25/10/13

Menyongsong Senja di Pura Uluwatu

Uluwatu atau pura luhur Uluwatu adalah salah satu pura di pulau Bali yang memiliki keindahan mempesona. Pura ini bertengger di ujung tebing batu yang sangat tinggi dan curam, tempat dengan keindahan yang sangat alami ini menjadi daya tarik yang cukup di minati bagi para pengunjung yang ingin melihat sisi keindahan lain dari pulau Bali. Terletak di desa Pecatu, kecamatan Kuta kabupaten Badung Bali, tempat ini terdiri atas batu-batu tebing dan bila diperhatikan dari bawah permukaan laut terlihat paling tertinggi berbentuk kepala bertengger di atas tebing batu, karena itulah tempat ini dinamakan dengan Uluwatu. Ulu berarti kepala dan watu berarti batu, ada aturan sebelum memasuki pura uluwati wanita harus menggunakan sarung dan laki-lakinya memakai ikat kepala supaya lebih sopan.

Hampir setiap hari tempat ini dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menikmati sensasi keindahan pulau Bali. Pemandangan lautnya yang bersih biru dan hempasan ombak samudra hindia yang menimbulkan buih-buih putih yang cantik semakin melengkapi potret keindahan alami pura luhur Uluwatu.

Di sekitar komplek pura terdapat hutan kecil yang disebut Alas Kekeran atau hutan larangan. Disini para wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan monyet-monyet liar yang hidup secara bebas. Sehingga tak mengherankan jika ada beberapa kera yang terlihat di lingkungan pura sedang bermain-main. Saat yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari, selain dapat melihat bentang luas samudra hindia yang menawan pengunjung akan dapat menikmati saat-saat matahari terbenam yang sangat indah.

Menuruni tangga ke arah pantai di Uluwatu kita akan menjumpai keberadaan batu-batu karang yang berdiri kokoh di tepian pantai. Ombak besar dan menggulung yang ada di kawasan wisata uluwatu, menjadikan uluwatu juga sebagai tempat yang tepat untuk berolah raga surfing oleh para pengunjung. (L)


0 komentar:

Posting Komentar