27/10/12

Pantai Drini

Pantai Drini terletak di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 4km dari Pantai Kukup dan 1km dari Pantai Sepanjang kearah timur. Untuk menuju ke lokasi dari arah Jogja, membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1.5-2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jalur yang ditempuh bisa melalui Jalan Wonosari atau piyungan, lalu melewati Bukit Patuk, kawasan Bukit Bintang, dan Hutan Bunder untuk menuju ke Ibukota Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari. Dari kota Wonosari, arahkan ke selatan melewati Jalan Baron menuju ke pintu masuk kawasan objek wisata pantai Gunung Kidul. Lalu setelah tiba di pertigaan jalan depan Pantai Kukup, beloklah ke kiri kurang lebih 0.5 km.

Sebenarnya Pantai Drini adalah salah satu pantai nelayan, ini dikarenakan sebagian penduduknya bermata pencaharian mencari ikan. Di sini terdapat juga pasar ikan yang tidak begitu besar,  namun memuliki stok dan fariasi ikan yang cukup banyak. Ini dikarenakan karena tak begitu banyak perahu  nelayan yang mengarungi lautan untuk menjaring ikan.
Drini sebenarnya adalah nama sebuah pohon yang tumbuh di pulau kecil yang konon kayu dari pohon Drini ini bisa digunakan untuk menangkal bisa ular. 


Pantai drini
Berbeda dengan kebanyakan pantai yang berhawa panas pada saat siang hari, di Pantai Drini memiliki hawa yang sejuk dan airnya pun dingin. Mungkin ini dikarenakan Pantai Drini diapit oleh dua bukit, dan kemungkinan udara panas yang berasal dari sinar matahari diserap oleh pohon-pohon yang tumbuh di bukit karang. 
Tuliskan namamu diatas pasir putih
Hamparan pasir putih yang terbentang luas seakan mengundang Anda untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain bola dengan bola yang terbuat dari plastik, bermain pasir dengan membuat istana pasir, mengubur diri dalam pasir, mencari ikan-ikan hias yang bersembunyi di antara karang, sekedar bercengkrama dengan yang lainnya, atau Anda bisa juga berjemur (seperti bule).

 Bermain bersama ombak

Ombak Pantai Drini agak besar, namun bila Anda sedikit berjalan ke sebelah kiri disana ombaknya tidak begitu besar, Anda bisa bermain air sepuasnya disana. Walaupun tidak begitu besar sebaiknya anda saat bermain air di pinggir pantai saja jangan terlalu tengah takutnya anda nanti tidak bisa jaga keseimbangan saat ombak datang, sehingga Anda bisa terseret ombak lebih jauh ke tengah.


Bukit karang
Saat air laut di pantai surut Anda bisa menyeberang ke pulau karang yang terletak agak di tengah laut.Karena bila air laut tidak surut untuk menyeberang Anda harus basah-basahan dan takutnya saat mau kembali air laut pasang. Volume air lebih tinggi dari ukuran semula ini terjadi biasanya pada saat sore hari menjelang malam.
Tangga menuju bukit karang
Untuk sampai ke atas Anda tinggal menyusuri angak tangga yang sengaja dibuat untuk mempermudah perjalanan. Saat menaiki anak tangga Anda harus hati-hati karena pegangannya hanya terbuat dari sebatang bambu yang di ikat seadanya dan  tidak terlalu kokoh bila dijadikan tumpuan. Di samping kanan kiri dari anak tangga yang Anda telusuri di tumbuhi pohon pandan duri, sebuah tumbuhan yang biasanya hidup di pinggir-pinggir pantai.
Suasana diatas bukit karang
Dari atas bukit karang ini Anda bisa melihat pemandangan yang berada dibawah beserta keindahan beserta ke elokannya. Birunya air laut yang seakan tidak berujung dan menyatu dengan langit  berpadu dengan perbukitan kapur yang mengelilingi berbalut pohon-pohon suatu ciri khas perbukitan wonosari. Angin yang bertiup pun tergolong kencang dan iringan melodi dariombak yang berlomba-lomba untuk sampaike tepi. Bikin betah deh suasana pun mendukung, dijamin betah deh untukberlama-lama menikmati suasana dari atas bukit ini. 



Menikmati pemandangan dibukit saat libur menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan segala pengat setelah hari-hari disibukkan dengan rutinitas yang menyita waktu dan pikiran Anda. Sehingga esok hari saat menjalankan rutinitas kembali pikiran sudah fres dan siap tempur dengan seabrek kegiatan.

Puing-puing menara
Di atas bukit karang ini terdapat sebuah besi tinggi dengan diameter yang besar yang dulunya sebuah mercusuar yang digunakan untuk menuntun nelayan kembali dari mecari ikan di tengah-tengah laut. Namun sekarang mercusuar itu hanya meninggalkan puing-puing sebuah besi tua yang tinggi dengan diameter besar dan sebuah pondasi yang berfungsi sebagai pos penjagaan.

Santap sajian istimewa
Setelah capek berkeliling, Anda bisa mampirke warung-warung yang ada di pinggir pantai. Sambil melepas lelah memesan hidangan laut dan segelas es kelapamuda pastinya menjadi pilihan tepat untukmenghilangkan dahaga. Ada banyak menu yang di tawarkan dari sea food, nasi goreng hingga cuma sekedar mie rebus tersaji. Hidangan laut menjadi menu utama dan juga masih segar-segar karena pemilikwarung langsung membelinya dari nelayan. Anda jangan takut kehabisan jika di stok stok bahan baku tidak ada pedagang akan mencarikan di tempat penjualan ikan yang berada tak jauh dari warung-warung tersebut.


Suasana senja saat matahari beranjakmenujuperaduan setelah seharian bercengkrama dengan alam, kini sudah saatnya juga saya pulang dan beristirahat untuk aktifitas esok hari. Hari yang indah dengan kenangan yang tak akan lekam oleh waktu. Oh ya buat Anda bila berlibur ataukemana saja jangan lupa mengabadikan sebuah momen indah, agar suatu saat nanti ketika anda membuka history anda bisa mengingat segala hal yang pernah Anda lakukan. Anda juga tahu perubahan apa saja yang telah terjadi dalam hidup Anda dan semua yang ada di sekeliling Anda.

Selamat berlibur dan nikmatilah hari-hari Anda bersama orang-orang terkasih, ukir banyak kenangan bersama. (L)


0 komentar:

Posting Komentar