07/10/12

Tumit Pecah-pecah

Tumit pecah-pecah bisa sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Selain terasa nyeri, Anda pun pasti ragu mengenakan alas kaki yang menampakkan tumit. Malu, jika nampak kulitnya yang pecah-pecah.
Orang yang memiliki kulit kering lebih rentan untuk mengalami tumit pecah-pecah. Berdiri terlalu lama atau beban yang berat juga dapat menyebabkan masalah tersebut.

penyebab telapak kaki  pecah- pecah ini ada beberapa faktor diantaranya: bisa karena perubahan cuaca yang drastis atau terkena detergent yang kurang cocok saat kita mencuci baju karena kandungan soda dalam detergent yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dan mengakibatkan kulit kaki menjadi sangat kering dan akhirnya  pecah-pecah. Faktor usia dan gangguan hormonal bisa juga merupakan salah satu pemicunya. Bertambahnya usia membuat kondisi tubuh kita  mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Bisa juga karena kekurangan vitamin yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Atau sering berjalan di tempat yang kering dan terjal dengan tidak menggunakan alas kaki.

Sebenarnya masalah kaki pecah-pecah  tergolong masalah klasik karena setiap perempuan memiliki resiko yang sama dan itu tergantung bagaimana kita merawatnya.

Berikut adalah beberapa solusi mengatasi tumit pecah-pecah:.

  • Ambil air hangat dan tambahkan beberapa tetes lemon ke dalamnya. Celupkan kaki Anda di dalamnya selama 5-6 menit, kemudian gosok perlahan bagian yang pecah-pecah hingga kulit matinya lepas. Keringkan. Lalu oleskan pelembab.
  • Tambahkan beberapa tetes sampo ringan pada air hangat dan rendam kaki Anda di dalamnya selama beberapa waktu. Gosok dengan batu apung. Batu itu adalah scrub kaki alami yang menghilangkan semua sel kulit mati hingga halus dan lembut. Oleskan pelembab setelahnya.
  • Rutin merawat tumit Anda dengan dengan batu apung saat mandi dan mengoleskan minyak atau pelembab setelahnya.
  • Kulit kering jadi penyebab utama di balik masalah tumit pecah-pecah. Jadi, selalu pakai pelembab pada kaki terutama sebelum tidur.
  • Madu juga bisa bekerja untuk melembabkan kaki Anda. Tambahkan 2-3 tetes madu dan beberapa tetes jus lemon dalam air hangat. Lalu rendam kaki Anda dalam larutan ini selama sekitar 8-10 menit. Cuci dengan air bersih dan keringkan. Setelah itu beri minyak zaitun atau minyak almond.
  • Rendam kaki Anda dalam campuran air hangat dan baking soda (1-2 sdm). Baking soda menghilangkan sel kulit mati dan kotoran dari kaki. Fungsinya juga bisa sebagai pencegah infeksi.
  • Jangan terlalu lama berendam di air panas. Air panas juga membuat kulit di tumit menjadi kering. Meski menenangkan, sebaiknya berendam air panas tidak tetalu lama. Bukan hanya tumit, berendam air panas teralu lama membuat seluruh kulit tubuh jadi kering.
  • Pakailah sepatu yang nyaman di kaki. Podiatrists menyarankan untuk memakai sepatu yang tertutup di bagian belakang namun yang memungkinkan kaki tetap dapat “bernapas”
  • Jangan lupa untuk banyak minum air putih setidaknya dua liter sehari. Air putih akan membantu melembabkan kulit, tidak hanya tumit tapi seluruh tubuh, dari kekeringan.
  • Jangan menggunakan sepatu tertutup sepanjang waktu. Jadi, sesekali lepaskan sepatu agar terjadi pertukaran udara. Sedapat mungkin selingi pemakaian sepatu tertutup dengan sepatu model terbuka. Selain jadi mudah sangat kering, kaki yang tertutup sepanjang hari juga akan memunculkan aroma tak sedap.
  • Setiap kali sebelum tidur rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit untuk membersihkan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun, susu minyak atau madu untuk melembutkan kulit kaki Anda.
  • Dianjurkan setiap malam seusai membersihkan kaki gunakan foot lotion yang mengandung emollientataupun lidah buaya yang bersifat menyejukkan. Malam hari merupakan waktu yang paling tepat untuk merawat kulit karena saat itulah kulit memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya yang telah rusak.
  • Bisa juga menjatuhkan pilihan pada krim atau losion yang mengandung lanolin dan provitamin D. Kandungan bahan-bahan ini akan sangat membantu melembutkan kaki yang sangat kering.
  • Lakukan pemijatan kaki seusai mengoleskan losion agar peredaran darahnya lancar. Peredaran darah yang lancar berarti menjamin kaki mendapat kecukupan nutrisi.
  • Gunakan kaos kaki katika Anda tidur. cara itu mampu mencegah tumit kering ketika tidur. Apalagi jika Anda tidur dengan ditemani penyejuk ruangan.
  • Jangan bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek. Telapak kaki yang kelewat sering bersentuhan langsung dengan lantai juga rentan menyebabkan kulit kaki pecah-pecah.

0 komentar:

Posting Komentar