19/07/12

Goa Rancang Kencono

Pohon Tlumpi  Tumbuh di Mulut Goa
Goa Rancang Kencono yang terletak di desa Bleberan, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul.  Nama Goa Rancang berartikan tempat untuk merancang atau perencanaan, sedangkan kencono artinya emas. Sehingga Goa Rancang Kencono bisa diartikan sebagai tempat untuk merancang suatu gagasan atau ide brilian. Goa ini letaknya bersebelahan dengan Obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk sehingga anda tidak perlu repot untuk berkunjung ke Goa Rancang Kencono. Karena ketika anda membeli tiket masuk secara otomatis anda sudah bisa mengunjungi dua tempat wisata itu.

Stalaktit yang terhenti pertumbuhannya
Ketika memasuki area goa suasana sepi, mungkin karena masih baru di buka jaadi masih sedikit pengunjung yang datang apa lagi masyarakat tidak begitu menyukai tempat wisata berupa goa-goa yang identik dengan seram. Tempatnya masih perawan dengan dikelilingi pohon-pohon yang memang sengaja ditanam oleh penduduk sekitar untuk mempertahankan keasliannya kali ya. Memasuki mulut goa anda akan di sambut dengan pohon tlumpi yang sangat besar dan menjulang tinggi hingga keluar mulut goa, pohon ini di perkirakan telah berumur lebih dari 200 tahun. Dulunya pohon ini membentuk sebuah lubang yang bisa di masuki oleh pengunjung bahkan bisa muat buat dua orang. Karena sudah tua dan mulai lapuk digerogoti hewan-hewan semacam kutu sehingga lubang itu tertutip oleh serbuk dari pohon itu sendiri. Namun pohon ini masih bisa berdiri dengan kokoh.

Lorong menuju dalam goa
Goa dengan dinding batu kapur khas pegunungan ini masih memiliki stalaktit (batu kapur yang meneteskan air dari atas goa) dan stalakmit (beupa batu yang terbuat dari tetesan stalaktit. Namun karena ulah pengunjung sering memegang batu yang masih mengeluarkan air tersebut sehingga stalaktit-stalaktit itu pertumbuhannya terhambat, padahal untuk memulai pertumbuhannya membutuhkan waktu bertahun-tahun. Goa Rancang Kencono memiliki dua ruang. Dari mulut goa anda akan berada di ruangan besar, untuk masyarakat ruangan ini digunakan untuk sarasehan atau saat ini untuk olahraga bulu tangkis, memasuki ruangan kedua yang tempatnya lebih sempit dan lebih gelap di dalam anda akan menemukan peninggalan jaman dulu berupa arca nandini (arca yang berbentuk hewan sapi) dan sebuah batu berbentuk kotak, kemungkinan sebuah lingga yoni tapi benar enggaknya membutuhkan penelitian oleh pada ahli purbakala sebab bentuknya sudah tidak utuh lagi. Sebenarnya masih banyak benda purbakala yang ditemukan dalam Goa Rancang Kencono ini namun untuk keamanan dari tangan-tangan jahil benda tersebut diletakkan ke musium purbakala.

Prasasti di dinding goa
Di sebuah dinding goa terdapat gambar burung garuda dan sebuah tulisan yang berbunyi "Prasetya Binnekaku" janji kesetiaan kepada negara. Kata pengelola, goa ini dulunya menjadi tempat untuk merancang strategi perang laskar mataram guna menumpas penjajahan Belanda.

Pahatan berbentuk kunci
Oh iya kata pengelolanya tepat di prasasti itu merupakan pintu masuk ke dunia lain, namun untuk memasukinya harus membuka pintu tersebut dengan kunci yang menempel di dinding goa yang berada tak jauh dari prasasti. Kalai dilihat dengan mata normal tidak bakal kelihatan karena cuma orang-orang tertentu yang bisa memasuki pintu itu. Di tempat ini dulunya juga sering di gunakan untuk bertapa bahkan hingga saat ini pun kadang masih ada yang bertapa disini. Di goa ini konon ada sebuah lorong bila ditelusuru akan sampai ke Air Terjun Slempret atau Air Terjun Sri Gethuk. (L)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar