11/11/17

Bijak dalam bersikap

Terkadang disaat kita sudah menyelesaikan semuanya, dan saatnya untuk memulai lagi dengan hal baru disaat itulah kita dihadapkan oleh tantangan baru yang kita sendiri tidak tau bagaimana harus menyelesaikan apakah nantinya akan berhasil seperti yang sudah-sudah tau harus mengulang dari awal karena gagal, dan bisa juga ditegah-tengah nanti kita membutuhkan bantuan ketika merasa mengalami kebuntuan langkah.

Bantuan akan ada, bisa jadi malah datang dari beberapa sumber tapi alangkah baiknya untuk menimbang apakah kita benar-benar membutuhkan bantuan itu ataukah tidak. Dan jika kita membutuhkan bantuan, sebaiknya tidak ngasal. Jangan asal ada lalu digunakan, sebaiknya bijak untuk menentukan pilihan mana yang pas dan dirasa bisa menyelesaikan semua dalam sekali tarikan.

Meskipun ada beberapa macam bantuan yang bisa kita gunakan namun tidak harus semuanya digunakan. Sebisa mungkin selesaikan semua misi tanpa bantuan, jika memang dibutuhkan pilih salah satu saja itu sudah lebih dari cukup dan selebihnya gunakan kemampuan sendiri untuk mengakali bagaimana agar misi/ permasalahan ini bisa terselesaikan dengan baik.

Menimbang sebaik-baiknya apakah perlu bantuan untuk menyelesaikan misi ataukah tidak. Terkadang kita harus menyerah dengan keadaan dan memulainya kembali dari awal, ini bukan karena ada bantuan ataukah tidak namun lebih bijak dalam menyikapi setiap gerak dan memperkirakan kemampuan juga langkah; apakah bisa diteruskan tanpa bantuan bisa berhasil, harus menggunakan bantuan dan akan berhasil, atau memilih untuk menyelesaikan semua sebisa mungkin bisa menyelesaikan misi dan akan memulainya lagi dari awal karena merasa menggunakan bantuanpun juga misi tidak akan berhasil sehingga berpikir bijak untuk tidak menggunakan bantuan dan menyelesaikannya semampu yang bisa dilakukan. (10/11/17)

0 komentar:

Posting Komentar