26/04/13

Manfaat Daun Sirih


Sirih memiliki nama latin Piper betle sejak jaman dulu daun sirih terkenal berkhasiat, ada saja alasan orang menggunakan daun sirih dalam kehidupan sehari-hari. Sejak jaman dahulu sirih memang terkenal dengan khasiatnya yang begitu banyak, tak salah banyak orang menggunakannya untuk berbagai macam alasan, daun sirih yang di ekstrak dengan cara di destilasi uap akan menghasilkan minyak atsiri, minyak ini mengandung senyawa pembangkit rasa yang berfungsi sebagai antiseptik. Ekstrak daun sirih juga dikenal luas sebagai antioksidan karena mengandung polifenol yang sangat aktif mengikat oksigen. Sifat antioksidan dan pengikat oksigen membuat daun sirih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kalau orang-orang tua dulu pastinya paham benar dengan manfaat namanya daun sirih, untuk wanita yang sering mengalami keputihan bisa dihilangkan dengan rebusan daun sirih. Cara membuat larutan perawatannya simple cukup didihkan air masukkan 3 batang sereh, kayu manis, sedikit kunyit, daun jeruk lalu daun sirihnya. Rebus hingga airnya tinggal sedikit, tuang dalam gelas dan dinginkan lalu minum. Ramuan ini berhasiat menghilangkan bau badan yang disebabkan bakteri. Saat produksi jamur dan bakteri berhasil dihalau tubuh pun jadi wangi dan bersih, karena anti bakteri dan jamur ramuan unik daun sirih juga menjur untuk menjaga organ kewanitaan yang kebanyakan disebabkan jamur bernama candida keputihan pun bukan masalah lagi.

Gak cuma untuk orang dewasa saja, anak-anak juga bisa merasakan menfaat daun sirih untuk obat batuk. Biasanya anak kecil paling doyan ngemil yang manis-manis, kalau sudah terlalu banyak biasanya akan lekas batuk jika sudah begini sang bunda diharuskan sigap, langsung turun tangan membuat ramuan obat batuk dari daun sirih. Cukup rebus beberapa helai daun sirih yang telah dibersihkan, masak hingga airnya tinggal sedikit saring air rebusan ke dalam gelas lalu tambahkan sedikit madu dan ramuan obat batuk pun siap diminum. Ada beberapa jenis daun sirih mulai dari;
* Sirih jawa, yang tekstur daunnya lembut aromanya tidak terlalu tajam daun berwarna hijau rumput.
* Sirih belamda, yang berdaun lebar warnanya hijau tua dan aromanya tajam serta pedas.
* Sirih cengkih yang daunnya kecil berwarna kuning dan beraroma seperti cengkih
* Sirih hitam atau yang sering disebut dengan sirih merah
Dari semua jenis sirih tersebut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Kavikol pada daun sirih yang merupakan zat super ampuh karena bisa menghilangkan aneka gejala gangguan kesehatan, bahkan zat kavikol disebut-sebut bisa membunuh sel kangker terutama kangker darah selain itu manfaat daun sirih juga sangat baik untuk menghentikan pendarahan akibat luka atau mimisan, mata yang iritasi, atau jerawat pun bisa sembuh dengan daun sirih. Zat aktif sirih mampu merangsang syaraf pusat daya pikir meningkatkan gerak paristaltik, meredakan dengkuran. Daun yang kerap digunakan dalam upacara penghormatan adat ini juga memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, membunuh jamur dan infeksi organ intim wanita, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, pelindung hati dan anti diare.

Penggunaan sirih sebagai pembilas organ intim tanpa memperhatikan dosis yang tepat ternyata juga dapat merugikan kesehatan. Orang tua jaman dahulu tentunya punya cerita yang suka mengunyah sirih. Bahkan ada keluarga yang masih mengabadikan tradisi nyirih ini secara turun temurun mulai dari wanita, pria bahkan anak-anak juga ada yang suka nyirih. Tapi mengunyah sirih dan mengoleskannya ke gigi ternyata menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut sekaligus menguatkan gigi. Ternyata ada cara mengunyah yang perlu diperhatikan karena kalau tidak, salah-salah tidak membawa manfaat justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan bisa menyebabkan kangker lebih dari itu ada beberapa zat yang kandungannya sangat tinggi dan itu efeknya toksik. Dalam mengunyahnya itu tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika terlalu lama dikunyah zat sirih bisa merusak lapisan dalam mulut dan kerongkongan.

Penggunaan sabun bilas organ intim yang terlalu sering ternyata bisa membawa efek samping yang buruk. Untuk menekan pada bakteri yang tidak normal tersebut dapat menggunakan daun sirih tapi hati-hati tidak boleh tiap hari digunakan tekutnya bakteri yang normal dan dibutuhkan oleh organ intim malah mati. Di dalam vagina memang terdapat banyak sekali bakteri ada yang jahat dan pula yang baik, sabun khusus pembilas organ intim yang dipakai setiap hari bisa membunuh bakteri baik yang ada dalam organ intim wanita. Penggunaan produk sabun pembersih kewanitaan setiap hari juga tidak diperkenalkan karena pengawet yang ada dalam produk tersebut bisa menyebabkan kangker.
Agar manfaat daun sirih bagi kesehatan maksimal ada baiknya memperhatikan hal-hal yang bisa mempertahankan manfaat daun sirih. Petik daun sirih dan pilih bagian pucuk pertama hingga ketiga, waktu paling baik untuk memetik daun sirih adalah pagi hari saat kadar racun berada di titik paling rendah. Sebaiknya gunakan sirih sebagai pembilas untuk merawat organ intim setiap 2-3 kali sehari saja, pastikan tidak lebih dari 15 hari. (L)

0 komentar:

Posting Komentar