03/05/12

Penyakit Maag

Penyakit maag atau juga dikenal dengan nama gastritis adalah suatu  kondisi medis di mana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini pada umumnya menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada kalanya juga merupakan bagian dari sebuah penyakit medis yang serius dan berlangsung cukup lama. Kebanyakan orang menganggap penyakit maag sebagai gangguan penyakit yang ringan dan tidak terlalu mengkhawatirkan. Pengobatan penyakit maag dapat dilakukan dengan meninggalkan gaya hidup yang buruk dan mulai hidup sehat, pengobatan medis modern dan juga pengobatan alternatif atau tradisional.


Penyakit maag pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori. Penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Penyakit maag itu sendiri, kenyatanya bukanlah merupakan penyakit tunggal. Penyakit maag muncul akibat dari beberapa kondisi kesehatan yang buruk. Yang acap kali terjadi dan kerap ditemui adalah, peradangan pada lambung timbul akibat dari bakteri bernamaHelicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai bakteri yang dapat menyebabkan borok (ulcer) pada lambung. Penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri ini dikategorikan sebagai penyakit maag kronis. Perlu untuk masyarakat awam ketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis sama sekali tidak bisa dianggap enteng karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.
Selain penyakit maag kronis, penyakit maag yang paling banyak didapati di masyarakat adalah penyakit maag akut. Penyebab penyakit maag akut rata-rata disebabkan oleh stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau kelewat asam. Ketika seseorang mengalami stress, akan timbul perangsangan saraf simpatis NV atau Nervus vagus, yang serta merta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCl) di dalam lambung. Tingginya produksi asam klorida  di dalam lambung akan mengakibatkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, berita baiknya, penyakit maag akut dapat diobati dengan mudah asalkan benar-benar bersedia merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik dan lebih sehat.
Dibawah ini saya akan membuat ringkasan dari tulisan di atas. Anda bisa mengetahui dan mempelajari apa-apa saja gejala, penyebab dan cara-cara mudah untuk hidup lebih sehat dan bebas penyakit maag.
Beberapa gejala yang lazim didapati pada penderita maag adalah sebagai berikut:
Nyeri atau rasa seperti terbakar pada perut
> Perut terasa kembung dan terus menerus bersendawa
> Mual dan muntah-muntah
> Kehilangan selera makan
> Diare
Adapun penyebab dari timbulnya penyakit maag antara lain adalah:
> Efek dari pemakaian obat-obat tertentu secara terus-menerus (aspirin, ibuprofen, naproxen)
> Pemakaian zat-zat kimia seperti kakain
> Radiasi atau kemoterapi
> Meningkatnya cairan asam lambung
> Konsumsi alkohol
> Terlalu banyak makan atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan pedas
> Merokok (penggunaan tembakau)
> Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
> Kecemasan dan tingkat stres yang tinggi
Cara-cara mudah untuk mengobati penyakit maag dapat kita lakukan dengan:
> Mengikuti diet khusus untuk penderita maag
> Minum obat yang dianjurkan secara teratur sampai benar-benar sembuh dan terbebas dari penyakit maag.
> Makanlah makanan yang sehat dan tidak terlalu berat dengan bumbu atau rempah. Contoh roti panggang, sampai anda benar-benar sembuh
> Kurangi porsi makanan yang anda santap. Makanlah dalam porsi kecil setiap kalinya.
> Hindari makanan yang terlalu pedas untuk sementara waktu, atau buah-buahan dengan kadar assam tinggi seperti anggur
> Jauhi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, begitu pula soda dan kola.
> Jangan makan secara berlebih-lebihan atau melewatkan waktu makan. Makanlah dengan teratur di waktu-waktu yang tepat.
> Istirahat yang cukup.
> Hindari stress.
> Nikmati dan syukuri hidup anda.

Secara keseluruhan, penyakit maag dapat disimpulkan sebagai penyakit umum yang tergolong ringan namun bisa sangat mengganggu para penderitanya. Tetapi kita tidak perlu terlalu khawatir.  Penyakit maag dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan yang juga relatif sederhana. Akan tetapi, tetap saja yang paling baik adalah mencegah. Makan dan minum-minuman yang sehat dan menjauhi makanan sampah, tidur yang cukup dan berkualitas, serta berolahraga dengan teratur akan menjauhkan dan melindungi anda dari penyakit maag.

Note:
*Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan
*Saraf otak (nervus cranialis) adalah saraf perifer yang berpangkal pada batang otak dan otak. Fungsinya sebagai sensorik, motorik dan khusus. Fungsi khusus adalah fungsi yang bersifat panca indera, seperti penghidu, penglihatan, pengecapan, pendengaran dan keseimbangan.
*fungsi Asam klorida dalam tubuh adalah melarutkan atau mencerna makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh kita.
*Aspirin, Ibuprofen dan naproxen sering digunakan sebagai penahan rasa sakit atau nyeri

0 komentar:

Posting Komentar