24/11/12

Es Dawet maak Nyus

Hari minggu sangat nyaman untuk bersantai memanjakan diri setelah dipusingkan dengan kerjaan dan rutinitas. Siang ini cuaca di luar sangat panas, di rumah bingung gak ada kegiatan nonton televisi juga acaranya itu-itu saja ga ada yang menanik, mau jalan-jalan baru program pengiritan lagian buat keluar ke teras saja berasa panas banget apalagi jalan-jalan ga deh. Aduuuuuh...., gerah banget minum air es udah ga mempan ni masih terasa hausnya.

Saat lagi asik corat coret di blog, eeh.... Bapak pulang bawa es dawet pas deh tanpa tunggu lama langsung ngacir kebelakang dan semangkuk es dawet pun siap disantap. Segaaaar....., akhirnya dahaga yang melanda sirna oleh es dawet.

Mimunan segar asal jawa ini sudah ada sejak dulu, sekarang mudah dijumpai bahkan sudah menyebar seantero nusantara. Es dawet merupakan kudapan yang berisikan cendol putih yang terbuat dari tepung kanji, tape ketan, irisan buah nangka, serutan es balok, santan dan gula merah. Sangat segar saat diminum ketika siang hari apalagi saat udara terik seperti ini, ceeeees.... (korban iklan di televisi).

Ooh ya jadi inget di jawa ada tradisi yang prosesinya menggunakan es dawet lho. Hayoooo, siapa yang tau acara apa itu..... ????

Dalam prosesi pernikahan adat Jawa sehari menjelang pernikahan di rumah calon pengantin perempuan biasanya terdapat serangkaian acara. Salah satunya acara siraman dan dodol dawet. Setelah acara siraman usai, kedua orang tua akan berjualan dawet. Uniknya dalam prosesi ini, para undangan yang datang akan dibagikan "kreweng" (pecahan genteng) yang digunakan sebagai pengganti uang dan kereweng ini nantinya digunakan untuk membeli dawet. Makna dodol dawet ini diambil dari cendol yang berbentuk bundar, sebagai bentuk kebulatan kehendak orang tua untuk menjodohkan anaknya.

Bagi pecinta buah durian ada es dawet durian yang katanya rasanya semakin mantap. Ga tau deh benar apa enggak orang aku ga suka durian, hehehe..... Namun saat membeli es dawet sebaiknya juga hati-hati ya jangan sembarangan soalnya banyak pedagang nakal yang menggunakan pemanis buatan, sebaiknya saat membeli rasakan dulu sesendok apakah merasakan keanehan atau enggak. Bila terasa serak atau manis yang aneh sebaiknya jangan diteruskan. Gimanapun kesehatan lebih penting, selamat berkuliner..... (L)


0 komentar:

Posting Komentar