21/05/14

Ingin Usaha Sampingan

pengen bisa membuat seperti ini

Entah dari mana datangnya ide ini muncul, saat ini aku pengen banget bisa merajut, kristik, dan menyulam, kelihatan cewek banget ya… Awalnya seh ingin belajar memasak bahkan sampai ingin ikut kursus masak biar bisa bikin kue juga tapi hanya hitungan hari niat ini pun perlahan-lahan menguap begitu saja. Tapi soal merajut beda cerita, melihat video di youtube beberapa kali hingga mendownload video hanya untuk belajar, namun karena semakin dilihat tambah bingung, di dalam video itu memperagakannya terlalu cepat menurutku untuk pemula sepertiku.

Dulu waktu masih kecil, mungkin kisaran SMP pernah belajar dengan memperhatikan tetangga ketika merajut namun yang aku bisa hanya dasarnya saja dan kini sudah menguap bahkan alatnya saja enggak tau dah dimana sekarang keberadaannya.

Berpikir bekal apa yang suatu saat bisa bermanfaat dan bisa menghasilkan ketika sudah tidak bekerja lagi, karena sebagai seorang perempuan pastinya jika sudah punya suami selayaknya memprioritaskan seluruh waktunya untuk suami dan anak sepenuhnya, yang utama adalah keluarga. Iya kalau mendapat jodoh orang Semarang yang masih satu kota bisa tetap bekerja di tempat sekarang, nah kalau dapatnya jodoh beda kota gimana….? Mau gak mau kudu ikut kemana suami tinggal donk atau kalau nantinya dapat ijin buat kerja dari suami kalau enggak apa ya mau membangkang omongan suami, bisa kualat lho nanti.

Masa mau di rumah saja tanpa berbuat apa-apa. Aaah kagak mau begitu, tetap mesti usaha enggak boleh hanya diam mengandalkan penghasilan suami, sebisa mungkin walau hanya mendapatkan receh mesti berusaha. Anggap saja untuk kegiatan sambilan yang menghasilkan, bisa buat tambah-tambah buat jajan anak.

Bosan lho kalau dirumah saja tanpa usaha, nanti ujung-ujungnya kagak bisa mengimbangi ketika diajak ngobrol atau diskusi, kan pikirannya hanya berkutat di sekitaran rumah saja tidak berkembang. Maka dari itu ini lagi menimbang dan berpikir apa yang bisa aku lakukan, intinya cari peluang usaha biar bisa buat tambah-tambah hasilnya. Bukannya gaji enggak cukup, kalau di bilang enggak cukup ya enggak cukup, kalau dibilang cukup ya cukup tergantung bagaimana kita mensiasatinya saja, karena pada dasarnya sebagai manusia punya uang berapa pun pastinya tidak akan pernah cukup ini karena gaya hidup, bila pendapatan bertambah maka secara otomatis pengeluaran dan gaya hidup pun akan ikut berubah. Makanya kudu pintar-pintar memilah keperluan dan mengepos-ngeposkan pendapatan.

Judulnya pengen usaha, karena dagang online kagak begitu fasih makanya berpikir cari terobosan apa yang bisa aku kerjakan, tadinya ingin ikut buat kantong teh celup atau mengelem amplop tapi hasilnya enggak sepadan (usaha apa aja boleh lah buat sampingan kagak ada kegiatan lain), masa 1000 kantong teh celup hanya mendapat enggak lebih dari Rp. 5000,- saja padahal mengerjakannya butuh berhari-hari dan bikin tangan lunglai, cari yang lain saja dan ketika browsing, tercetuslah ide untuk belajar merajut, eh awalnya ingin belajar kristik tapi ingat dulu waktu liburan sekolah pernah mengerjakan kristik hamper 1 bulan enggak jadi-jadi belum lagi kalau salah menghitung mesti mengulang lagi untuk membenarkan agar hasilnya bagus, belum kalau nge-block gambar, hadaaaaah....bikin kurus dah, gimana tidak kalau sudah pegang kerjaan sampai di bela-belain begadang sampai umpet-umpetan sama bapak, takut kena semprot kalau pas bapak cek kamar dan belum tidur. Ini kebiasaan bapak hingga sekarang, ketika malam hari selalu cek kamar untuk memastikan apakah sudah pada tidur, ada nyamuk enggak, memastikan jendela sudah di tutup belum.

Aku ingin bisa merajut dan bisa membuat kreasi manik-manik. Tadi pulang kerja sewaktu rebahan di kamar sempat berpikir berhayal andai aku bisa merajut dan sudah ahli ya seenggaknya mahir lah aku ingin memberi kursus gratis kepada ibu-ibu di kampungku biar mereka ada keterampilan, sukur-sukur kalau mereka mau diajak kerjasama dengan membuat kerajinan-kerajinan rajutan yang nantinya di pasarkan dengan menitip-nitipkan ke took-toko atau bisa juga di jual dengan cara online. Dengan begitu ibu-ibu ini juga mendapat tambahan pendapatan selain ilmu yang semakin bertambah.

Aku lihat penikmat kreasi rajut juga banyak sedangkan perajut atau orang yang bisa merajut kini semakin berkurang, kan jadi peluang juga tu. Kalau pun enggak nantinya mereka bisa membuatkan sesuatu seperti baju, syal atau topi untuk anak dan suami mereka so suit kan…, itulah sekelumit impianku dan untuk mewujudkan pastinya aku pun harus punya kemauan untuk mencari tau dan belajar agar bisa. Ini semua suatu saat akan bermanfaat untukku, karena setiap ide yang dadakan ada kalanya memiliki makna dibaliknya. Untuk itu ayo Ell belajar jangan hanya ada keinginan tanpa melakukan tindakan apa pun.


Segera memulai, jangan pernah lelah untuk belajar dan mencari tau apa pun itu. Tapi bagaimana caranya kalau tidak ada yang membimbing….Nah kan mulai mematahkan semangat sendiri, belajar dari youtube, internet, membaca dan belajar dari buku oke. Cukup gak ada kata “TAPI” lagi, kalau sudah titik itu diam, dan berakhir. Selama ada kemauan selalu ada jalan, asal tak mudah menyerah dan tekun. Dan saat ini lagi gencar-gencarnya download video cara membuat perhiasan dari manik-manik. Masalah belajar merajut dan belajar kreasi manik-manik semangat '45 berkobar. Go go goooooo.....

0 komentar:

Posting Komentar