22/11/12

Herpes "Datang Secara Tiba-tiba

Di kantor saat sedang asik-asiknya ngobrol sama teman tiba-tiba salah seorang teman memotong percakapan dan bertanya padaku lengan aku kenapa...., secara spontan langsung aku melihat arah lenganku ternyata ooh ternyata....., kulitnya memerah dengan bintik-bintik merah dan ada gelembung-gelembung kecil dan di dalamnya terdapat airnya. Ga begitu bingung juga seh karena aku sudah tau kalau itu penyakit herpes.
Pasti banyak yang bingung mengapa aku tau kalau penyakit itu herpes dan terasa tenang, karena aku pernah  terkena sebelumnya, bukan hanya aku tapi beberapa teman dan adik aku juga pernah menderita penyakit ini. Namun tadinya agak ga yakin juga seh ini benar-benar herpes apa penyakit lain, karena kalau herpes kulit yang memerah akan sedikit panas dan gatal tapi ini tidak terasa panas maupun gatal, makanya hanya aku biarin saja cuma baju agak sedikit aku singsingkan agar tidak mengenai luka sehingga gelembung yang didalamnya ada airnya tidak pecah. Sebab kalau gelembung yang ada airnya itu pecah maka kulit yang terkena penyakit herpes akan menyebar lebih membesar.

Penyakit herpes sering mewabah saat musim pancaroba tiba dan tidak ada gejala-gejala khusus hanya saja tiba-tiba kulit akan memerah dan kalau dilihat akan ada goresan memanjang dan agak perih, saat terkena jangan digaruk karena malah akan menyebabkan semakin besar saja area yang terkena herpes. Tempat tumbuhnya pun bisa dimana saja, kadang di pelipis mata, pipi, tangan, punggung, kaki, dan di anggota badan yang lain. Masih ada yang bingung ya herpes itu apa.....????
Penyakit herpes adalah radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berkelompok. Gelembung-gelembung ini berisi air pada dasar peradangan. Semua oarang dewasa berpotensi  untuk terinfeksi virus herpes., ada yang disertai dengan beberapa gejala dan ada juga tanpa menunjukkan gejala.
Bicara tentang penyakit herpes tak terlepas dari virus yang merupakan mahluk setengah hidup dan berkembang biak dari bahan-bahan sel mahluk hidup lainnya. Untuk menghasilkan serbuan dari sistem kekebalan tubuh, dia akan masuk ke serabut syaraf dan membuat dirinya dalam keadaan tidak aktif, akibatnya sistem kekebalan tubuh akan sulit untuk mendeteksinya. Meski ada obatnya akan tetapi akan sulit untuk mentembuhkannya karena herpes berpotensi mengalami reaktivitas ( kembali membelah)
Terdapat beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya reaktivitas herpes diantaranya adalah: stress, kelelahan yang berlebihan dan menstruasi. Penyakit herpes pun sangat berfariasi. Bila dalam keadaan akut bisa memnebabkan perasaan kulit sangat nyeri dan terbakar atau sebaiknya pasien tidak tahu sama sekali bila dirinya telah terjangkit virus herpes karena dalam beberapa kondisi bersifat silent.
Penggolongan penyakit herpes didasarkan atas jenis virus yang menginfeksi yaitu herpes simpleks dan herpes zoster.
  • Herpes simpleks terbagi 2, yaitu herpes simpleks tipe I (HSV-I) dan herpes simpleks virus tipe II (HSV-II). Herpes yang mengenai daerah mulut dan sekitarnya adalah HSV-I (Herpes Labialis) sedangkan herpes yang menginfeksi kulit di saerah vagina merupakan HSV-II (Herpes Genitalis) yang penularannya melalui hubungan seksual yang menimbulkan gatal-gatal dan nyeri di daerah genital, dengan kulit dan selaput lendir yang menjadi merah.
  • Herpes Zoster disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air. Gejalanya khas, yaitu timbulnya gelembung-gelembung kecil biasanya di daerah punggung, hanya pada satu sisi, dan meliputi daerah persyarafan tertentu. Gelembung-gelembung ini terasa nyeri dan dapat pecah sehingga mudah timbul infeksi oleh bakteri. Penyakit ini bukan penyakit kelamin, dan dapat sembuh sempurna. sumber :metris-community.com
Dari uraian yang aku kutip diatas penyakit herpes yang sedang kita bahas ini tergolong herpes zoster. Untuk penyembuhannya bisa dengan mengolesi salep yang khusus untuk herpes di bagian kulit yang merah-merah tapi usahakan luka jangan sampe pecah apa lagi digaruk karena jika luka keluar airnya akan mudah menyebar ke sekitarnya ataupun ke kulit bagian lain bila terkena air dari penyakit herpes itu. Herpes tergolong penyakit yang penyebarannya sangat cepat, jadi hindarkan pakaian dan luka dari orang lain. Walaupun begitu bila diobati dan dijaga penyakit herpes juga cepat sembuh, toh obatnya juga ga mahal dan bisa didapat di apotek-apotek. Jaga selalu kesehatan anda apa lagi saat musim pancaroba. Salam (L)



0 komentar:

Posting Komentar