04/11/12

Taman KB "Keindahan Kurang Kesadaran"

Taman yang terletak di sekitar jalan Menteri Supeno  tepatnya di belakang Gedung Gubernur Semarang, depan SMU 1 Semarang  merupakan salah satu taman yang ada di jantung kota Semarang. Taman yang di tengahnya terdapat kolam air mancur dengan patung ibu dan dua anak ini oleh masyarakat lebih dikenal dengan  nama Taman KB. Di taman KB banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang senantiasa memberikan kenyamanan tersendiri dengan semilirnya angin yang menjadi suasana menjadi adem dan nyaman.
Tak heran jika taman ini menjadi tempat untuk sekedar bersantai sejenak melepas kepanatan dari rutinitas kerja sehari-hari sehingga Taman KB tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Taman KB memiliki lahan yang cukup luas yang dibagi-bagi untuk berbagai sarana umum.
Bagian Taman KB yang berada di pojok kanan ini terdapat taman bermain yang di peruntukkan untuk anak-anak, wahana permainan yang disediakan antara lain seperti perosotan, ayunan dan arena ketangkasan lainnya, menjadikan taman ini banyak dikunjungi masyarakat yang mengajak buah hatinya untuk bermain. Terlebih arena bermain utuk anak-anak ini dikelilingi pepohonan yang cukup rindang sehingga sinar matahari tidak dapat menerobos masuk,  membuat arena bermain menjadi adem dan nyaman untuk bermain anak-anak.
Sambil menungggu dan mengawasi si kecil yang lagi asik bermain orang tua bisa duduk-duduk di bangku yang ada di sekitar taman bermain tersebut.


Dimanapun tempat yang sekiranya rame oleh alulalang orang-orang, selalu saja ada pedagang yang mencoba mencari keberuntungan dengan menjual baik makanan ataupun barang yang sekiranya laku untuk dijual. Dari pada bengong sambil mengawasi anak-anak yang lagi asik bermain Anda bisa menikmati nasi pecel dan minuman yang dijual disekitar arena bermain tersebut.

Sementara itu di sebelah timur Taman KB kini juga dilengkapi dengan jalur lantai refleksiologi bagi para pejalan kaki. Di jalur ini lantai dilengkapi dengan pegangan tangan untuk membantu berjalan di jalan yang berbatu. Batu-batu kecil yang ada di jalan diatur sedemikian rupa dengan pola yang menarik dan tetap mengutamakan manfaat untuk reflrksiologi bagi pejalan kaki.
Batu yang digunakan pun ada beberapa jenis ini bertujuan agar refleksiologi benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Namun kini besi pegangan itu sudah hilang patah dan jalan yang digunakan untuk pejalan kaki yang dilengkapi dengan batu-batu kecil terlihat terbengkalai tanpa perawatan, ada yang sudah pecah dan jalan ada yang tertutup oleh gerusan tanah yang ada di sekelilingnya akibat terbawa saat hujan datang.
Sangat disayangkan, padahal batu-batu refleksiologi itu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terutama yang sudah tua untuk menjaga kesehatan di waktu pagi maupun sore hari.

Jika ingin sekedar bersantai di Taman KB jangan hawatir, karena disini sudah tersedia bangku-bangku yang tersebar di sekitar taman sehingga memudahkan kita untuk memilih tempat untuk bersantai menikmati suasana sambil melihat lalu lalang kendaraan yang lewat.


Fasilitas lain yang terdapat di Taman KB adalah area serbaguna, biasanya digunakan untuk bermacam kegiatan seperti pentas seni dan lain sebagainya bagi masyarakat luas. Ada empat area yang ukurannya berbeda-beda. Masing- masing terletak di sisi barat, sisi utara, sisi timur dan sisi selatan taman, tiap area dilengkapi dengan tempat duduk. Area yang paling besar terletak di sisi barat taman dan area paling kecil terletak di sisi timur taman. Sedangkan area yang terletak di sisi utara dan sisi selatan ukuran sedang.

Agar tidak ketinggalan berita dan informasi tentang kejadian yang ada di nusantara maupun negara-negara lain,  masyarakat bisa membaca koran yang di pasang di mading. Meluangkan sedikit waktu untuk memperluas wawasan tak perlu mahal karena semuanya gratis.
Di bangunnya mading ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat gemar membaca, membuka cakrawala dunia dan mengasah otak agar tetap aktif berpikir, sehingga kita menjadi masyarakat yang kritis oleh perkembangan jaman di era yang semakin modern ini. Jangan sampai kita nantinya saat ditanya tidak tau menahu tentang apa yang ditanyakan dan sedang terjadi. Malu kan masa cuman ditanya hal yang mudah saja tidak tau, yaah seenggaknya kalau pernah baca dan pernah dengar kita bisa menganalisa sebenarnya apa yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini jadi tidak cuma menduga-duga dan mendengar dari orang lain yang belum tentu tahu benar.

Selain penataan area taman kini para pedagang yang berjualan di sekitar Taman KB oleh Pemkot Semarang juga sudah di tertibkan. Kini di masing-masing trotoar berderet bangunan mirip halte bus yang diperuntukkan untuk berjualan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dulunya masih tersebar dan Taman KB ini juga merupakan pindahan PKL yang dulu berjualan di sepanjang jalan Pahlawan.




Di Taman KB ini selain digunakan untuk kumpul-kumpul sekedar bercanda juga menjadi tempat untuk berkumpul para pecinta hobby tertentu seperti skateboard, fotografi, pecinta reptil dan masih banyak lagi yang lain.

Sungguh sangat kontras bila melihat taman yang sudah tertata dengan apik dengan melihat gambar ini. Entah salah siapa...., kalaupun tempat sampah sudah penuh tak jauh dari tempat ini juga sudah disediakan tempat sampah yang memang diatur penempatannya tersebar di area taman agar memudahkan masyarakat untuk membuang sambah sehingga taman selalu terjaga kebersihannya.
Tidak hanya sampah yang berserakan, saat saya melongok ke selokan terlihat airnya mampet tidak mengalir. Semoga saja semuanya akan teratasi sehingga kota Semarang memiliki taman yang benar-benar menjadi sarana bermain dan juga bisa menjadi paru-paru kota. (L)

NB: Ada juga coretan tentang Taman KB lho, silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar