23/05/12

Candi Ratu Boko "Langit yang Merona"

Bagi Anda yang berwisata ke Yogyakarta dan mengunjungi Candi Prambanan jangan melewatkan mampir di Candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko ini terletak sekitar 3 km dari Candi Prambanan, dan untuk kesana disediakan tiket dalam bentuk paket dengen Candi Prambanan. Paket tersebut sudah termasuk transportasi yang akan mengantar pengunjung dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko dan kembali lagi ke Candi Prambanan. Bisa juga Anda langsung menuju ke obyek wisata Istana Ratu Boko karna tempatnya mudah dicari.

Arsitektur nilai seni tinggi
Konon Candi Ratu Boko adalah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Istana Ratu Boko terletak di 196 meter diatas permukaan laut.. Area istana seluas 250.000m² terbagi menjadi empat yaitu tengah, barat, tenggara dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam, batu berumpak dan paseban. Sementara bagian tenggera meliputi pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam dan komplek keputren. Kompleks gua, stupa Budha dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.
Gapura Candi Ratu Boko
Bila pengunjung masuk dari gerbang istana, Anda akan langsung menuju bagian tengah. Dua buah gapura tinggi akan menyambut Anda. Gapura pertama memiliki 3 pintu sementara gapura kedua memuliki 5 pintu. Sedikit yang tahu bahwa istana ini adalah saksi bisu awal kerajaan di tanah Sumatera. Untuk lebih jelasnya tentang sejarah Candi Ratu Boko sebaiknya Anda menanyakan langsung pada pengelola saat berada disana karena banyak bangunan yang sudah hancur dan yang jelas saya tidak begitu fasih menjelaskan terlalu rumit, hehehehehe maaf yaaa....

Lapangan luas biasa digunakan buat foto-foto
Matahari mulai pasang aksi
Setelah Anda mengunjungi Candi Ratu Boko pastinya Anda akan mendapatkan ketenangan batin dan keindahannya akan selalu nampak jelas terukir dalam memory, benar-benar mampu memikat hati siapa saja yang melihatnya. Dari pintu masuk pengunjung sudah disuguhi gapura yang terbuat dari batu dengan seni arsitektur dengan citarasa tinggi, hamparan rumput yang mengelilingi candi dan pemandangan alam yang begitu indah dari berbagai sudut. Keindahan yang tiada habisnya membuat pengunjung yang melihat akan berdecak kagum hingga betah berlama-lama ditempat ini. Di gapura dan lapangan luas dengan pemandangan alam yang eksotik ini sering digunakan sebagai tempat untuk pengambilan gambar bagi yang hobby foto-foto bahkan sering juga digunakan untuk pre wedding, ayo ayooo siapa yang mau coba dijamin deh hasilnya ga bakal mengecewakan dan akan terlihat alami. (aduuuh jadi bayangin deh, hehehehe....)
Sanset mulai merona
temaram lampu kota Jogja
Di Istana Ratu Boko terdapat bangunan yang sengaja disediakan pengelola untuk bersantai-santai menikmati "sanset" sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Disini pengunjung dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi saat cuaca cerah.

Bagi yang suka fotografi tempat ini sangat tepat untuk mengabadikan keindahan sanset yang sangat cantik dan sempurna.
Gemerlap lampu di malam hari dan hembusan angin yang sejuk akan menambah romantis suasana. Sungguh tempat yang indah.

1 komentar: