28/06/13

Patah Tulang

Salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting adalah tulang, tulang merupakan penopang tubuh sekaligus pelindung organ-organ tubuh di dalam. Tubuh manusia terdiri beberapa bagian tulang yang memiliki fungsinya masing-masing. Tulang manusia mulai terbentuk semenjak bayi berada di dalam kandungan dan terus berlanjut hingga dekade ke dua dalam susunan yang teratur.

Sebagai penopang tubuh, tulang memegang peranan sangat penting dalam setiap aktifitas kita. Sebagai penopang badan tulang terkadang mengalami kerusakan atau cidera akibat kecelakaan seperti terjatuh dari ketinggian tertentu. Bila jatuh dari ketinggian tergantung dari ketinggian jatuh dan posisi pada saat kita jatuh. Apabila kita jatuh dalam posisi berdiri maka yang sering terjadi adalah cidera pada pergelangan kaki atau cidera pada pinggulnya, atau tulang belakangnya. Apabila kita jatuhnya dalam posisi jatuh ke belakang, maka yang kemungkinan cidera biasanya adalah pada bagian belakang kepala, mungkin tulang belakang dari leher sampai tulang ekor, atau mungkin tulang-tulang yang di bahu.

Liputan6.com, Jakarta : Vokalis Kla Project, Katon Bagaskara diberitakan mengalami musibah terjatuh dari panggung konser Reuni Persahabatan 8 Bintang di Lapangan D, Senayan Jakarta, Sabtu (18/5/2013). Saat ini, Katon dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta.
Ditemui secara khusus oleh tim Liputan6.com di lantai 3 kamar 341 RSPP, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2013), Katon yang masih terbaring lemas menceritakan kronologi kejadian hingga dirinya terjatuh dari panggung dan pingsan.
"Pas lagu 'Yogya' saya ambil Iphone saya , masih ada memorynya, saya mau recordpenonton nyanyi lagu Yogya, bagus banget. Saya sampe ke ujung panggung," kata Katon kepada Liputan6.com sambil terbaring di RSPP, Jakarta, Minggu (18/5/2013).
Tak seperti biasanya, panggung dalam konser itu berbeda dari panggung kebanyakan yang biasa digunakan. Panggung yang digunakan dalam konser itu berbentuk bintang seperti tema konser.
"Entah gimana ujung panggungya itu desainnya nggak seperti panggung biasa. Panggung biasa kan kotak, ini panggungnya kayak bintang. Jadi ujung panggungnya lancip seperti bintang," ujar Katon.
Saking asyiknya, pelantun Yogyakarta itu tak memperhatikan sekelilingnya. Sehingga dia terpeleset dan jatuh dari panggung yang tingginya sekitar 1,75 meter hingga mengakibatkan tulang belikatnya patah.
"Pas saya lagi di ujung capture penonton, kaki kiri saya kepeleset, tulang belikatnya patah, retak-retak, kuping berdarah," pungkasnya.(Pur/Adt) (sumber:http://showbiz.liputan6.com )

Kasus Katon Bagaskara misalnya vokalis group band kenamaan kla project ini terjatuh dari panggung saat konser. Tulang belikat Katon pun cidera. Tulang belikat adalah salah satu bagian tulang yang terdapat di dalam tubuh manusia, tulang berbentuk seperti segitiga ini dilapisi oleh otot-otot yang tebal berfungsi sebagai "lampiran" untuk beberapa otot pada bagian lengan, leher, dada, punggung, serta berfungsi juga dalam mebantu pergerakan lengan dan bahu. Bila tulang ini cidera, satu pergerakan tangan dan bahu akan terganggu maka penyembuhannya pun cukup lama berkisar antara 6-12 minggu, bahkan untuk sembuh benar pasien harus melakukan fisioterapi hingga 6 bulan lamanya.

Memahami pertolongan pertama untuk orang yang mengalami patah tulang amatlah penting, kesalahan dalam membawa korban yang mengalami patah tulang bukan tidak mungkin akan berakibat fatal. Walaupun tulang memiliki hebatnya dia akan sembuh menjadi tulang kembali. Tulang adalah sedikit jaringan di badan kalau yang luka bisa kembali. Misal cidera patah di leher, kalau patah di gerakkan tulangnya bergeser jauh saraf utama bisa putus malah meninggal.

Bagi orang awam ada baiknya menunggu para medis datang saat terjadi kasus patah tulang, untuk menghindari salah penanganan yang bisa memperparah keadaan korban. (L)

0 komentar:

Posting Komentar