03/05/12

Obat Panas dalam

Panas dalam atau sering disebutnya sariawan sering menimpa siapa saja terutama bagi anda yang senang makanan pedas, kurang minum, dan jarang makan buah-buahan. intinya adalah anda kekurangan vitamin C. Sariawan adalah radang yang menyerang bagian mulut, bisa di rongga mulut, bibir bagian dalam, langit, busi dan langit-langit mulut. Sariawan tidak termasuk penyakit bahaya, akan tetapi sangat mengganggu. Karena selain perih, juga bisa terasa sangat sakit.


Gejalanya ini menyebabkan anda akan sangat tidak nyaman sekaligus tidak enak saat makan, meski seenak apapun makanan itu. Sariawan juga bisa menimbulkan bau mulit yang akan membuat anda tidak percaya diri berbicara dengan orang lain. Maka segeralah panas dalam anda dengan obat dari bahan tradisonal yang murah dan mudah pembuatannya.
Untuk mengobati panas dalam ada banyak alternatif pilihan penggunaan bahan tradisional, mulai dari kelapa muda, lidah buaya, telur ayam kampung, kencur, dll.

Beberapa faktor umum yang menyebabkan sariawan antara lain adalah:

# Kebersihan mulut yang buruk.
# Luka pada mulut, bisa di sebabkan oleh minuman atau makanan yang terlalu pedas, gorengan yang di goreng dengan minyak yang sudah tidak bagus.
# Kurang vitamin C
# Kondisi tubuh yang kurang fit, adanya alergi, infeksi dan lain-lain.

Beberapa obat sariawan alami/obat tradisional untuk sariawan yang sering digunakan antara lain:
# Minum air rebusan daun saga atau alang-alang.
# Berkumur-kumur dengan air gerusan kunyit.
# Minum air rebusan daun jambu biji. Satu genggam daun jambu biji segar ditambah satu jari batang kunyit jambub direbus dalam 1 liter air mendidih. Air saringan diminum 2x sehari
# Minum air kelapa hijau yang masih muda.
# Minum air madu asli, oleskan madu asli tersebut pada luka sariawannya.
# Daun sirih, ambil dua lembar daun sirih yang masih segar, cuci bersih lalu kunyah hingga lumat. Diamkan pasa bagian luka beberapa saat.

Cara lainnya:
Air kelapa: campur air kelapa dari 1 butir kelapa muda dengan 3 sendok makan madu murni, diminum sehari sekali saja. Dalam 2-3 hari panas dalam jadi lega.
# Telor ayam: campurkan telur ayam kampung dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dalam sekali tegukan, istirahat yang cukup.
# Kencur: kencur sebesar ibub jari cuci bersih kemudian parut sampai halus beri sedikit air hangat dan madu minum 2x sehari.

Selain pengobatan tradisional seperti di atas, beberapa obat non herbal yang sudah terkenal antara lain:
# FG Trochees, bentuk dan cara makan mirip permen.
# Alkohol, yang dioleskan secara langsung pada bagian luka. Obat ini sangat perih sehingga banyak orang yang menghindarinya.
# Berkumur-kumur dengan obat kumur/mouthwash. Ada mouthwash yang mengandung daun sirih.
# Minum larutan penyegar.
# Memperbanyak konsumsi buah dan minum air putih

Note
Kelapa muda, salah satu minuman favorit saat panas ini juga bisa untuk mengobati panas dalam anda.
Telur ayam yang digunakan disini adalah telur ayam kampung.
Kencur selain untuk panas dalam juga berhasiat untuk mengobati batuk.

0 komentar:

Posting Komentar