mengobati penyakit malaria, TBC, penyakit kulit serta diare dan disentri. Akar pohon manggis ampuh untuk mengobati nyeri akibat siklus haid yang tidak teratur, bahkan di negara Filipina ekstra kulit batang pohon manggis digunakan untuk mengatasi sariawan, diare, disentri, dan nyeri perut.

Tapi setelah makan isi buahnya jangan buang kulitnya sebab bagian dalam kulit buah manggis mengandung xamthone. Xamthone adalah senyawa anti oksidan yang melawan radikal bebas. Negara-negara maju seperti Amerika, Inggris dan Jerman sudah memanfaatkan ekstra kulit buah manggis sebagai suplemen diet, anti oksidan, anti radang, anti bakteri, anti diabetes, dan anti kangker. Xamthone telah terbukti mengurangi kelebihan LDL (low density lipoprotein) alias kolesterol jahat yang menempel dan menyempitkan pembuluh darah didalam tubuh. Xamthone pada kulit buah manggis sudah sejak lama dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kangker bahkan aktif menghambat sel kangker, mulai dari kangker hati, pencernaan, paru-paru, bahkan leukimia. Dengan semua kebaikan yang dimilikinya manggis pun akhirnya dimasukkan dalam golongan tanaman obat.

Buah bercita rasa asam, manis dan segar ini juga dicintai anak-anak apalagi anak-anak dengan aktifitas yang tinggi dan dalam masa pertumbuhan. Vitamin C yang tinggi membuat manggis cocok dijadikan cemilan sehari-hari. Selain baik untuk kesehatan ternyata buah manggis baik juga untuk kecantikan, kaum hawa yang ingin tampil langsing dan memiliki kulit bercahaya ada baiknya mulai mengkonsumsi buah manggis, sebab buah manggis kaya vitamin C dan anti oksidan tinggi rumah-rumah kecantikan pun mulai melirik manggis sebagai salah satu treatment untuk mendapatkan kulit yang sehat alami. 

Kandungan xamthone yang terdapat pada kulit bagian dalam manggis ternyata mampu menurunkan berat badan, sebab xamthone menstimulasi tubuh untuk menghindari lemak yang berlebihan. Anti oksidan yang tinggi juga membuat manggis mampu memperbaiki sel antibody dari bakteri jahat dan radikal bebas yang berkeliaran. Buah manggis memang gak cuma enak buat dimakan, tapi sekarang banyak rumah-rumah kecantikan yang mulai memanfaatkan ekstrak kulit manggis untuk mengencangkan kulit.

Kandungan xamthone pada buah manggis diketahui bermanfaat untuk mencegah timbulnya aneka jamur yang merugikan tubuh. Ektra xamthone pada kulit manggis mampu mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga cocok sekali untuk para wanita yang ingin selalu tampil muda, dan tampak segar dalam balutan kulit yang bersih dan kencang. Rumah-rumah kecantikan mengedepankan perawatan dengan ektra buah manggis karena manfaat dari buah manggis, karena didalamnya terdapat vitamin C lima kali lebih besar dibanding buah lainnya, jadi bagus untuk menjaga kecantikan kulit, selain itu juga mengandung anti oksidan untuk menangkal radikal bebas.

Semua yang terlalu banyak dan berlebihan dikonsumsi pastinya gak baik, sama seperti mengkonsumsi manggis. Jadi untuk dikonsumsi untuk buah sehari-hari juga cukup bagus, tapi tetap walaupun rasanya enak jangan banyak juga mengkonsumsi buah manggis karena bisa berakibat pada gangguan pencernaan. Kalau ingin mendapat manfaat buah manggis secara maksimal ada baiknya mulai sekarang jangan hanya mengkonsumsi buahnya saja tapi mulailah mengkonsumsi juga jus kulit manggis yang kaya xamthone. Anti oksidan xamthone pada kulit manggis lebih tinggi bila dibanding dengan kulit buah lainnya. Super anti oksidan ini sayangkan kalau di buang begitu saja tanpa dimanfaatkan sama sekali. Membuatnya gak sulit kok, pisahkan kulit manggis dari buahnya, tapi jangan buang biji buah manggisnya ikut sertakan biji manggis yang kaya lemak, gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit manggis sarat xamthone yang sudah dibersihkan, pisahkan dari bagian kulit kerasnya campur dengan sedikit air lumatkan dengan blender, jus kulit manggispun siap dikonsunsi. Supaya lebih nikmat bisa menambahkan sedikit madu atau gula sesuwai selera.

Kulit manggis yang kaya xamthone juga ampuh menurunkan berat badan, sebab xamthone punya kemampuan untuk mengikis lemak jahat alias LDL dari dalam tubuh dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, yang paling fenomenal adalah kemampuan xamthone menangkal pertimbuhan bahkan menghancurkan sel kangker di dalam tubuh. Manfaat manggis khasiat utamanya selain mengandung vitamin C dan anti oksidan tinggi yang anti oksidan itu sendiri bisa berperan di dalam tubuh untuk menangkal radikal-radikal bebas yang masuk kedalam tubuh jadi untuk menangkal penyakit-penyakit kangker, tumer cukup bagus untuk kita konsumsi manggis.

Selain bisa di olah menjadi jus kulit manggis bisa di oleh menjadi teh, teh kulit manggis terbuat dari kulit buah manggis dan daun teh, gak cuma dijadikan teh celup saja manggis sekarang juga bisa diolah menjadi sirup, sirup manggis berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh ada baiknya sirup manggis diminum tidak dalam kondisi perut kosong. Waspadai produk-produk xamthone yang tidak sehat sebab kulit buah manggis mengandung resin, tanin, serat kasar, serta beberapa komponen lain yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Jika sangsi dengan produk xanthone dalam kemasan ada baiknya memproduksi sendiri jus xanthone di rumah.

Kalau Anda ingin membeli buah manggis pastika Anda membeli buah yang berkuwalitas. Cari buah manggis yang warna kulitnya merahnya legam cantik, jangan ada warna pucatnya, kalau kulitnya ditekan bisa masuk. Satu lagi fakta unik tentang manggis, buah manggis ternyata tidak dapat membusuk. Saat buahnya jatuh ketanah pun jika dibiarkan buahnya tidak akan lembek dan busuk namun akan mengeras seperti kayu.


0 komentar:

Posting Komentar