30/11/12

Dim Sum "Teman Saat Hujan"

Musim hujan gini ribet, kemana-mana mesti bawa payung. Paling enak jika bermalas-malasan bersembunyi di balik selimut atau makan yang hangat-hangat. Kalau makan mie atau bakso udah biasa, gimana kalau kita coba dim sum.....???!

Dim sum memang selalu menggugah selera apa lagi kalau disajikan panas-panas saat perut keroncongan. Biasanya dim sum ini disajikan sambil menunggu makanan datang. Bentuknya yang mungil membuat dim sum paling pas di santap sebagai hidangan pembuka atau hidangan selingan, tapi jangan lupa teh hangatnya. Karena di negara asalnya Cina dim sam biasanya di santap dengan secangkir teh hangat. 

Dim sum makanan tradisional dari Cina semacam makanan ringan atau cemilan serba kukus. Kalau di terjemahkan dim sum itu merupakan makanan kecil penyerta minum teh. Bila di lihat dari sejarahnya dim sum itu awalnya dari kerajaan-kerajaan Cina, konon sejak Dinasti Ming dan Dinasti Han sudah ada berarti sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam perkembangannya kuliner Cina ini sudah menggelobal dan masuk ke Indonesia, pengejaan yang benar "tim sum".
Gak ada yang benar atau salah tentang pengejaan kata dim sum, tergantung kebiasaan masing-masing saja dalam melafalkannya.

Dim sum memang makanan ringan penyerta minum teh, tapi bisa juga di jadikan makanan utama siang atau malam hari. Dim sum berasal dari bahasa Kangton yang artinya menyentuh hati, dim sum populer sejak jaman dinasti Han atau sekitar 206 tahun sebelum Masehi. Dan biasanya orang menyantap dim sum sambil minum teh saat santai. Dahulu dim sum itu berisikan daging babi tapi seiring berkembangnya jaman berubah menjadi beraneka macam seperti ayam, udang, dan sayur.

Sejak abad ke-10 sudah dikenal 2000 jenis dim sum, mulai dari dim sum kukus, seperti hakau, siomai, atau bakpao sampai dim sum goreng dan dim sum manis, Makannya sekarang banyak restoran dim sum menyediakan bermacam-macam menu olahan dim sum. Fariasi dim sum itu banyak namun orang mengenalnya hanya hakau, siomai, lumpia, bakpao. Banyak orang mengkonsumsi dim sum karena mengenyehatkan. Selain kandungan karbohidrat yang berasal dari tepung, dim sum juga kaya akan protein hewani dan nabati yang berasal dari isi di dalamnya. Jadi gak perlu hawatir makan dim sum karena dim sum juga bisa bikin kenyang.


0 komentar:

Posting Komentar