31/05/12

Batik di Atas Pasir

Hayooo siapa yang tau ini gambar apa.....?????
Bingung yaaa..., ini gambar karya seni dari sebuah makhluk yang hidup di laut. Waktu bermain ke Pantai Parangtritis ketika berjalan menyusuri tepian pantai kaki saya dihentikan oleh pemandangan diatas pasir yang begitu menakjubkan.


Ada bituran-butiran pasir yang membentuk garis. Seperti lukisan batik tapi bukan diatas kain melainkan di atas pasir. Lama saya mengamati dan takjub maklum sajalah baru sekarang saya melihatnya.Ternyata butiran pasir yang mirip lukisan batik itu adalah galian dari lubang yang sengaja dibuat oleh kepiting kecil sebagai rumah sekaligus tempat persembunyian dari predator yang membahayakan dirinya. Oleh orang-orang di sekitar pantai kepiting kecil biasa di sebut "jingking" entah dari mana mereka menemukan kata-kata itu.

Rumah jingking
Bila di perhatikan tiap jingking membuat rumah dan meletakkan galian tidak ada yang sama tapi tetap tertata rapi seperti lukisan batik. Coba Anda perhatikan beberapa gambar yang sempat saya abadikan (ehmmm bahasanya sedikit elit), benar kan tidak ada yang sama padahal mereka bertetangga. ini membuktikan kalau ekspresi seni tiap orang eeeh salah tiap jingking berbeda-beda yang sama adalah jingking juga punya cita rasa seni tinggi.

Penasaran ya sama hewan pantai yang namanya jingking atau kepiting kecil yang membuat karya seni di atas pasir...., tenang saya akan menunjuk kan buat Anda. Ini dia hewan pelukis pantai itu, unyu-unyu yaaa... Sempet saya inisiatif ingin menangkap beberapa jingking untuk dibawa pulang untuk di peligara tapi niat itu saya urungkan karena bingung tidak tahu gimana ngerawatnya dan dikasih makan apa entar....???! Pastinya hewan-hewan itu akan lebih bahagia hidup di alam bebas.

Jingking atau kepiting unyu ^-^

0 komentar:

Posting Komentar