03/02/13

Wisata Air

Main ke pantai memang mengasyikkan, namun sebelum main kena sinar matahari jangan lupa pake krim tabir surya atau sunblock. Ini akan mencegah kulit supaya gak terbakar sinar ultra violet.
Ngomongin soal tabir surya pasti sudah sering dengar iklan SPF, ada SPF 15, SPF 30, dan seterusnya. SPF atau  sun protecting factor adalah ukuran berapa lama tekanan kulit kita di bawah matahari. SPF adalah suatu indikator atau angka yang mengacu berapa lama tahan di bawah matahari tanpa kulit terbakar.  Misal tanpa menggunakan SPF bisa berada di bawah matahari selama 20 menit tanpa kulit terbakar tetapi setelah menggunakan SPF 15 bisa bertahan di bawah matahari selama 5 jam. Jadi makin besar tingkat SPF bukan berarti makin tinggi kekuatan tabir suryanya. Yang benar makin lama kulit kita bisa menyerap dari sinar ultra violet tapi perlu diperhatikan menurut penelitian tabir surya efektif adalah dengan tingkat SPF hanya sampai angka 30 saja. Soalnya diatas SPF 30 ketahanan tabir surya hanya meningkat sebanyak 3% saja. Ini sebabnya seringkali kulit tetap terbakar meski sudah pakai tabir surya dengan SPF 50 hingga SPF 75.

Tabir surya yang baik untuk kulit adalah tabir surya yang terbuat dari bahan-bahan alami, kalau tabir surya dengan bahan kimia harus di hindari, bukan terlindungi tabir surya yang ini dapat menyebabkan pigmentasi (perubahan warna kulit). Krim tabir surya sebagian menimbulkan bau menyengat dan bersifat lengket, itu di sebabkan sebagian besar bahannya adalah minyak, tidak seperti body lotion yang pada umumnya menggunakan bahan campuran dari air.
Tips buat kalian yang mau pake tabir surya
  • Pilih krim tabir surya yang melindungi dari sinar UVE dan UVB, sinar UVE jauh lebih berbahaya dari UVB lho
  • Oleskan krim tabir surya cukup banyak ke seluruh tubuh yang terkena sinar matahari sampai kulit tertutup lapisan krim berwarna putih agar krim gak gampang hilang terkena air atau keringat
  • Sebaiknya pemakaian dilakukan sekitar setengah jam sebelum beraktifitas di luar ruangan, tujuannya untuk membuat krim melekat sempurna ke dalam tubuh.
Kalau sudah benar pakai tabir suryanya berarti sudah siap main air nih....
Mumpung ke pantai jangan sampai lewatkan olahraga air ya ada banana boat, jet ski, sampai donat boat harus dicoba semuanya. Sebelum bermain pakai paralatan keselamatan.
Life Jacket, pastikan life jacket terpasang dengan benar. Life jacket penting banget untuk menjaga tubuh kita tetap mengapung di air. Jangan cuma pakai aja ya perlu juga kita tahu kenapa life jacket bisa membuat tubuh kita tetap mengapung di air....??? Life jacket memiliki daya apung yang besar, karena life jacket memiliki power yang besar dan bahan yang mudah mengapung seperti busa. Dan busa-busanya sudah di uji jadi busa menahan bobot badan 5-60 kg. Saat ini life jacket berisi macam-macam material dari udara sampai bahan spons dan styrofoam. Bahan yang terakhir ini yang sering dipakai sebagai standart keselamatan pada olah raga air. bahan ini dianggap lebih aman dan gak gampang bocor. Life jacket yang standart mampu menahan beban sekitar 60 kg selama 24-36 jam, kalau bebannya lebih ringan bisa lebih lama lagi.

Belum puas menjelajah permukaan laut, ayooo deh kita intip keindahan di bawah laut.
  • Snorkeling
Ada yang pernah nyobain snorkeling.....??! Itu lho berenang di bagian permukaan air menggunakan peralatan khusus. Snorkeling bisa jadi alternatif buat kalian yang pengen menikmati panorama terumbu karang dan ikan hias tanpa harus menyelam. Peralatan yang digunakan dalam snorkeling adalah:
  1. Snorkel, Alat bantu pernafasan yang digunakan ini bernama snorkel pipa berbentuk runcing yang terbuat dari karet atau plastik ini memiliki ukuran standart sepanjang 30 cm. Ukuran ini sudah baku dan tidak boleh lebih panjang dari ukuran tersebut. Ukuran snorkel du ukur berdasarkan volume paru-paru kita ini berpengaruh pada kekuatan mulut saat menghirup udara. Selang yang terlalu panjang membuat bernafas menjadi sulit, dan memperbesar kemungkinan penyelam menghirup kembali karbon dioksida yang tertahan di dalam selang. Dengan ukuran ini penyelam mampu menghirup udara di permukaan kalau kemasukan air laut tinggal du tiupkan udara dari mulut.
  2. Sepatu kaki katak atau fin. Sesuai namanya fin yang berarti sirip ikan berfungsi membantu memudahkan gerakan kita di dalam air. Jadi kalau kita dalam air kita sudah tidak menggunakan tangan lagi, namun kaki yang bergerak. Panjang fin normal adalah sekitar 70 cm, ukuran fin disesuaikan dengan tinggi pemakainya.
  3. Masker, masker merupakan jendela kedap air yang melindungi sebagian wajah, terutama mata dan hidung dari air. Bagian lensa dibuat dari kaca pengaman sementara kantong hidung serta kerangka masker dibuat dari silikone atau karet. Sewaktu menggunakan masker, penyelam bernafas dengan mulut. Masker dapat menjadi berembun atau kemasukan air bila penyelam memaksa untuk bernafas melalui hidung. Penyelam harus memakai ukuran masker yang pas dengan wajah agar masker tidak kemasukan air. Ukuran masker yang pas bisa diperiksa tanpa perlu memasangkan tali pengikat di kepala. Masker diletakkan di wajah dan ditekan sambil menarik nafas perlahan-lahan. Bila masker tidak jatuh maka ukuran masker sesuai dengan wajah pemakainya. Tekanan air membuat masker menjadi kedap udara, sementara tali pengikat hanya menahan masker agar tidak terlepas.
  • Selam
Berbeda dengan snorkeling, menyelam kedasar laut membutuhkan baju khusus. Baju khusus tersebut sisebut  wetsuit. Bahan baju selam dari neoprene. Neoprene merupakan campuran antara rubber dan polyster. Wetsuit sangat penting  untuk mencegah hipotermia atau menurunnya suhu tubuh secara drastis. Wetsuit itu gunanya untuk menjaga panas badan, supaya panas badan tidak hilang. Cara kerja wetsuit adalah memanfaatkan air yang masuk kedalam celah baju, air akan terkunci di dalammya dan tidak mengalir keluar masuk, air inilah yang akan menstabilkan suhu badan kita. Ketebalan wetsuit berfariasi antara 3,5-7 mm. Ketebalan ini disesuaikan dengan suhu air tempat kita melakukan penyelaman, makin dingin suhu air dibutuhkan wetsuit yang semakin tebal. Gak hanya wetsiut yang digunakan untuk menyelam, ada tabung berisi udara. Isi tabung bukan oksigen murni, tapi berupa udara dengan kadar sama dengan yang kita hirup sehari-hari. Udara ini terdiri dari 21% oksigen dan 78% nitrogen.

  • Wakeboard
Wakeboard merupakan olahraga yang diadaptasi dari water ski dan surfing atau selancar air, bedanya pada wakeboard papan selancar kita ditarik pake ski boad dengan tali. Untuk tali standart panjangnya 60 ft atau 30-40 meter. Ukuran ini bermaksud agar dapat menjaga jarak antara boad dengan wakeboard, selain itu jarak tersebut akan memudahkan wakeboarder berdiri dan mengatur keseimbangan pada papan. Kecepatan boad untuk menarik wakeboard biasanya antara 30-50 mil/jam, kecepatannya tetap disesuaikan dengan ukuran panjang papan berat badan dan tingkat keahlian wakeboarder. Papan wakeboarding terbuat bahan resin dan dilapisi oleh fiberglass pada bagian permukaan papan dipasang sepatu khusus untuk melekatkan kaki pada papan. Khusus yang sudah profesional biasanya mereka akan menambahkan atraksi lompatan untuk memicu adrenalin, buat pemula gak perlu khawatir olahraga wakeboarding bisa dimainkan di permukaan air yang cenderung tenang, ini memudahkan para wakeboarder khususnya para pemila untuk berdiri diatas papan.

  • Cable Ski
Cable ski ini adalah wakeboarding fersi mudah. Konsep olahraganya memang sama kaya wakeboarding, bedanya adalah cara pengoperasiannya tidak ditarik pakai ski boar melainkan pakai mesin yang dikendalikan oleh operator. Awalnya cable ski ini diciptakan di Jerman, kalau di Indonesia ada di Batam. Tapi kalau di Asia pertama kali di Thailand.
Sekitar tahun 50an dilakukan pengembangan olahraga ski air yang mampu menghemat biaya penggunaan ski boad, baru pada tahun 60an perusahaan cable ski pertama resmi beroperasi di Jerman. Selain wakeboard jenis papan yang yang bisa ditarik juga bermacam-macam, ada juga yang menggunakannya kita di ikat dalam posisi duduk dengan lutut terlipat di atas papan. Panjang sepanjang 8-12 meter dan kecepatan antara 20-50km/jam. Cable ski aman dimainkan oleh segala usia karena sebelum melakukan atraksi terlebih dahulu diwajibkan menggunakan peralatan keamanan dan saat tercebur pun selalu ada petugas yang siap membantu.
Jadi yang suka tantangan ga ada salahnya untuk mencoba. (L)


0 komentar:

Posting Komentar