13/10/12

Rahasia Primadona terpinggirkan

Anda pasti sudah mengenal nama petai dan jengkol. Meski petai dan jengkol populer di kalangan masyarakat, namun jika mendengar nama kedua buah ini sebagian orang akan mengeryitkan muka tanda tidak suka. Petai dan jengkol terkenal memang dikenal sebagai buah yang menimbulkan bau mulut tak sedap maka tak heran jika banyak orang menghindarinya. walau memiliki bau tak sedap petai dan jengkol masih diminati masyarakat di pasar tradisional dua buah ini menjadi  primadona tersendiri. Walau menimbulkan bau mulut tetap saja masih diminati berbagai kalangan. Harga yang murah dan rasanya yang khas membuat petai dan jengkol menjadi favorit bagi penggemarnya.

~* PETAI *~

Percaya atau tidak walau mengganggu dengan bau mulut dan bau air seni petai tetap disukai dan diminati oleh masyarakat. Banyak masakan asli Indonesia yang melibatkan petai dalam bahan makanannya dan dijual di rumah makan yang tersebar di penjuru Nusantara, masakan-masakan itu diantaranya: udang petai, sebagai campuran nasi goreng, sambal goreng hati ayam petai, balado kentang petai, nasi goreng petai, dan banyak lagi  makanan lain yang menggunakan petai. Bayangkan kalau semua makanan ini disajikan dengan sepiring nasi putih hangat, belum lagi konsumsi segar petai goreng dan petai rebus hmmmmm....nikmatnya...., Jadi apa sih yang membuat petai itu banyak yang menyukai.

Usut punya usut ternyata satu biji petai memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak, fosfor 3 kali lebih banyak, zat besi 5 kali lebih banyak, dan vutamin serta mineral 2 kali lebih banyak  daripada sebutir buah apel. Petai juga mengandung 3 gula alami yaitu sucrose, fructose dan glucose dan bila dikombinasikan dengan serat ternyata dapat memberikan tenaga instan cukup lama.

Selain peningkat tenaga petai juga mampu membantu mencegah beberapa penyakit antara lain:

Depresi --- Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MIND, orang-orang yang depresi merasa lebih baik setelah memakan petai. ini dikarenakan petai mengandung tryptophan (protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotoin), yang dikenal dapat membuat pikiran menjadi lebih relax, memperbaiki mood dan membuat anda lebih bahagia.

PMS ( Premenstrual Syndrome) --- Vitamin B6 yang terkandung di dalam petai mengontrol kadar gula dalam darah, yang dapat mempengaruhi mood anda.

Tekanan Darah Tinggi --- Petai kaya akan protein, tetapi kadar garam rendah, membuat buah ini menjadi sempurna bagi penderita tekanan darah tinggi. Bahkan US Food and Drug Administration telah mengatakan bahwa petai memiliki kemampuan menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Brain Power --- 200 pelajar di sekolah Twickenham (Middlesex) telah terbantu dalam menjalankan ujian mereka dengan memakan petai pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang untuk meningkatkan kinerja otak mereka. Hal ini dikarenakan petai yang mengandung potasium yang dapat membuat pupil lebih dapat memperhatikan sesuatu. Pisang juga mengandung banyak potasium.

Sembelit (susah BAB) --- Karena kaya akan serat, memasukkan petai kedalam daftar manu dapat membantu membuat BAB anda menjadi lancar.

Mabuk Alkohol (Hangover) --- Salah satu cara yang paling cepat untuk mengobati hangover adalah dengan cara membuat PETAI MILSHAKE, ditambahkan dengan madu (selain dengan memakai infus di tangan anda). Petai membuat perut anda tenang, dan dengan bantuan madu, membuat menaikkan kadar gula dalam darah. Susu membantu mencegah dehidrasi.

Heartburn --- Petai memiliki kandungan alami yang dapat mengobati penyakit ini.

Morning Sickness (perasaan ingin muntah pada orang hamil) --- menjadikan petai sebagai snack dapat membuat gula darah anda naik dan mencegah penyakit ini.

Gigitan nyamuk --- Sebelum mengoleskan balsem, cobalah mengoleskannya dengan bagian dalam dari kulit petai. banyak orang merasa lebih baik, dan ini dapat mencegah iritasi.

Gugup --- Petai kaya akan vitamin B yang membantu menenangkan sistem syaraf.

Kegemukan --- Penelitian di institute of Psychology di Australia menemukan bahwa tekanan saat bekerja membuat anda ingin mengkonsumsi makanan-makanan seperti coklat, dan keripik. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat setiap dua jam sekali membuat kadar gula dalam darah tetap stabil.

Temperature control --- banyak kebudayaan menganggap petai sebagai "pendingin" yang dapat menurunkan suhu tubuh maupun kadar emosional dalam hati. Di Hoiland, para wanita hamil memakan petai untuk meyakinkan bahwa bayi mereka nanti akan lahir dalam suhu yang dingin.

Stress --- Potasium adalah sebuah mineral yang dapat membantu menurunkan frekuensi detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak dan membantu menjaga kestabilan kadar air dalam tubuh. Ketika kita stress, proses metabolisme dalam tubuh meningkat, lalu menurunkan kadar potasium kita. Dengan mengkonsumsi potasium, dapat mengembalikan kadar potasium dalam tubuh.

Stroke --- Berdasarkan penelitian di "The New England Jounal od Medicine" memakan petai sebagai salah satu makanan harian dapat mengurangi resiko kematian karena STROKE sebesar 40%

Merokok --- Petai dapat menolong orang-orang yang ingin berhenti merokok. kandungan B6, B12, bersama potassium dan magnesium, membantu tubuh kembali dari efek racun nikotin yang ada pada rokok.

Bila dilihat dari pohonnya petai mampu tumbuh di iklim Indonesia bagian barat tinggi bisa mencapai 20 meter dengan usia puluhan tahun. Bijinya yang disebut petai ini juga dikonsumsi  ketika masih muda, namun dibiarkan sampai tua yang akan mengering dan lepas jatuh ke tanah. Dalam satu bonggol petai terdapat 10 hingga 20 biji petai yang dengan berwarna hijau dan berbalut selaput coklat.


~* JENGKOL *~


Tak jauh berbeda dengan petai, meskipun jengkol dianggap makanan kelas bawah karena memiliki bau yang bisa dibilang cukup mengganggu bagi kebanyakan orang namun sebagian penyuka jengkol rasa jengkol tidak kalah dengan daging yang biasa kita konsemsi sehari-hari bahkan lebih gurih dan kenyal. Harga murah dan memiliki rasa yang enak inilah yang menjadikan masyarakat lebih memilih jengkol disaat harga-harga bahan kebutuhan pokok beranjak naik. Bahkan di warung-warung masakan jengkol menjadi andalan dan sering di cari oleh penikmatnya. Sebelum jengkol diolah sebaiknya direbus selama 3 kali. Selain membuat jengkol empuk konon merebus sampai 3 kali dapat mengurangi bau pada jengkol.
Selain itu jengkol juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan antara lain:

Protein --- Protein yang terkandung dalam makanan berbau khas ini ternyata cukup tinggi yaitu 23.3g dari 100g bahan. Nilai protein nabati ini lebih tinggi dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. protein akan mengganti sel-sel yang sudah usang di tubuh kita, membentuk jaringan baru, berperan dalam sistem hormon, membentuk kecerdasan, dan lain-lain. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi makanan tinggi protein. jadi, jengkol perlu diperhitungkan.

Zat Besi --- Zat besi tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengankut oksigen dan karbondioksida. Oleh sebab itu, mineral ini sangat penting dalam pernafasan sel tubuh. Jika anda kekurangan zat besi, maka pengangkut oksigen akan berkurang sehingga tubuh menjadi lemas, lesu, pucat, dan lemah. Coba bayangkan jika anda tidak bernafas selama 10 menit, pasti akan lemas dan sedikit megap-megal. Seperti itu juga gambaran pernafasan sel kita yang kekurangan oksigen. Jengkol mengandung 4,7g zat besi per 100g bahan. Jadi makan jengkol bisa membuat hidup anda lebih bergairah.

Karsium --- Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140mg/100g bahan. Kalsium akan menjaga tulang anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.

Fosfor --- Fungsi fosfor hampir sama dengan kalsium yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jumlah fosfor dalam jengkol sekitar 166,7mg/100g bahan. Mari kita cegah gigi berlubang dan pengeroposan tulang dengan konsumsi jengkol.

Vitamin --- Vitamin yang bisa ditemukan salam makanan berwarna kecoklatan ini antara lain vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658mg/100g bahan. Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 akan membantu penyerapan protein, sedangkan vitamin B1 menjaga kepekaan syaraf.
Jengkol mengandung 80mgvitamin C tiap 100gramnya. Vitamin C adalah antioksidan yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus penangkal virus dan bakteri. Selain itu vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi. Jadi mengkonsumsi jengkol bisa mengoptimalkan kadar hemoglobin dalam darah karena mengandung zat besi sekaligus vitamin C.

Saat dicerna jengkol akan menyisakan zat yang disebut asam jengkolat (jengkolad acid) yang dibuang ke ginjal. Di sinilah efek yang sering ditakuti oleh orang-orang, jengkoleun atau jengkolan. Jengkolan terjadi saat asam jengkolat yang memang sulit larut dalam air akhirnya mengendap dalam ginjal, membentuk kristal padat hingga bisa berakibat sulit membuang air seni. Jika pH darah kita netral, asam jengkolat aman-aman saja, tapi jika cenderung asam (pH kurang dari 7) asam jengkolat membentuk kristal tak larut.

Resiko terkena jengkolan ini tidak tergantung pada banyaknya jengkol yang dikonsumsi, tetapi bergantung pada kerentanan tubuh seseorang. Orang yang rentan, mengkonsumsi sedikit jengkol saja dapat menyebabkan terjadinya jengkolan. Apa yang memengaruhi kerentanan seseorang tentang asam jengkolat belum jelas, tapi diduga akibat faktor genetik dan lingkungan.


Untuk menghilangkan bau dari petai dan jengkol yang tajam terdapat beberapa cara kuno yang dipercaya ampuh untuk menangkal bau bau petai ini, pertama setelah memakan petai kunyahlah sedikit beras cara ini dipercaya mampu menghilangkan bau mulut dan bau air seninya akibat nikmatnya makan petai atau cara lain dengan banyak-banyak mengkonsumsi teh atau kopi.
Dan sebaiknya saat anda mengkonsumsi jengkol ataupun petai jangan disaat jadwal padat pertemu agar baunya tidak mengganggu orang-orang yang anda temui. (L)



0 komentar:

Posting Komentar