29/10/18

Akar


Aku bukan sebuah lilin yang sesaat menyala,menerangi dalam kegelapan bagi beberapa orang saja dengan mengorbankan dirinya untuk melebur hingga tak tersisa. Aku adalah akar yang berjuang untuk hidup dan menopang banyak kehidupan.
Aku ada. Bertahan dan berjuang untuk diri sendiri namun juga berguna untuk banyak orang juga makhluk lain.

Untuk bertahan hidup tidaklah mudah, setiap musim memiliki cara masing-masing agar bisa melaluinya hingga batang terus tumbuh besar, ranting tumbuh ke berbagai arah, dan daun yang rindang bisa untuk berteduh hingga berbuah lebat.
Meskipun menjadi tumpuan, akar tak pernah sekalipun menyombongkan diri hingga ingin dilihat dan dianggap titik terpenting kehidupan dari sebuah pohon. Tak pernah sekalipun akar berdalih menjadi legenda, akar akan tetap berada di balik tanah dan terus berjuang guna menyambung hidup.

Ketika pujian itu datang, tak ada yang membicarakan tentang akar melainkan ditujukan kepada batang yang kuat, bunga yang indah dan buah yang lebat, tapi tak ada masalah untuk akar tetap tinggal di kegelapan tanpa dikenal juga di puji. Akar akan berusaha agar batang terus tumbuh besar, kuat, menahan segala goncangan yang berusaha untuk merobohkan batangnya.

Tidak mudah perjuangan untuk akar agar bisa tumbuh hingga menjadi pohon besar dan bisa menjadi tempat hidup bagi makhluk lain juga bisa menjadi tempat berteduh dikala panas ataupun hujan. (28/10/18)

0 komentar:

Posting Komentar