31/05/12

Pantai Krakal

Awalnya saya dan teman-teman kost ( Wulan, Erni, Prima, dan Resti ) berencana main ke "trio pantai Wonosari" Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Pantai Baron karena kita ingin mengukir kenangan bersama sebelum berpisah, waktu itu ada instruksi dari kantor kalau saya mau dipindah tugas ke Semarang dan memang saya pengen banget melihat pantai-pantai di daerah Wonosari yang kata orang tidak kalah bagusnya dengan pantai di Bali.

Untung saja teman Wulan tahu tempatnya dan berangkatlah kita pagi-pagi karena mengingat jarak yang jauh dan hanya mengendarai motor perempuan semua ( kecuali teman wulan, panggil saja mas D lah habis kagak tahu namanya lumayan juga buat juru foto, piis mas). Walau suasana mendung tetap saja nekat berangkat kapan lagi ada kesempatan main bersama.

Pantai Krakal terletak di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul, letaknya sekitar 38 kilometer arah selatan dari pusat kota Wonosari diperkirakan dapat ditempuh antara 2-3 jam dari kota Jogja. Pantai Krakal bersebelahan dengan pantai kukup dan pantai Baron. Kita beriring mengendarai motor dengan cukup hati-hati mengingat medan jalan yang berkelak kelok, menanjak dan agak sempit walau lumayan rame apa lagi habis kena hujan dan belum menguasai medan pula (baru pertama kali menjelajah di daerah Gunungkidul).


Karena terlalu pagi dan cuaca mendung pintu masuk ke pantai belum ada yang jaga gratis deh. Kita menuju Pantai Krakal terlebih dulu yang jaraknya paling jauh, sampai sana cuaca mendung hujan mulai turun rintik-rintik mungkin karena itu belom ada satupun pengunjung yang datang, selain kita datangnya kepagian, hehehe..... Awalnya pada malas-malasan buat basah-basahan karena gerimis tapi berhubung air laut begitu menggoda dan kelihatan begitu mempesona akhirnya kitapun nyebur bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai. Karena mas D tidak ikut berbasah-basah ria, maka dia bertugas mengabadikan gambar-gambar kita (sebenarnya kita mengajak mas D memang tujuannya sebagai juru foto, hahaha....).

Pantai Krakal terkenal bentuk pantainya landai dengan pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai diselingi karang-karang. Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan di pantai Krakal misalnya berenang, sekedar berjemur kaya bule-bule, main layang-layang atau sepakbola, dan juga mencari ikan hias dengan menggunakan jaring yang banyak dijual disana ataupun menggunakan tangan kosong. Ada banyak macam ikan hias yang bermunculan, uniknya lagi ikan hias yang ada di Pantai Krakal ini akan muncul ketika air laut sedang surut yang dibarengi dengan kondisi pantai yang mulai ditumbuhi lumut.

Dari artikel yang saya baca berdasarkan penelitian geologis dulunya daerah ini merupakan dasar dari laut yang oleh proses pengangkatan pada kerak bumi. Akibatnya dasar laut semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batu karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di air laut saat itu.

Setelah puas main dan foto-foto di Pantai Krakal saatnya pindah ke Pantai Kukup yang jaraknya hanya 6 km dari pantai Krakal. Kunjungi juga Pantai Baron untuk sekedar Kuliner masakan laut.(L)


0 komentar:

Posting Komentar