10/09/14

Ikan-ikan Kecil

Apa yang kau pikirkan ikan-ikan kecil...



Dari kamar aku perhatikan tingkah polah ikan yang berenang kesana kemari diaquarium yang tak begitu luas. Ikan, apa yang kau pikirkan saat ini? Apakah kau bahagia ada di sana?




Bertahun-tahun berada di tempat yang sama apakah tak membuatmu bosan atau memamng kau menikmati atau berusaha menikmati...

Ikan yang di pelihara dari kecil kini sudah tumbuh dewasa bahkan sisik yang menutupi badan satu persatu mulai lepas hingga memudarkan keindahan dan memperlihatkan kulit yang tadinya mengkilap.



Tak ada yang berubah hanya pergantian air yang rutin dilakukan sementara pernak pernik hiasan yang ada masih sama dari awal ikan itu ada hanya sesekali di kurangi dan di tambah namun pada intinya masih sama. Mungkin ikan yang tak lagi muda itu tau bagaimana menyesuaikan diri dengan kehilangan dan beradaptasi dengan penghuni baru hingga terjalin satu keakraban yang membuat kebersamaan itu menjadi indah. Mungkin ikan itu sadar bahwa kehilangan, melupakan dan bertemu orang baru adalah satu siklus yang tak bisa lepas dari kehidupan.




Lihatlah mereka bercengkrama antara satu dan yang lainnya, yang besar dan yang kecil dengan jenis yang berbeda. Mereka berbagi tempat, berbagi makanan dan berbagi udara tak ada kesenjangan yang terlihat.




Mata itu begitu tajam melihatku, mata yang tak pernah berkedip dan selalu waspada dengan segala hal yang mendekatinya. Seperti tak mudah percaya namun juga tak ada prasangka, hanya bersikap siaga.




Bebaskan dirimu, jangan diperumit yang sebenarnya mudah, ayo lah nikmati apa yang ada di depanmu. Tak semua yang kau inginkan bisa kau dapatkan, anggap itu satu pengorbanan dan pembelajaran dalam pendewasaan berpikir. Ingatkah kebahagian tak selamanya bahagia dan kesedihan tak selamanya kekal.

0 komentar:

Posting Komentar