04/02/13

Makanan Cepat Saji

Macam-macam makanan cepat saji ada hamburger, hot dog, sandwich dan kentang goreng. Gak cuma rasanya yang enak makanan asal negeri Paman Sam ini juga praktis di santap. Itu sebabnya banyak banget penggemar hamburger dan hotdog. Lemak burger memang terkenal tinggi, coba deh cermati sepotong roti dengan daging burger sudah 260 kilo kalori belum lagi jika ditambah mayonaise, keju dan pengolahan dagingnya dengan banyak minyak.

Kenapa ya makanan cepat saji begitu populer di dunia....??? Sejarahnya ini ternyata dimulai ratusan tahun yang lalu saat kota-kota di Romawi Kuno memiliki stand penjual roti dan minyak zaitun, nah sejak itulah makanan cepat saji digemari semua kalangan. Konon hamburger ditemukan oleh kakak beradik Frank dan Charles Menches warga Hamburg di Jerman yang awalnya mau ikutan bazar pada tahun 1814, tapi karena mereka datang terlambat merekapun menciptakan menu baru sandwich dengan isian olahan daging cincang. Lain lagi ceritanya dengan hot dog salah satu tukang daging dari Jerman Charles Feltman membuka tempat penjualan hot dog pertamapada tahun 1867 di Coney Island di Brooklyn, New York City. Agar memenuhi gizi penikmatnya burger dan hot dog diberi tambahan aneka sayuran dan protein tambahan seperti keju.

Jaman sekarang varian burger sangat berkembang bahkan ada yang membuat burger dari daging ular. Daging ular di cincang sampai halus lantas di olah menjadi isian burger. Daging yang sudah di cetak langsung di panggang, selanjutnya prosesnya sama saja dengan daging sapi lainnya diselipkan diantara roti tebal dan diberi mayonaise dan sayuran tebal. Tapi ada bedanya, katanya burger yang di buat dari daging ular ini berkhasiat untuk mendongkrak stamina.

Hot dog dan burger dianggap memiliki kandungan lemak tinggi, ini dikarenakan kalori, jumlah zodium atau garam itu tinggi. Yang ditakutkan dari makanan cepat saji lemak yang terlalu tinggi dan isian burger, kemudian saus, pengolahan. Kalau pengolahan seperti yang di jual mengandung lemak banyak, jadi lemak hewan termasuk dalam olahan untuk dibuat sebagai isian burger kemudian mengandung pengawet itu bisa membuat makanan itu mempunyai keburukan. Tingginya lemak inilah yang dihawatirkan bisa mengganggu kesehatan buah hatinya. Anak-anak terlanjur doyan banget makanan dengan tinggi garam dan lemak bisa memicu kegemukan. Untuk mensiasatinya sebaiknya para bunda mengolah makanan sendiri agar tau kandungan gizi dan terjaga kebersihannya. Selain penuh gizi makanan juga harus bebas pengawet karena berbahaya.

Selain dari daging ular kini juga ada burger ubi ungu, Gak hanya ubi ungu bisa disulap menjadi hamburger lebih sehat ini pastinya karena ubi ungu kan kaya serat yang bagus buat pencernaan. Isinya dibuat dari campuran ayam giling dan pasta ubi kuning plus racikan bumbu biar tambah sedap. Selain ininya rotinya juga terbuat dari ubi jalar putih, biar sedap sausnya terbuat dari ubi juga. Ada juga pilihan burger dan hot dog yang sehat kaya burger tempe yang kaya protein, nabati dan kacang kedelai. Sebagai bahan utama tempe ada juga burger yang berisikan jamur tiram. Jamur tiram memang sudah lama dijadikan makanan pengganti daging bagi kaum vegetarian, rasanya sama enaknya sama daging murni malahan seratnya lebih tinggi. 


0 komentar:

Posting Komentar