01/07/12

Pantai Ngrenehan,

Pesona Pantai Ngrenehan
Setelah lelah menjelajah menikmati keindahan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan kini saatnya memanjakan lidah dengan kuliner khas masakan pantai yaitu sea food di Pantai Ngrenahan. Pantai yang terletak di desa kanigoro kecamatan Saptosari  Gunungkidul tepatnya sekitar 1 kilometer sebelum Pantai Ngobaran. Pantai ini secara fisik tidak jauh beda dengan Pantai Baron dan Pantai Depok yang merupakan pantai nelayan karena hampir sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Namun Pantai Ngrenehan tidak begitu luas bila di banding dengan Pantai Baron.
Saat memasuki area Pantai Ngrenehan langsung di sambut dengan tempat pedagang yang menjual ikan segar, dan di sebelah kanan terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada tidak jauh dari tempat parkir. Berbagai macam ikan hasil tangkapan nelayan di jual di tempat ini terlihat masih sega,r bahkan ada juga yang masih hidup. Anda juga bisa membeli ikan untuk oleh-oleh buat di  masak di rumah, karena harga ikan di TPI relatif lebih murah ketimbang yang di jual di pasar dan pasti masih bisa lebih murah lagi bila anda bisa menawar dibawah harga yang ditawarkan penjual, bagi yang bisa nawar kalau yang ga bisa bisa coba-coba belajar menawar jangan khawatir ga bakal kena semprot deh kaya di pasar-pasar tradisional.

Tempat Pelelangan Ikan
Jika tidak mau repot memilih-milih ikan, ingin langsung menyantap masakan laut anda bisa mampir di warung yang ada dekat parkiran. Disana  menyediakan masakan yang menu utamanya sea food jadi anda tinggal pilih menu yang anda suka, dari ikan sampai bumbu yang di masak bisa riquest. Tidak perlu menunggu terlalu lama pesanan akan segera siap tersaji di meja, namun bila anda pesannya pagi ya harus sedikit sabar menunggu, karena pemilik warung belum mendapat pasokan ikan segar dari para nelayan jadi ya harus nunggu dulu (sabar menanti walau perut dangdutan) sampai nelayan datang membawa hasil tangkapan.

berderet Perahu Nelayan Bersandar
Saat menuju ke pantai terlihat berjajar rapi perahu-perahu nelayan, jumlah perahu itu cukup banyak sampai-sampai hampir memenuhi tepian pantai. Untuk menuju ke tepian pantai harus berjalan menunduk kalau mau juga bisa melompat untuk melalui perahu yang berjajar saling berhimpit-himpitan itu, atau mencari celah di pinggir dekat tebing agar bisa lewat tanpa harus merunduk. Pantai yang memiliki pasir putih ini terbilang memiliki ombak yang tidak begitu besar, mungkin karena Pantai Ngrenehan berada diantara bukit tinggi menjulang sehingga ombak yang datang terhalang menghantam tebing karang terlebih dahulu sebelum sampai di bibir pantai.

Keceriaan Bermain Pasir
Seperti halnya pantai di daerah wonosari yang memiliki ciri khas dengan pasir putihnya. Di Pantai Ngrenehan pun sama memiliki pasir putih. Karena ombak yang tidak begitu besar anda bisa bermain air sepuasnya, bahkan yang datang bersama keluarga bisa menemani buah hati bermain pasir dan berbasah-basahan di bibir pantai namun bila anda hobby memanding bisa  menyalurkan hobby anda disini, siapa tau keberuntungan menyertai anda sehingga mendapat ikan besar, lumayan buat oleh-oleh. Atau kalau anda ingin sekedar bersantai menikmati deburan ombak diantara birunya air laut anda bisa menggelar tikar di pinggir dekat tebing yang membentuk seperti goa, dan bila membawa bekal dari rumah bisa bersantap bersama sehingga momen kebersamaan akan semakin terasa.

Mencoba Keberuntungan

Bersantai Menikmati Ombak

Lumayan Buat Lauk
Bila anda ingin menikmati pemandangan eksotik Pantai Ngrenehan secara keseluruhan anda bisa naik ke bukit yang ada di sisi kiri dan kanan. Namun haruslah hati-hati karena jalan menuju ke atas bukit cukup terjal.

Jangan pula lewatkan untuk melihat-lihat Pantai Ngobaran yang berada persis di sebelah Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan yang jaraknya juga tidak begitu jauh dari kedua pantai tersebut. Karena ketiga pantai ini masih dalam satu area namun memiliki daya tarik keindahan pantai yang berbeda-beda. (L)

0 komentar:

Posting Komentar