28/10/13

Flat Shoues

Anda masih berpikir seksi is high heel, itu kuno. Perempuan modern berpikir seksi diperoleh dari dalam jiwa. Asal percaya diri perempuan mengeluarkan kesan seksi. Jadi gak masalah lagi pakai flat shoues atau sepatu bersole rata. Dengan model yang semakin ciamik, sepatu sole rata punya wangsa pasar yang luas. Apalagi sekarang di buat dari berbagai bahan seperti kulit sintetis, plastik hingga bahan kanfas yang lagi ngehits saat ini. Sepatu flat shoues tak lekang oleh waktu terbukti sepatu bersole rata sudah bertahun-tahun bercokol di etalase toko, mall atau pasar. Gak mungkinkan di jual sedemikian gencarnya kalau si flat shoues sepi penggemar.

Sepatu sole datar memang tak lekang oleh waktu, sepatu berhak datar menurut sejarah merupakan sepatu pertama yang digunakan oleh manusia. Bentuk pertamanya itu adalah sandal lalu berkembang menjadi sandal yang menutup seluruh kaki. Awal abad ke-18 sepatu sole rata dibuat dengan menggunakan bahan kanfas dan alas karet. Selain itu pada masa tersebut sepatu mulai dibuat mengikuti bentuk kaki manusia sehingga lebih nyaman dipakai.

Nyaman santai dan casual kini tak satu-satunya kesan yang melekat di flat shoues. Berbagai desain glamor dan anggun membuat flat shoues juga di buru para perempuan feminim. Dari segi fashion banyak cara untuk memadu padankan flat shoues dengan kegiatan sehari-hari. Seperti dengan celana tujuh per delapan, kemeja yang tidak terlalu formal, atau hotpant.

Dari segi medis sepatu jenis ini memang diketahui memiliki beberapa resiko, salah satunya disebabkan oleh media suport sepatu sole rata yang tidak memiliki sanggaan yang cukup baik bagi kaki. Misalnya, flat shoues dengan sole yang sangat tipis. Persoalan lain yang ditimbulkan flat shoues adalah telapak kaki yang menjadi rata. Kondisi ini memang tidak serta merta dialami oleh penggunanya, butuh waktu puluhan tahun hingga flat foot (telapak kaki rata atau kaki datar) ini terjadi.

Ketika membeli flat shoues usahakan pilihlah sepetu berbahan kulit. Bahan kulit sangat cocok untuk daerah tropis yang memiliki kecenderungan kulit gampang berkeringat. Namun bukan berarti anda tidak bisa membeli sepatu dengan bahan lain. Sepatu dari kulit sintetis, plastik, atau karet masih bisa anda pilih hanya saja pastikan cara pakainya yang benar. Bagi anda pemakai sepatu sole datar sebaiknya juga mengetahui pertolongan pertama saat nyeri melanda kaki anda. Bila jalan-jalan seharian menggunakan flat shoues kadang-kadang tumit terasa pegal sampai seperti gak bisa untuk menapak lagi, dan kadang bisa sampai bengkak, cara  mengobatinnya dengan yaitu dengan di kompres atau di kasih minyak.

Sedangkan untuk mencegah karena terjadinya rasa sakit karena pemakaian flat shoues ada baiknya dengan menggunakan bahan tambahan atau walk fit untuk menopang kaki anda. Bagi anda yang memiliki keluhan di bagian mata kaki dapat menggunakan insole. Sebaiknya pemakaian insole berdasarkan saran dokter. Namun saat ini ada banyak macam insole yang dijual bebas. Bahannya dari silikon gel yang pasti sangat lunak hingga membuat jalan menjadi nyaman. Harganya cukup berfariasi dari Rp 700.000,- sampai 1 juta rupiah per pasang. Memang cukup mahal tapi hitung-hitung invertasi dari pada menderita sakit di kemudian hari. Namun demi kenyamanan sebaiknya insole anda pesan sendiri, dengan demikian ukuran insole akan benar-benar sesuai dengan kaki anda.

Selain penggunaan insole, dokter juga menyarankan sering-sering melakukan straching atau peregangan. Peregangan ini akan mengurangi rasa nyeri yang di derita selama memakai flat shoues. Straching bisa dilakukan dimana dan kapanpun. Tak membutuhkan ruangan cukup luas yang penting kaki mendapatkan ruang gerak yang leluasa. Bergantilah sepatu tiap hari, tujuannya agar bentuk kaki kita tidak terpola dengan sepatu yang sama.(L)


0 komentar:

Posting Komentar