04/05/14

Ada Apa Dengan Facebook-ku...


Bulan lalu ketika di kantor iseng-iseng ingin buka fb (facebook) ya cuma sekedar absen saja seh secara fb beneranku ini sudah jarang-jarang di jenguk saking keasikan lihat dan baca-baca coretan teman yang lebih berbobot. Sebenarnya kalaupun buka fb cenderung baca artikel dan berita seh ketimbang lihat post teman-teman. Ayo kita lihat masih adakah yang suka berdoa, menggalau dan berkeluh kesah di jejaring sosial yang satu ini.

Tanpa menunggu lama langsung mengetikkan fb sebagai kata kunci untuk eyang google namun ketika jendela fb terbuka langsung terpampang post teman-temanku, lho kok langsung ke berandaku ya..... Mungkin waktu buka fb terakhir kali tidak aku log out, mencoba mengingat namun seingatku kalau buka yang ada bau-bau password setelah selesai tak pernah lupa untuk log out selain di lepi-ku. Cuma sebentar hanya melihat sekilas lalu keluar dan mengecek fb dagangan tapi ketika ingin login, melihat kotak masuk sudah terisi email dan password ku yang asli, aneh.... pikiran yang lagi blank tiba-tiba di hadapkan dengan kejadian janggal ini hingga membuat kepala cenat-cenut, lagi malas berpikir tapi mau gak mau jadi kepikiran juga. Lalu aku coba menelusuri dengan mengganti email untuk membuka fb yang berisi daganganku dan karena tidak ada yang penting, aku pun log out kembali. Sekali lagi aku melihat di kotak login sudah terisi email dan password fb ku yang asli, aku coba klik login langsung masuk ke fb, aah ternyata email beserta passsword-nya kesimpan. Aneh..., pasti ada sesuatu deh pikirku sambil mencoba berpikir apa yang harus aku lakukan.

Penasaran. Sekali lagi aku mencobanya dengan keluar dari fb asli dan masuk ke fb dagangan lalu keluar lagi. Masih sama email dan password sudah terisi, mencoba klik login dan masuklah ke fb asliku, aduh ada apa dengan fb ku. Sebenarnya enggak ada apa-apanya seh karena memang sudah lama meninggalkan jejaring sosial ini hanya sekali-kali buka sekedar ngecek. Bingung, secara logika jika memang fb ku dari terakhir kali aku buka menggunakan komputer ini kalau enggak aku log out secara nalar hanya kotak emailnya saja donk yang terisi itu juga kalau aku centang keep me tapi kalau enggak ya kosong semua. Sepertinya begitu karena sebelum-sebelumnya juga seperti itu tidak pernah ada tulisan apa pun meskipun waktu buka terakhir langsung aku tutup tanpa log out terlebih dulu, kalau lampu mati pun waktu buka lagi hanya email saja yang tertulis sedangkan kotak password kosong bila buka selain di lepiku sendiri aku gak membiasakan untuk mencentang keep me. Secara selama ini kalau googling juga menggunakan browsers yang sama tapi keanehan ada juga baru-baru ini sebelum-sebelumnya aman-aman saja tuh.

Berpikir langkah apa yang mesti digunakan dalam kejadian ini, namun ide pertama yang ada di otak adalah mengganti password, tanpa menunggu lama dan hanya butuh waktu beberapa menit ganti password di mulai, ya cuma untuk mencegah kelancangan orang-orang usil ingin tau saja sebenarnya. Aku mencoba langsung masuk dengan email dan password yang sudah tertulis ternyata sudah nggak bisa, itu tandanya proses ganti password berhasil.

Setelah kejadian itu aku enggak pernah lagi buka-buka fb menggunakan komputer kantor yang ini, lagian juga sudah malas buka-buka fb asliku kalau enggak penting-penting banget yang mengharuskanku membukanya. Kejadian itu sepertinya sudah aku anggap beres, lalu beberapa minggu yang lalu aku cerita kejanggalan ini dengan mba Tami dan mba Tami pun meng iya kan ketidak laziman ini setelah membuktikannya sendiri. Mba Tami menanggapinya dengan ketawa dan malah menakut-nakuti.... tapi kan passwordnya sudah aku ganti. Komputernya rumpi deh aah pengen tau aja isi facebook-ku ngefans ya, hahahaha.... 

Menjadi kepikiran dan bingung, mengapa bisa begitu ya...., secara aku enggak ngerti bener-bener ngerti tentang program ataupun software tapi kenapa bisa nyimpen gini.... Mungkin karena historynya masih ada, bisa jadi lalu aku coba menghapus histiory yang berhubungan dengan fb saja karena tidak mungkin juga aku all clear history mengingat banyak bookmark yang sengaja disimpan untuk memudahkan pencarian data. History sudah  bersih tapi mengapa login fb ku masih tetap tersimpan. Heeeeeeelp.... , bagaimana ini. Sepertinya aku membutuhkan seseorang , hai teman-teman dimana kalian...., Hmmmm...siapa ya yang bisa bantu, coba mengingat teman-teman yang fasih program. Iiiih sudah pada mencar kagak tau rimbanya dimana. Apakah mesti di tanya satu persatu, coba tanya eyang google saja dulu kalau enggak paham terpaksa tanya-tanya deh.

2 komentar:

  1. pake fire fox ya ? itu karena waktu muncul jendela konfirmasi 'Would you like to remember password bla bla bla kamu klik 'remember password' . Jadi login ma passwordmu disave ma browser. Begitu buka FB langsung muncul loginmu karena hanya loginmu (ma passwordnya) yg disave ma browser. Kalo mo hapus tinggal masuk menu Tool--option-security ...disitu ada daftar site, user name ma password yg kesimpen..tinggal kamu pilih yg mo dihapus terus klik 'remove'

    BalasHapus
  2. Anonim Thx penjelasannya.

    BalasHapus